Kuliah Jurusan Saintek Menjanjikan yang Bisa Jadi Pilihan Anda

pixabay.com

Sains Teknologi atau yang sering disingkat dengan saintek memang masih menjadi pilihan banyak calon mahasiswa di Tanah Air.  Hal ini bisa dilihat dari kecenderungan para calon mahasiswa dalam memilih jurusan mereka saat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru dari tahun ke tahun. Jumlah peminat kuliah sains teknologi cederung lebih tinggi dibanding sosial humaniora.

Berminat Kuliah Bidang Saintek, Tapi Bingung Pilih Prodi?

Salah satu hal yang terkadang membuat gundah para calon mahasiswa adalah memilih program studi yang paling cocok dengan minat dan kemampuannya. Ya, meskipun sudah ditentukan bahwa minatnya ada pada bidang saintek, memilih program studi juga bisa menjadi masalah lain. Nah, apabila Anda meminati kuliah sains tetapi bingung memilih program studi, berikut ini ada beberapa prodi dengan peluang yang menjanjikan yang bisa dijadikan pertimbangan.

Agribisnis

Program studi ini membahas tentang pengelolaan produksi pertanian hingga berbagai macam aspek bisnis yang berkaitan. Hal yang dipelajadi mencakup  ilmu awal produksi hingga  bgaimana memperoleh hasil maupun pengolahannya. Dengan kata lain, selama perkuliahan, mahasiswa akan belajar seputar pertanian, manajemen dan bisnis. Peluang yang dimiliki lulusan cukup luas mengingat bidang pertanian di Indonesia juga belum begitu pesat berkembang.

Farmasi

Prodi ini memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari cara untuk meracik, mencampur, menganalisa, memformulasikan hingga menghasilkan obat. Lulusan. Peluang mahasiswa lulusan farmasi ada industri obat-obatan dan  apotek. Dengan trend perkembangan industri farmasi yang juga sedang pesat-pesatnya, permintaan tenaga kerja profesional di bidang ini pun juga iprediksi cukup tinggi.

Arsitektur

JIka Anda menyukai seluk-beluk bangunan, maka prodi ini bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan. Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari tentangide, konsep dan  rancang bangun fungsional menurut kebutuhannya. Mahasiswa dituntut memiliki keahlian teknis dan estetik dan kepekaan sosial. Sebelum bisa menjadi seorang arsitek, mahasiswa S1 lulusan arsitektur perlu menuntaskan program profesi terlebih dahulu.

pixabay.com

Pendidikan Dokter

Program studi ini juga masih menjadi salah satu pilihan favorit dengan jumlah peminat yang signifikan. Meskipun tidak mudah untuk bisa menjadi seorang dokter, hal ini tidak menyurutkan minat peserta SBMPTN untuk memilih prodi ini.  Mahasiswa akan menjalani perkuliahan hingga tahap pra klinik sebelum bisa di gelari sebagai sarjana. Setelah itu, mereka juga harus menjalani tahap klinik, yaitu menjadi asisten dokter lalu terjun praktik. Selesai dengan tahap klinik dan dinyatakan lulus ujian kompetensi, barulah mereka  diambil sumpah sebagai dokter untuk melanjutkan ke tahapan magang setahun ke daerah lain.

Teknik Informatika

Program studi ini memungkinkan para mahasiswanya untuk mempelajari cara  mengembangkan algoritma agar bisa menjadi sistem ataupun program komputer. Selanjutnya program tersebut digunakan untuk memudahkan berbagai tugas manusia maupun untuk memecahkan masalah. Contohnya adalah membuat suatu  algoritmayang memungkinkan layanan kesehatan dapat diakses oleh publik melalui  komputer maupun smartphone. Selama kuliah, mahasiswa akan dihadapkan pada studi seperti Logika Matematika, Logika Informatika, Algoritma Pemrograman, Kalkulus hingga Artificial Intelligence.

Teknik Radiologi

Kuliah terkait Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi ini masih dalam ranah ilmu kesehatan. Para mahasiswa dapat belajar tentang bagaimana cara memeriksa bagian tubuh manusia memanfaatkan bantuan sinar x misalnya pada USG dan MRI. Kelas yang diikuti antara lain Anatomi Rontgen, Patologi Anatomi, Fisika Radiasi, Proteksi Radiasi dan lainnya.

Ilmu Gizi

Jurusan kuliah ini mempelajari tentang kebutuhan gizi manusia dan apa saja pengaruhnya pada kesehatan. Tak hanya itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang kandungan gizi yang terkandung dalam bahan makanan dan bermacam hal  yang dapat mempengaruhi kecukupan gizi masyarakat, seperti halnya  sosial, pertanian, dan sebagainya.

pexels.com

Kesehatan Masyarakat

Program ini mempelajari tentang ilmu kesehatan dan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat. Mahasiswa akan mempelajari tentang perhitungan kuantitatif kondisi kesehatan, distribusi penyakit pada wilayah tertentu, analisa dampak lingkungan terhadap kesehatan masyarakat, kesehatan dan keselamatan kerja, manajemen dan administrasi kebijakan kesehatan hingga masalah penyuluhan kesehatan.

Sistem Informasi

Mahasiswa yang kuliah di prodi manajemen informatika akan dihadapkan pada  hardware dan software yang ditujukan untuk menciptakan suatu sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tak hanya membahas tentang  ilmu dan kemampuan teknologi, mahasiswa juga akan mempelajari ilmu  pengetahuan manajemen dan  bisnis. Ada cukup banyak soal sbmptn saintek di internet terkait prodi yang satu ini untuk Anda pelajari.

Teknik Industri

Tak hanya mempelajari seputar masalah teknis dalam industri, mahasiswa juga akan mempelajari ilmu manajemen, ekonomi bahkan psikologi. Tujuan utama dari perkuliahan teknik industri yaitu proses yang dilakukan oleh sebuah industri yang meliputi perancangan, peningkatan hingga pemasangan sistem terintegrasi.

Selain halnya beberapa prodi terfavorit di atas, tak ada salahnya Anda mempertimbangkan prodi bidang Saintek lainnya yang juga memiliki peluang kerja menarik antaranya; Agroekoteknologi, Statistika, Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri), Teknik Sipil, Ilmu Keperawatan, Aktuaria, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Biomedik (Teknobiomedik), Agronomi dan Hortikultura, Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan).

Tak menutup kemungkinan pula Anda punya incaran program studi sendiri. Tentu saja pemilihan program studi ini harus didasari pada pertimbangan yang matang bukan sekedar didasari oleh satu atau dua faktor saja. Apapun pilihan prodi Anda nantinya, pastikan bahwa Anda memberikan usaha terbaik melalui persiapan yang matang.

Persiapan yang Anda lakukan bisa dengan menyesuaikan diri dengan soal-soal yang akan diujikan pada SBMPTN 2020 mendatang. Anda bisa mengakses berbagai portal persiapan seperti edutore untuk berlatih soal dengan membiasakan diri dengan model soal yang diajukan. Dengan demikian, Anda bisa lebih siap dan percaya diri menghadapi soal yang diajukan selama UTBK nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *