Unik! Inilah Ritual Aneh Yang Dilakukan Sebelum Jerapah Kawin

pexels.com

Perkawinan di dunia hewan ternyata tidak sesederhana yang kita kira. Contohnya saja sebelum jerapah kawin, mereka akan melakukan ritual atau kebiasaan yang terbilang aneh tapi juga unik. Perkawinan sendiri memang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan makhluk hidup dalam menghasilkan keturunan. Yang mana terkadang ada cara tersendiri untuk melakukannya, termasuk bagi jerapah.

Jerapah tidak memiliki musim kawin tetap, yang mana itu berarti periodenya terjadi sepanjang tahun. Namun selama musim hujan, kemungkinan untuk kawin menjadi lebih tinggi karena ketersediaan pangan. Sebelum kawin, jerapah jantan akan memastikan lebih dulu apakah betinanya sudah siap kawin atau tidak.

Cara jerapah jantan untuk memastikan hal ini cukup unik. Jerapah jantan akan terus menggosokkan kepalanya pada punggung betina sampai si betina mengeluarkan urine untuk kemudian dikecap dan dirasakan oleh jerapah jantan untuk memastikannya. Jika betina ternyata sudah siap, maka jerapah jantan akan terus mengikutinya kemanapun. Barulah jika diijinkan oleh sang betina, mereka akan langsung kawin.

Setelah jerapah kawin, jerapah jantan akan kembali hidup sendiri sementara jerapah betina akan mengandung selama 15 bulan. Anak yang dilahirkan biasanya merupakan bayi tunggal dan telah memiliki corak unik pada tubuhnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *