Sejarah Dan Keuntungan Mina Padi

Pixabay.com

Mina Padi – Bagi beberapa orang yang tidak atau kerap kali jarang berinteraksi dengan dunia persawahan baik secara praktik maupun materinya, istilah Mina Padi mungkin saja sebagai salah satu istilah yang asing. Nah! Buat kamu yang ingin tahu perihal Mina Padi, jadi istilah ini adalah sebutan bagi dua usaha yang dibudidayakan dalam tempat yang sama. Usaha yang dimaksud pun bukan termasuk ke sembarang usaha, melainkan usaha tani gabungan yang memanfatkan genangan lahan sawah sebagai budi daya ikan dan sawahnya digunakan sebagai cocok tanam padi.

1) Sejarah Mina Padi

Mina padi adalah salah satu budi daya padi yang dilakukan secara bersamaan dan berdampingan dengan budi daya ikan di sebelahnya. Bicara perihal mina padi, tahulah kamu bahwa budi daya yang satu ini murni berasal dari negara Indonesia? Yups! Mina padi diinovasikan oleh seorang petani dari Indonesia. Merujuk pada hal demikian, sekitar 13 negara di Asia Pasifik pun belajar budi daya dengan sistem Mina Padi ke Indonesia. Di antara negara-negara yang belajar Mina Padi ke Indonesia ini adalah Kamboja, Bangladesh, Myanmar, Laos, Pakistan, Nepal, Thailand, Sri Lanka, Timor Leste, Vietnam dan Filipina.

2) Keuntungan Mina Padi

Dengan adanya 13 negara di Asia Pasifik yang belajar tentang Mina Padi ke Indonesia, negara kita ditunjuk sebagai rujukan pengembangan mina padi oleh Badan Pangan PBB, tentu saja banyak menghadirkan sisi positifnya bagi Indonesia di kancah internasional. Di antara keuntungan positif bagi Indonesia adalah negara kita menjadi salah satu negara yang amat diperhitungkan berperan posutif dalam pemenuhan kebutuhan pangan secara global melalui inovasi mina padinya. Tidak hanya itu saja ternyata Indonesia juga menjadi salah satu jalan untuk mengentaskan kemiskinan karena memberi lowongan pekerjaan kepada yang lebih membutuhkan. Hal ini dikatakan demikian karena sistem mina padi pada budi daya ikan membutuhkan tenaga kerja yang lumayan banyak.

Nah! Itulah sedikit informasi tentang mina padi yang ternyata berasal dari Indonesia, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *