Perhatikan Ini Jika Ingin Membuka Usaha Cucian Mobil Dan Motor

Usaha cuci mobil dan motor merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menarik saat ini. Salah satu alasannya adalah sekarang ini banyak orang yang sibuk dengan berbagai aktifitas ataupun kegiatannya masing-masing, sehingga tidak jarang untuk merawat ataupun sekedar mencuci kendaraannya saja mereka tidak ada waktu.

Bahkan banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa seseorang untuk membersihkan kendaraannya yang kotor. Karena banyak pemilik kendaraan yang merasa malas dan tidak punya waktu untuk mencuci kendaraanya.

Apalagi pada saat musim hujan, tentu hal itu akan membuat kendaraan menjadi cepat kotor dan harus sering dibersihkan. Namun karena tidak memiliki waktu untuk membersihkan kendarannya. Tidak jarang banyak pemilik kendaraan baik motor atupun mobil yang membiarkan kendaraannya dalam keadaan kotor.

Bagi kalian yang ingin membuka usaha cucian mobil dan motor, mungkin beberapa informasi dibawah ini bisa bermanfaat ketika kalian memutuskan untuk membuka usaha cucian mobil dan motor.

Lokasi Strategis

Salah satu yang menjadi penentu usaha cucian mobil dan motor kalian ramai adalah lakasinya. Jika lokasi cucian mobil dan motor kalian berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, tentu kemungkinan banyak pengunjung yang datang akan semakin besar.

Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang, maka pendapatan ataupun keuntungan dari usaha cuci mobil dan motor kalian juga akan semakin besar.

Untuk bisa mendapatkan lokasi usaha cucian mobil dan motor yang strategis, kalian bisa mendapatkannya dengan cara menyewanya.

Usahakan selain lokasi usaha cucian mobil dan motor yang mudah dijangkau masyarakat atau konsumen, usahakan lokasinya juga dapat menampung dua mobil atau tiga motor bahkan lebih.

Semakin banyak mobil dan motor yang bisa ditampung tentu akan semakin banyak juga pelanggan yang bisa mencuci kendarannya di lokasi usaha cucian mobil dan motor kalian.

Sedangkan cara lain untuk bisa mendapatkan lokasi usaha cucian motor dan mobil yang strategis adalah dengan membeli lokasi tersebut. Namun untuk membeli lokasi usaha tentu diperlukan dana yang tidak sedikit.

Bagi kalian yang masih merinstis usaha cucian mobil dan motor ada baiknya untuk menyewa lokasi terlebih dahulu daripada membeli tempat tersebut.

Harga Kompetitif

Harga ataupun tarif yang dipasang juga harus kompetitif. Usahakan harga jasa cuci mobil dan motor jangan terlalu mahal. Karena dengan harga jasa cuci kendaraan yang mahal, hal itu akan membuat konsumen merasa kurang nyaman, sehingga tidak jarang konsumen lebih memilih untuk mencuci kendarannya ditempat kalian yang harganya lebih terjangkau.

Namun dalam menentukan harga jasa cuci mobil dan motor juga tidak boleh sembarangan. Walaupun harganya murah tapi kalian juga harus mempertimbangkan keuntungan serta mempertimbangkan gaji karyawan yang berkerja di tempat kalian.

Dengan kata lain, walaupun harga yang  kalian tawarkan cukup terjangkau tetapi hal itu tidak membuat kalian rugi.

Tempat Yang Nyaman

Salah satu hal yang banyak diperhatikan konsumen ketika memutuskan untuk mencuci kendarannya adalah bagaimana tempat cucian motor dan mobil tersebut apakah tempatnya nyaman atau tidak.

Sebagian besar konsumen akan lebih menyukai tempat cucian mobil dan motor yang nymana walaupun harganya relatif lebih mahal. Daripada mencucui di tempat cucian mobil dan motor yang murah tetapi tempatnya tidak bersih, bau, dan juga tidak terawat.

Dengan tempat yang nyaman tentu akan membuat konsumen betah berlama-lama saat menunggu kendaraanya sedang dicuci.

Hal itu tentu berbeda halnya jika tempat cucian mobil dan motor kalian, tempatnya kotor, bau dan tidak terawat tentu konsumen akan merasa kurang nyaman dan lebih memilih untuk mencuci kendaraannya ditempat lain.

Melayani Dengan Baik

Hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk membuka usaha cucian mobil dan motor adalah pelayanannya. Selalu berikan pelayanan yang terbaik untuk semua konsumen yang datang.

Pelayanan yang diberikan juga tidak boleh memandang bulu. Dimana maksudnya adalah siapapun yang datang harus dilayani dengan baik tanpa membedakan satu sama lain.

Misalnya konsumen yang ingin mencuci motornya harus mendapatkan pelayanan yang sama baiknya dengan pelayananyang diberikan kepada konsumen yang ingin mencuci mobilnya.

Usahakan selalu memberikan senyuman kepadaa konsumen dan selalu bersikap ramah kepada konsumen.

Serta jangan ragu untuk meminta maaf kepada konsumen jika memang terjadi kesalahan yang tidak disengaja. Namun tidak hanya permintaan maaf saja, kalian juga harus mengganti rugi atas kesalahan yang sudah kalian lakukan kepada konsumen.

Fasilitas

Untuk bisa memanjakan kosnumen yang datang, tentu kalian harus menyiapkan berbagai fasilitas yang aman dan nyaman untuk konsumen. Salah satu fasilitas yang wajib adalah tempat tunggu.

Dimana tempat tunggu tersebut digunakan konsumen untuk menunggu kendaraanya yang sedang dicuci.  Ada baiknya untuk menyediakan tempat tunggu yang nyaman. Selain itu usahakan tempat tunggu selalu terlihat bersih dan rapi, hal itu bertujuan supaya pengunjung merasa nyaman dan betah saat menunggu kendaraannya sedang dicuci.

Lebih baik lagi jika ruang tunggu dilengakapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti televisi, koran bahkan air minum. Adapun fasilitas lainnya yang tidak kalah penting adalah fasilitas toilet yang harus tersedia.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *