Bagaimana Puisi Sahabat Dikatakan Bagus? Ternyata Ini Ciri-Ciri yang Bisa dikenali

Sahabat menjadi sosok orang paling penting yang ada di dalam kehidupan, karena sikapnya yang bisa memahami segala kondisi diri seseorang, baik itu dalam suka atau dalam duka. Selain menjadi pendengar yang baik, seorang sahabat juga bisa menjadi teman pemberi solusi di saat sedang mengalami masalah.

Salah satu cara untuk mengungkapkan perasaan kepada seorang sahabat yaitu dengan memberikannya sebuah puisi sahabat hasil karya diri Anda sendiri. Untuk proses pembuatan puisi bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, sehingga Anda tidak perlu merasa kebingungan mengenai bagaimana tata cara dalam pembuatan puisi yang bagus.

Ciri Puisi yang Bagus dan Berkualitas

Untuk sebelumnya, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana ciri-ciri dari puisi tentang sahabat yang dikatakan bagus, yaitu seperti berikut:

  1. Memiliki judul yang menarik

Ciri pertama yang bisa dilihat dari sebuah puisi tentang sahabat yang berkualitas dan yang bagus tentunya dapat dilihat segi judul yang bagus. Dapat dikatakan bagus apabila mengundang rasa penasaran dari para pembacanya. Oleh karena itu Anda harus menciptakan judul puisi yang menarik namun tetap relevan. Pastikan bahwa isi puisi dan judul tidak menyimpang. Hal ini pun juga berlaku pada hal apapun, baik itu prosa, puisi ataupun yang lainnya.

  1. Penggunaan majas

Penggunaan majas dalam sebuah puisi memiliki peran yang sangat penting, karena hal ini menyangkut dari isi puisi itu sendiri yang sangat menarik dan enak dibaca. Namun hal penting yang perlu diketahui yaitu puisi yang Anda buat dengan penggunaan majas pastikan tidak terlalu lebay. Penggunaan majas harus sesuai pada porsinya atau tidak berlebih.

Anda bisa membuktikan sendiri dari beberapa jenis puisi yang menggunakan majas, tentunya akan lebih menarik dibandingkan dengan puisi yang tidak menggunakan majas. Bahkan untuk para penyair yang sudah ternama pun juga akan memasukkan majas ke dalam puisi atau prosa yang dibuatnya. Tujuannya yaitu supaya memberikan keunikan tersendiri pada isi dari puisi yang dibuatnya.

  1. Memiliki sifat imajinatif dan konotatif

Ciri-ciri puisi yang terbaik dan bagus memiliki sifat imajinatif dan konotatif. Dengan hal ini maka pihak penulis puisi tidak perlu menggunakan bahasa secara langsung pada saat ingin menjelaskan sesuatu. Isi puisi yang memiliki makna tersirat justru akan terlihat sangat bagus sehingga pembaca  juga ikut berfikir arti dari makna yang tersirat pada puisi tersebut.

Untuk mengetahui beberapa referensi puisi yang memiliki sifat imajinatif dan konotatif, Anda bisa mengaksesnya melalui titikdua.net. di sana Anda bisa menemukan banyak sekali contoh dan referensi puisi yang bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi Anda para pemula yang baru belajar membuat puisi.

  1. Memiliki unsur ambiguitas

Disebut sebagai unsur ambiguitas yaitu artinya pada setiap bait-bait pada puisi mempunyai penafsiran yang lebih banyak, sehingga dalam satu kalimat dapat memiliki banyak arti. Sementara untuk setiap orang tentunya akan memiliki arti maupun penafsiran yang tidak sama. Sebab itulah dengan menambahkan unsur ambiguitas dalam puisi akan memberikan tampilan yang lebih menarik dan membuat para pembacanya merasa lebih senang.

Jenis Majas yang Tepat untuk Pembuatan Puisi Sahabat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa peran dari majas pada pembuatan puisi sangat penting sekali, supaya memberikan tampilan dari puisi lebih menarik dan enak dibaca. Akan tetapi tidak sembarang majas bisa digunakan dalam puisi. Karena untuk setiap majas tentunya memiliki makna dan arti yang tidak sama.

Sebagai rekomendasi bagi Anda yang ingin menambahkan majas pada puisi sahabat, Anda bisa melakukan pemilihan beberapa jenis majas yang ada di bawah ini:

  1. Majas hiperbola

Jenis majas hiperbola ini seringkali digunakan dalam menggambarkan suatu keadaan yang sedikit dilebih-lebihkan. Misalnya seperti anak tersebut berlari bagaikan secepat kilat. Anda bisa menggunakan persamaan lain yang ada pada majas hiperbola untuk memperkuat isi dari puisi yang Anda buat.

  1. Majas klimaks

Majas klimaks  memiliki arti bahwa untuk gaya bahasa yang digunakan tersebut menggunakan kata secara berturut-turut dan memiliki sifat yang memuncak atau semakin meningkat. Pada saat ingin menggunakan majas klimak, Anda harus menyesuaikan pada posisi puisi yang Anda buat supaya hasilnya pun juga natural dan enak dibaca.

  1. Majas retorika

Majas retorika bisa saja diartikan sebagai jenis majas yang  memberikan pertanyaan meskipun pada dasarnya tidak membutuhkan jawaban. Tujuan dari penggunaan majas retorika ini yaitu supaya mempertegas suatu pernyataan maupun memiliki sifat menyindir.

  1. Majas paralelisme

Majas ini digunakan sebagai mempertegas maupun memperjelas pada suatu tujuan maupun maksud dari pernyataan. Jenis majas ini akan menggunakan klausa ataupun kata frase yang sejajar maupun memiliki kedudukan yang sama.

  1. Majas simile

Jenis majas terakhir yang bisa digunakan dalam pembuatan puisi untuk sahabat ini yaitu dengan cara membandingkan pada 2 hal yg menggunakan kata-kata penghubung. Untuk kata penghubung yang bisa digunakan yaitu seperti bagaikan, layaknya, bak maupun yang lainnya.

Membuat puisi untuk sahabat memang menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang tanpa harus mengatakannya secara langsung. Cukup dengan membuatkan sebuah puisi dengan kata-kata yang sesuai, hal ini dapat membantu diri Anda menyampaikan apa yang dirasakan kepada sahabat. Untuk bisa menghasilkan puisi yang berkualitas dan bagus, maka Anda harus bisa memastikan bahwa puisi yang dibuat memiliki ciri yang baik seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *