Inilah Perbedaan Antara Grup dan Chanel Telegram

Telegram adalah aplikasi chatting yang kini banyak digunakan oleh masyarakat untuk alat komunikasi utama dalam aktivitas sehari-hari. Telegram digunakan mulai dari komunikasi dengan keluarga, teman, bahkan rekan kerja dan atasan di kantor untuk urusan pekerjaan. Hal ini karena aplikasi Telegram memiliki kelebihan dan banyak keunggulan sehingga dapat membantu komunikasi lebih mudah dan cepat.

Pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang dua fitur utama yang banyak digunakan pada Telegram yaitu grup dan channel. Keduanya merupakan fitur yang berbeda, namun ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan jelas tentang perbedaan keduanya. Nah, di bawah ini akan diulas tentang perbedaan antara fitur grup dan channel yang ada pada aplikasi chatting Telegram.

Pengertian Grup dan Channel Telegram

Berdasarkan pengertiannya, kedua fitur ini sebenarnya sudah berbeda. Inilah ulasan tentang pengertian grup dan channel Telegram, antara lain:

  • Pengertian Grup Chat Telegram

Fitur grup chat yang ada pada aplikasi Telegram merupakan sebuah room chat yang mampu menampung lebih dari satu orang teman. Di sana Anda dapat berkomunikasi atau berdiskusi dan bertukar informasi maupun dokumen dalam satu room secara real time. Semua anggota grup bisa melihat apa yang Anda tulis dan bisa langsung menanggapi atau membalasnya.

  • Pengertian Channel Telegram

Channel Telegram merupakan sebuah fitur yang tujuannya juga sama dengan grup chat yaitu untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Namun, bedanya terlihat pada kemampuan membalas atau menanggapi apa yang ditulis pada sebuah channel Telegram. Anggota atau pengikut channel Telegram tidak bisa menanggapi apa yang Anda bagikan dalam channel tersebut, seperti radio dalam bentuk tulisan.

Perbedaan Antara Grup dan Channel Telegram

Selain itu, masih banyak perbedaan-perbedaan lain yang terlihat dari fitur grup chat dengan channel Telegram. Mari lihat bagaimana perbedaan dari keduanya jika dari beberapa hal di bawah ini, antara lain:

  1. Dilihat dari Tampilannya

Jika dilihat dari tampilan, sepertinya fitur grup chat maupun channel Telegram tersebut memiliki tampilan room yang hampir sama. Perbedaannya terlihat pada menu pilihan yang muncul saat menekan tombol atau ikon titik tiga di kanan atas room.

Menu pilihan pada grup chat Telegram lebih banyak, antara lain search, clear history, delete and leave group dan mute notifications. Sedangkan pada channel Telegram pilihannya lebih sedikit bahkan hanya dua macam yaitu search dan mute notifications.

  1. Dilihat dari Arah Komunikasinya

Selanjutnya, dilihat dari arah komunikasinya juga sangat berbeda antara grup chat dengan Channel Telegram. Grup chat memiliki arah komunikasi dua arah yang berarti semua anggota grup bisa membalas dan menanggapi tulisan Anda di grup. Hal ini juga berlaku kebalikannya, Anda bisa menanggapi pesan siapa saja yang ada di grup dengan mudah secara real time.

Berbeda dengan channel Telegram, arah komunikasinya hanya satu arah. Hal ini berarti saat Anda menuliskan sesuatu di room channel, anggota/pengikut channel tidak bisa menanggapi atau membalas secara langsung. Dengan kata lain, hanya ada satu anggota yang memiliki akses untuk berbagi konten tulisan untuk anggota lain dalam channel tersebut.

  1. Dilihat dari Jumlah Audience atau Anggotanya

Kedua fitur Telegram ini memiliki perbedaan juga jika dilihat dari jumlah audience nya. Untuk grup chat, anggota yang bisa ditampung maksimal hingga 100 ribu user. Sedangkan channel Telegram lebih leluasa dengan tidak membatasi jumlah audience yang bergabung ke dalam channel tersebut.

  1. Dilihat dari Urutan Pembuatannya

Jika dilihat dari urutan pembuatannya, kedua fitur Telegram ini saling berkebalikan. Jika Anda ingin membuat grup chat, maka yang pertama dilakukan adalah memilih anggota grup. Setelah itu, barulah bisa membuat grup dan memberi nama. Sedangkan channel Telegram peru dibuat dulu nama dan deskripsi channel nya. Setelah itu, bisa ditentukan akses channel publik atau private.

  1. Dilihat dari Invitation nya

Pada fitur grup chat, invitation atau undangan grup dilakukan secara manual saja. Sedangkan fitur channel bisa secara manual dan bisa juga menyebarkan link URL untuk anggota yang ingin masuk ke dalam channel.

Nah, itulah informasi seputar channel Telegram dan perbedaannya dengan fitur grup chat pada Telegram. Meski terlihat mirip, kedua fitur Telegram ini ternyata memiliki banyak perbedaan yang tidak banyak diketahui pengguna Telegram itu sendiri. Untuk mencari informasi lainnya terkait Telegram dan teknologi lainnya, Anda bisa mengunjungi situs technicaltalk.net. Semoga informasinya bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *