Sudah Tahu Manfaat Masukkan Buah Hati Ke Pesantren Tahfidz? Cek Disini

pixabay.com

Sebagai orang tua untuk memutuskan pendidikan yang baik bagi sang buah hati tentunya bukan sesuatu yang mudah. Harus banyak pertimbangan yang kiranya akan memberikan banyak manfaat jika dibandingkan dengan yang lainnya. Tak hanya itu faktor keinginan dan kemauan anak juga harus dipertimbangkan. Jika anda ingin memasukkan buah hati di pesantren maupun pesantren tahfidz, yuk simak manfaatnya dalam ulasan berikut.

Manfaat Masukkan Anak Ke Pesantren Yang Harus Anda Tahu

  1. Melatih Kemandirian

Hal ini menjadi poin yang penting mengingat anda tidak akan selamanya menemani buah hati. Tidak akan bisa selalu menyiapkan segala kebutuhannya setiap saat. Inilah yang kemudian mengharuskan orang tua untuk mendidik kemandiriannya. Bergantung ke orang lain ketika ia kecil memang menjadi biasa saja, namun bukan berarti harus menjadi kebiasaan hingga ia akhirnya beranjak dewasa. Dan hal kecil tentang kemandirian mulai diajarkan.

Untuk membuat kemandiriannya semakin mantap, anda bisa memasukkan buah hati anda di pesantren. Di dalam pesantren mereka akan didik untuk mengatur keuangan hingga kehidupannya. Tidak ada lagi orang tua yang akan mereka minta tolong untuk membantu. Mereka harus melakukannya sendiri mulai dari mencuci baju, mengambil makanan, membersihkan kamar mandi hingga hal lainnya dalam kehidupannya.

Memang akan ada yang membantu yakni teman atau kakak di pesantren maupun di pesantren tahfidz. Namun hal ini tentunya tidak bisa terus terusan, anda hanya perlu untuk mengunjungi mereka 1 bulan sekali. Bukan keputusan yang mudah, namun demi menumbuhkan kemandirian pada buah hati tentunya memang ada yang harus diperjuangkan. Pesantren menjadi salah satu tempat yang akan mampu untuk mendidik kemandiriannya.

pixabay.com
  1. Mengajarkan Untuk Hidup Sederhana

Seperti yang diketahui hidup di pondok pesantren tidak diajarkan untuk bermewah mewahan. Tidak sama ketika anak akan tinggal di rumah, orang tua pastinya akan terus memanjakannya karena besarnya kasih sayang. Di pondok pesantren anak akan bisa belajar untuk hidup sederhana. Bukan tanpa tujuan, sebab ketika ia nantinya hidup di masyarakat, keadaan tak selalu bermewah mewah sehingga ia harus belajar sejak dini.

Mereka juga akan lebih bisa bersyukur jika suatu saat nanti bergelimang kemewahan. Pakaian yang digunakan oleh santri cenderung pakaian yang sederhana asalkan sopan dan juga layak. Begitu juga dengan makanan yang dikonsumsi, mereka harus berbagi dan makan dengan lauk seadanya. Uang jajan juga secukupnya saja tak berlebihan. Kehidupan ini tentunya akan memberikan banyak manfaat untuk di masa depan bagi sang buah hati.

  1. Membangun Kepercayaan Diri

Manfaat memasukkan buah hati ke pondok pesantren biasa maupun pondok pesantren tahfidz adalah bisa untuk memupuk kepercayaan dirinya. Mereka akan bertemu banyak teman tak hanya yang sebaya, karena ada adik dan juga kakak. Tinggal bersama di asrama tentunya akan berbeda dengan sekolah umum biasanya. Teman teman juga memiliki minat yang sama di bidang agama, sehingga bisa belajar dan menghafal Al Quran lebih semangat.

Yang membuat kepercayaan dirinya harus muncul, karena tidak ada campur tangan orang tua di dalamnya. Sehingga pelan pelan rasa percaya dirinya akan semakin muncul. Sekalipun hal ini dialami bagi anak anak yang pemalu. Hidup berdampingan dalam satu atap membuat mereka harus saling berkomunikasi. Tak jarang akan ada kegiatan khusus untuk memperat kekompakan maupun hal hal yang berkaitan dengan tim.

pixabay.com
  1. Belajar Tentang Arti Kehidupan

Belajar tentang arti kehidupan menjadi manfaat selanjutnya ketika anda memasukkan buah hati di pondok pesantren ataupun pondok pesantren tahfidz. Karena di pondok pesantren anak anak akan dianjarkan untuk lebih memahami kehidupan. Keinginan mereka tidaka akan bisa langsung terpenuhi saat itu juga, atau orang lain tidak bisa selalu sependaparn dengan pendapatnya. Hal inilah yanga akan menempa mereka lebih keras dibandingkan mereka di sekolah umum.

Memang tetap akan ada pendidikan untuk kehidupan mereka di sekolah umum, namun di pondok pesantren mereka akan dibatasi banyak hal. Termasuk berkomunikasi karena penggunaan seluler tak seperti ketika di rumah. Banyak sekali terjadi jika anak anak tak elalu menurut dengan orang tua. Bahkan karena saking sayangnya ada orang tua yang tidak bisa marah atau menghukum sang buah hati. Berbeda dengan kehidupan pondok yang juga ada aturan yang cukup ketat.

  1. Mempelajari Ilmu Agama

Inilah yang membedakan dengan jelas pendidikan umum dengan pendidikan di pesantren. Mereka akan mendapatkan bekal tentang agama lebih banyak dibandingkan dengan bersekolah umum yang agama biasanya dimuat di salah satu pelajaran saja. Memang ada pilihan lain dengan menyekolahkan mereka di sekolah yang berbasis Islam. Tapi kehidupan pondok pesantren tentunya berbeda dengan ketika ia sekolah dan pulang ke rumah.

Jadwal hariannya dijaga dengan begitu ketat sehingga mereka tidak bisa meninggalkan apa yang menjadi kewajibannya. Pesantren Tahfidz misalnya, mereka tak hanya mempelajari Al Quran dengan lebih baik namun juga mencetak para santri untuk menghafal Al Quran. Untuk menjadi seorang hafidz tentunya ada banyak sekali latihan dan hafalan setiap harinya. Dan pihak pesantren akan menentukan jadwal dari membuka mata hingga akhirnya istirahat.

Diharapkan dengan kebiasaan yang baik ini akan membuat mereka menjadi insan yang lebih mulia. Pendidikan agama yang baik dirasa akan membuat mereka ingat, jika melakukan kesalahan adalah sebuah dosa. Sehingga ketika hidup bermasyarakat akan menjadi insan insan yang sholeh dan juga shalihah. Pergaulan di sekitar pondok juga terjaga karena biasanya hanya ada santri putri saja atau santri putra saja.

pixabay.com
  1. Orang Tua Merasa Aman

Hal ini juga bisa menjadi manfaat yang dirasakan orang tua ketika menyekolahkan anaknya di sekolah yang berbasis pesantren. Tak hanya bekal pendidikan umum yang memadai, mereka juga dibekali dengan pendidikan agama yang mumpuni. Pergaulan dibatasi, akses media sosial dibatasi, tentunya akan membuat orang tua merasa aman karena anak anaknya tidak berperilaku menyimpang. Pondok pesantren tahfidz quran putri atau yang lainnya juga akan membekali ilmu dunia dan akhirat.

Jika anda tertarik untuk menyekolahkan putri anda di sekolah yang mencetak penghafal Al Quran, Al Quran Center Ummu Habibah bisa menjadi pilihan. Sekolah ini berada di Tangerang dengan jumlah santri setiap kelasnya 20 siswa dan khusus putri. Berdiri sejak tahun 2011 tentunya lembaga tahfidz ini sudah bisa dipercaya untuk mencetak generasi unggul. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan kunjungi ummuhabibah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *