Tips Mengajarkan Surat pendek Untuk Sholat Anak

surat pendek untuk sholat anak

ilustrasi surat pendek untuk sholat anak (photo: pixabay.com)

Anak merupakan aset berharga yang dimiliki setiap orang. Bahkan melalui anak jaminan surga tanpa disadari hadir di hadapan kedua orang tua. Maklum saja anak itu anugerah sekaligus titipan Tuhan. Sehingga sudah menjadi tugas orang tua untuk merawat dan mendidik anak dengan sebaik mungkin. Bahkan mengenalkan mereka akan pentingnya ibadah, keberadaan Tuhan, kitab suci Al Qur’an. Serta cinta kepada Nabi Muhammad dapat dipupuk sejak dini. Semua itu bisa dikenalkan saat masih bayi sekalipun.

Kalau orang tua mengatur didikan seperti itu. Seiring berjalannya waktu anak akan tumbuh dengan baik, tidak melupakan pentingnya ibadah, dan berbuat baik penuh manfaat. Ibadah kepada Tuhan yang paling utama adalah sholat. Ketika sholatnya itu baik semakin positif juga perilaku dan perjalanan hidup seseorang. Maka sudah sewajarnya mengajarkan sholat untuk anak dalam usia sedini mungkin.

Saat melakukan pengajaran tentang sholat, juga jangan terlalu dipaksakan sempurna dulu. Anak itu cepat sekali jenuh,bosan atau malas Ajarkan secara bertahap. Kadang tanpa Anda sadari anak melihat cara sholat tiap hari pada keluarganya. Secara otomatis dia mengikuti, lambat laun tiada keterpaksaan dan melakukan senang hati. Saat melakukan sholat itu tidak pernah lepas dari membaca surat yang ada di Al-Qur’an. Suratnya memang banyak, tetapi tetap bisa dipilih yang paling tepat untuk dihafal anak usia tertentu.

Tahapan Menentukan Surat Pendek Untuk Sholat Anak

Tahapan Menentukan Surat Pendek
ilustrasi Tahapan Menentukan Surat Pendek (photo: pixabay.com)

Al Qur’an mempunyai banyak surat yang dapat dipelajari, dibaca, diresapi, dan dihafal. Ada surat yang panjang sampai pendek (terdiri 3 ayat). Mengenalkan surat dalam Al Qur’an untuk dijadikan bacaan sholat anak itu tidak bisa asal. Ada tahapan untuk menentukan yang tepat. Jangan sampai anak merasa jenuh karena orang tua memaksakan untuk hafal surat yang panjang. Karena kemampuan dan karakter anak itu berbeda satu dengan lainnya.

Tahap utama yang dilakukan orang tua yakni memilih surat dengan jumlah ayat pendek. Biasanya dipilihkan surat-surat yang ada di Juz Amma. Mulailah memilih surat dengan jumlah ayat tidak lebih dari 10. Surat jenis tersebut sangat banyak, Anda bebas memilihnya. Ketika surat sudah dipilih, tahap selanjutnya melakukan treatment tepat supaya anak cepat, mudah menghafal serta mengerti.

Treatment itu dapat Anda lakukan secara mandiri yakni mengajarkan secara perlahan tiap ayat. Jangan dipaksa,ketika anak terlihat jenuh segera hentikan. Treatment lainnya yakni memakai media bantuan berupa youtube atau Juz Amma digital anak. Putarlah surat yang dipilih ketika waktu senggang. Tampilan animasi menarik pada media tersebut mampu menggugah anak untuk hafal surat tersebut.

Tahapan berikutnya Anda dapat mengajak serta anak untuk sholat berjamaah. Ketika anak mendengarkan orang tuanya melantunkan ayat suci. Mereka otomatis akan merekamnya dalam ingatan. Sehingga anak jadi lebih cepat hafal. Beberapa tahapan di atas Anda lakukan secara konsisten. Maka hasilnya akan nyata, anak hafal surat pendek yang dipakai sholat dengan cara menyenangkan.

Jenis Surat Pendek Untuk Sholat Anak

Jenis Surat Pendek Untuk Sholat Anak
ilustrasi Jenis Surat Pendek Untuk Sholat Anak (photo: pixabay.com)

Surat pendek umumnya dipakai untuk sholat entah itu orang dewasa atau anak. Surat yang dipakai anak saat sholat hendaknya dipilih secara tepat. Ada beberapa surat dari Juz Amma yang bisa dijadikan referensi untuk bacaan sholat. Inilah deretan surat pendek untuk anak.

Al Fatihah

Surat pendek untuk no 1 ini wajib diajarkan kepada anak. Bagaimanapun juga Al Fatihah akan dipakai mereka saat sholat. Lebih baik diajarkan pertama kali daripada surat lainnya. Karena surat pembuka ini akan mengajarkan arti keesaan Allah SWT. Anak biasanya akan termotivasi untuk mengandalkan, mencintai Tuhan sepanjang hidupnya. Keimanan dapat tumbuh sejak dari kecil. Ketika umur sudah matang mereka semakin mantap.

Al Ikhlas

Surat pendek no 2 biasanya dikenal dengan nama surat Qulhu. Bahkan surat ini populer di kalangan anak-anak karena diajarkan di tempat ngaji maupun sekolah. Makna dari kata Al Ikhlas murni tentang adanya keesaan Allah SWT yang tidak bisa ditawar lagi. Mulai permulaan sampai akhir surat semua menjelaskan tentang sifat tersebut. Dibalik arti yang mendalam tersebut. Surat ini sangat pendek hanya mempunyai 4 ayat saja.

Surat An Nas

Surat pendek no 3 ini mengajak manusia untuk selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT terhadap segala jenis kejahatan. Asal kejahatan itu dapat dari dua makhluk yakni jin dan manusia. Yang mana kejahatan itu dapat merasuk dalam jiwa manusia.  Surat ini termasuk surat terakhir dalam Al Qur’an. Sedangkan jumlah ayatnya 4 saja. Kalau diajarkan kepada anak saat permulaan maka sangat ringan. Anak biasanya cepat sekali hafal surat pendek ini

Al Falaq

Bacaan surat pendek no 4 ini sangat mujarab untuk menangkal berbagai jenis kejahatan termasuk yang berupa sihir. Selain itu manusia diperintahkan untuk selalu mengingat dan berserah diri pada Allah SWT. Sehingga dalam menjalani hidup penuh ketentraman. Surat ini tergolong pendek serta mudah diingat karena hanya mempunyai 4 ayat. Al falaq juga masuk dalam surat Makkiyah, dengan urutan ke 113 pada Al Qur’an.

Beberapa surat di atas lebih baik diajarkan kepada anak sedini mungkin. Meskipun masih usia bawah tiga tahun sekalipun tidak masalah. Itu malah jauh lebih baik. Setelah surat-surat tersebut hafal, Anda bisa menambahkan yang lainnya. Pastinya masih dikisaran tidak lebih dari 10 ayat. Kalau sudah memasuki usia sekolah Anda tambah lagi dengan ayat yang berjumlah di atas 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *