Sebelum Pesan Tiket Pesawat, Yuk Cek Hal Yang Harus Diperhatikan Disini

Seperti yang kini tahu, kini harga tiket penerbangan semakin meroket dari hari ke hari. Meskipun mendapatkan tiket murah juga bukan hal yang sulit di zaman yang serba canggih seperti saat ini. Namun tetap saja membutuhkan perjuangan bukan? Sebelum anda melakukan booking tiket pesawat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan permasalahan. Lebih jelasnya simak dalam ulasan berikut.

Hal Krusial Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Tiket Penerbangan

  1. Teliti Bagian Nama, Tanggal Serta Jam Penerbangan

Ketika akan membeli tiket penerbangan, hal ini menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh begitu saja disepelakan. Apalagi seperti yang kita tahu di Indonesia ada banyak maskapai penerbangan dengan jadwal yang beragam. Jika anda tidak memperhatikan dengan baik kemungkinan salah penerbangan atau jadwal bisa saja terjadi. Risiko yang paling sering dialami adalah ketinggalan jadwal penerbangan.

Tentu saja akan sangat merugikan untuk anda, karena bisa jadi tiket anda akan terbuang sia sia. Sehingga ada baiknya untuk membuat reminder perihal jam, tanggal serta nama maskapai yang akan anda gunakan. Memasang alarm pada ponsel, kini juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Beberapa jasa tiket pesawat online juga menyediakan notifikasi melalui email anda berikan ketika membeli tiket tersebut.

  1. Mengetahui Gate Maskapai Dengan Jelas

Bandara memiliki luas yang akan membuat kaki anda lelah. Bandara membuat setiap gate yang berbeda untuk setiap maskapai. Gate untuk penerbangan domestik dan Internasional juga berbeda. Masih ada beberapa orang atau calon penumpang yang mengalami kesalahan gate. Sehingga harus pindah gate yang benar agar, bisa menuju dimana pesawat yang akan ditumpangi. Ingat, jarak setiap gate pada bandara cukup jauh apalagi jika anda sedang terburu buru.

Anda tentunya akan mengalami kerugian waktu karena terbuang percuma untuk mencari gate. Untuk menghindari hal ini ada baiknya untuk meneliti gate yang tertera pada tiket anda. Papan informasi mengenai gate juga sudah terpasang dengan jelas. Apabila anda masih ragu anda bisa bertanya kepada calon penumpang yang lainnya.

  1. Teliti Juga Kelas Pesawat

Seperti yang diketahui setiap maskapai menyediakan beberapa kelas penerbangan. Kelas penerbangan ini dibedakan berdasarkan harga tiket yang anda beli. Apabila harganya cenderung murah besar kemungkinan jika tiket tersebut kelas ekonomi. Kelas ini juga menentukan tempat duduk di dalam pesawat nantinya. Sehingga ada baiknya anda duduk sesuai dengan kursi yang sudah tertera dalam tiket pesawat di tangan anda.

Namun harga kadang juga terlalu berpengaruh, anda bisa mendapatkan harga kelas bisnis dengan harga yang murah. Jika ini terjadi berarti anda sedang beruntung. Anda tak perlu khawatir salah tempat karena kru kabin akan menuntun anda. Para pramugari tak jarang juga akan membantu anda hingga duduk di kursi yang sesuai dengan tiket anda.

  1. Jangan Lupa Perhatikan Usia Penumpang

Patokan umur yang dimiliki oleh maskapai penerbangan tidak sesuai dengan pengertian usia bayi atau dewasa pada umumnya. Untuk itu anda harus memperhatikan kriteria usia penumpang ketika anda akan membeli tiket penerbangan. Bayi diberlakukan usia dibawah umur 2 tahun biasanya ada harga khusus untuk bayi. Sementara usia 2 hingga 12 tahun sudah masuk kriteria anak anak. 12 tahun ke atas telah masuk usia dewasa dan 60 tahun ke atas berlaku untuk usia lansia.

  1. Bagasi Juga Perlu Untuk Diperhatikan

Ketika membeli tiket pesawat beberapa calon penumpang masih belum banyak yang menyadari, jika saat ini maskapai tak lagi menyediakan free bagasi. Kecuali 7kg barang yang bisa di bawa ke kabin itupun dimensi ukuran juga menjadi pertimbangan. Beberapa penumpang dengan pedenya membawa koper besar untuk masuk ke dalam bagasi. Namun marah marah ketika dikenakan biaya tambahan, untuk bagasi yang telah di bawa bahkan menganggap maskapai menipu.

Untuk menghindari kesalahpahaman masalah bagasi, ada baiknya anda teliti dahulu maskapai ketika akan membeli tiket penerbangan. Masih ada beberapa maskapai yang menyediakan bagasi gratis maksimal 15kg. Jika memang tidak lebih baik anda membeli bagai ketika akan membeli tiket karena, harga untuk bagasi lebih murah dan bisa di kira kira. Harga bagasi ini setiap maskapai juga memberlakukan yang berbeda.

  1. Dokumen Yang Dibutuhkan

Ketika tiket pesawat telah di tangan, jadwal dan semua hal tidak ada yang terlewat. Maka langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah dokumen yang dibutuhkan ketika akan naik pesawat. Jika anda akan melakukan penerbangan ke luar negeri, maka anda harus menyiapkan dokumen seperti pasport, KTP, tiket serta dokumen yang mendukung lainnya. Pastikan anda membawa dokumen yang asli bukan yang fotocopyan.

Sementara ketika anda akan melakukan penerbangan domestik anda hanya cukup menyiapkan KTP yang sesuai beserta tiket. Pastikan untuk tidak menyimpan dokumen dalam satu tempat agar tidak tercecer. Selain akan memudahkan anda ketika check in, dokumen yang dijadikan satu juga tidak khawatir akan hilang. Apalagi saat check in anda tidak sendiri sehingga harus selalu hati hati ketika anda memegang dokumen penting.

  1. Jangan Sampai Ada Barang Yang Tertahan

Agar anda bisa lolos ketika melakukan pemeriksaan, ada baiknya anda menyiapkannya dengan baik. Jangan memakai barang barang yang bisa membuat alarm keamanan berbunyi nyaring. Patuhi semua hal yang berkaitan dengan security check in karena, memang sudah menjadi prosedur setiap maskapai penerbangan. Makanan dan minuman yang tak boleh dibawa juga harus anda ketahui sebelum anda membeli tiket pesawat.

Akan lebih baik jika anda menjadikan satu barang barang seperti gadget, ikan pinggang, jam tangan hingga handphone dalam satu tempat. Bandara juga menyediakan tempat kecil yang bisa membuat anda tidak tercecer. Karena antrian yang panjang sangat berisiko untuk anda kehilangan barang anda. Jika memang ada barang yang tidak bisa dibawa masuk kabin, anda bisa memasukkan dalam bagasi anda.

Tidak memperhatikan hal hal yang dianggap sepele, bisa saja akan membuat anda kesulitan ketika anda akan melakukan penerbangan. Airpaz.com tak hanya memberikan anda banyak pilihan maskapai penerbangan. Tapi juga memberikan banyak kemudahan dengan informasinya yang jelas. Sehingga kesalahan seperti ini bisa dihindari dengan mudah dan anda bisa menikmati perjalanan bebas hambatan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *