Sejumlah Peraturan Sepak Bola FIFA Yang Resmi

pexels.com

Setiap olahraga yang leibatkan banyak atlet, tentu saja memiliki aturan yang harus dijalankan. Pada permainan sepak bola FIFA sendiri juga ada sejumlah peraturan yang akan memberikan keadilan kepada seluruh pemain ditengah lapangan hijau. Bahkan peraturan FIFA juga sudah banyak mengalami revisi sedemikian rupa untuk memberika keadilan sepenuhnya kepada para pemain sepakbola.

Dari adanya peraturan dalam pertandingan sepakbola, beberapa hasil yang menyudutkan atau merugikan sebuah tim sepakbola akan bisa dihilangkan. Sehingga permainan sepakbola yang sudah menjadi olahraga populer bisa dinikmati tanpa kecurangan apapun. Soal aturan dalam permainan sepakbola, inilah sejumlah peraturan yang bisa Anda ketahui.

Beberapa Peraturan Umum Sepak Bola FIFA

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Dalam peraturan FIFA sudah disepakati untuk ukuran lapangan dalam skala internasional. Ukuran panjang lapangan 90-120 meter. Sedangkan pada lebar lapangan 45-90 meter. Ukuran lapangan tersebut sudah memenuhi standar dan harus dipenuhi oleh sejumlah negara yang menyelenggarakan pertandingan sepak bola.

Ukuran Bola

Memang tidak ada aturan baku untuk ukuran bola yang dipakai untuk bermain sepak bola. Tetapi pada diameter bola memang sudah ada aturan yang dikeluarkan pihak FIFA. Keliling bola ukurannya harus 70 cm atau 28 inchi.

Peraturan Jumlah Pemain

Jumlah pemain sepak bola memang 11 orang dalam setiap tim sepak bola. Pada bagian pemain cadangan harus berjumlah 10 pemain sebagai pelapis. Dalam setiap pertandingan setiap tim sepak bola hanya diperbolehkan mengganti pemain sebanyak 3. Tim sepak bola akan mendapatkan kekalahan jika dalam permainan tersisa 7 pemain 4 lainnya terkena kartu merah.

Peraturan Waktu Bermain

  • Selama pertandingan sepak bola berlangsung, terdapat peraturan baru dari kesepakatan FIFA. Aturannya antara lain:
  • Selama permainan sepak bola berlangsung akan dilalui dalam waktu 90 menit dibagi dalam dua babak.
  • Setiap babak akan berjalan 45 menit dengan rentang istirahat 15 menit.
  • Waktu normal sama sekali tidak ada gol atau hasil seri maka dilanjutkan dengan tambahan waktu atau extra time.
  • Lama waktu extra time 2 x 15 menit
  • Jika selama extra time hasil masih seri atau imbang, maka dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Itulah sejumlah peraturan sepak bola FIFA yang umum dan bisa Anda pahami. Semoga menambah pengetahuan tentang permainan sepak bola yang sedang anda mainkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *