Yuk Intip 4 Makanan Khas Riau Yang Menggiurkan

pexels.com

Berkunjung ke Riau, pastinya tak lengkap jika anda tak mencicipi makanan khas yang ada di daerah ini. Riau sendiri mempunyai beragam jenis makanan yang lezat dan enak, dimana akan sayang untuk anda lewatkan. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa makanan khas Riau yang bisa anda coba ketika berwisata kesini. Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Beberapa Makanan Yang Menjadi Ciri Khas Di Riau

  1. Nasi Lemek Khas Riau

Makanan pertama yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Riau adalah Nasi Lemek. Kuliner satu ini merupakan menu sarapan yang pada umumnya disajikan oleh masyarakat Melayu. Menggunakan bahan utama yakni nasi yang diolah dengan campuran santan kelapa dan juga daun pandan, dimana akan memberikan rasa gurih dan beraroma harum.

Selain itu, salah satu makanan khas Riau ini biasanya disajikan dengan beragam lauk pauk, seperti ikan teri goreng, telur, sambal dan juga irisan mentimun yang akan menambah selera makan anda. Tak hanya itu saja, campuran lauk pendamping dari nasi ini pun juga banyak, seperti cumi, ikan, kering, tahu hingga limpa juga biasanya menjadi menu andalan untuk menyantap makanan ini.

  1. Gulai Ikan Patin

Makanan selanjutnya yang wajib anda coba ketika di Riau adalah gulai ikan patin. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang terkenal di Pekanbaru dan tidak pernah sepi pengunjung. Dengan cita rasa yang lezat ini tentu saja gulai ikan patin ini akan membuat anda ketagihan. Jenis kuliner kuah yang berwarna kuning pekat ini akan cocok untuk anda konsumsi bersama sepiring nasi yang hangat.

  1. Sup Tunjang Riau

Tak hanya itu saja, anda bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan yang bermana Sup Tunjang Riau ini ketika berada di Pekanbaru. Sup Tanjung merupakan kuliner berkuah yang memiliki bahan dasar berupa tulang kaki sapi dimana masih terdapat dagingnya. Tulang kaki tersebut direndam di dalam kuah bening yang berwarna kuning dan juga dilengkapi dengan beberapa bahan pelengkap seperti wortel, kentang, tomat dan juga irisan daun bawang.

  1. Mie Sagu Riau

Makanan khas Riau yang juga tidak boleh anda lewatkan adalah mie sagu. Makanan ini bisa anda nikmati di daerah Selat Panjang, dimana merupakan penghasil sagu terbesar di Indonesia. Makanan ini pun sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan program diet ataupun yang sedang menderita diabetes.

Untuk itu, bagi anda yang sedang berwisata ke Riau tak ada salahnya untuk mencoba beberapa makanan tersebut. Makanan yang ada di Riau tersebut juga banyak sekali macam, sehingga akan sayang sekali untuk anda lewatkan ketika sedang berkunjung kesini. Jika anda berkunjung ke Riau, pastikan anda untuk mencoba salah satu makanan yang menjadi ciri khas Riau tersebut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *