Trik Menghafal Rumus Pelajaran Matematika untuk Persiapan Ujian

pxherpxhere.come.com

Hafalan rumus akan sangat menentukan kelancaran kamu mengerjakan soal dalam pelajaran matematika. Berbeda dengan pelajaran esai, matematika memang penuh dengan formula seperti halnya fisika atau kimia. Masalahnya, saking banyaknya yang harus dihafal terkadang ada saja bagian yang lupa.

Cara Menghafal Pelajaran Matematika

Sekadar memahami konsep belum cukup membantu menentukan formula mana yang harus digunakan untuk mengerjakan soal tertentu. Jadi mau tidak mau, jalan keluarnya adalah menghafalkannya. Meski tidak semudah yang dibayangkan, tapi ada trik yang bisa kamu gunakan untuk menghafalkan formula matematika.

1. Menggunakan visualisasi

Untuk menyelesaikan soal pelajaran matematika, memang dibutuhkan kinerja otak kiri sedikit lebih banyak karena lebih fokus pada logika. Akan tetapi, otak kanan lebih condong pada tampilan visual yang ternyata lebih mudah menyerap dan menyimpan informasi.

Jadi untuk trik yang pertama ini kamu harus mencoba menggabungkan kemampuan otak kanan dan kiri secara efektif. Coba gunakan bantuan warna untuk menandai bagian-bagian penting yang harus kamu ingat. Lalu ganti dengan warna lain untuk formula lainnya.

Dengan cara tersebut, barangkali kamu jadi lebih mudah mengingat. Formula A adalah yang warnanya merah, B adalah yang warna kuning, C warna hijau, dan seterusnya. Bantuan pewarnaan ini disebut dapat membantu mempercepat proses hafalanmu.

pxherpxhere.come.com

2. Menghitung persamaan matematika

Jika kamu mengikuti bimbingan belajar, tutor biasanya memberikan trik khusus untuk menyelesaikan soal persamaan matematika. Formula khusus ini digunakan untuk mempersingkat waktu, terutama ketika sedang menjalani Ujian Nasional atau SBMPTN. Contoh soalnya seperti di bawah ini:

Bila  maka berapakah nilai

Saat ujian kamu memang menerima satu lembar kertas untuk proses menghitung. Tetapi jika menggunakan cara konvensional, jawaban soal tersebut pasti menghabiskan beberapa baris. Supaya lebih menghemat waktu dan kertas, coba cara penyelesaian cepat berikut ini:

Tidak perlu khawatir dengan keabsahannya, karena formula tadi dibuat berdasarkan pada rumus dasarnya. Maka jika menerapkan cara tersebut dengan contoh soal di atas hasilnya akan menjadi:

3. Tanda pengoperasian

Asumsikan kamu sudah sangat mahir dalam hal penjumlahan, pengurangan dan perkalian. Namun, hal yang terkadang membuat bingung sejak mengenalnya di SD adalah tanda pengoperasian. Pertemuan tanda minus dan plus dalam matematika memang seringkali menjebak jika tidak dikerjakan secara teliti.

Contohnya A + (-B), (-A) + (-B), A – (-B) dan lain-lain. Kalau sudah paham, sebenarnya itu adalah soal yang mudah. Tetapi, beberapa dari kamu mungkin harus berpikir lebih lama karena ragu dengan hasilnya. Supaya tidak ragu lagi, coba lihat patokan tanda pengoperasian berikut:

  • Positif (+) + positif (+) = positif (+)
  • Negatif (-) + positif (+) = negatif (-) atau positif (+)
  • Positif (+) – negatif (-) = positif (+)
  • Negatif (-) – negatif (-) = negatif (-) atau positif (+)

Contoh Soal:

pxherpxhere.come.com

4. Deret aritmetika

Deret aritmetika bisa jadi pelajaran yang seru dan mudah, karena hampir seperti saat kita bermain game logika. Tetapi, dalam matematika tentu ada soal tertentu yang harus diselesaikan. Di sini ada formula instan yang bisa kamu gunakan untuk menghitung soal deret aritmetika.

Contoh soal:

Berapa suku ke-11 jika n suku pertama dalam deret adalah Sn = 3n2 + n?

Formula yang digunakan menurut buku panduan umum di sekolah adalah Un, yang mana diperoleh dari Sn – S(n-1). Cukup panjang dan memakan banyak waktu, walaupun sebenarnya cukup mudah. Tetapi ada cara alternatif yang lebih cepat untuk menemukan jawabannya.

pxherpxhere.come.co

 

Dengan cara tersebut kamu dapat menyelesaikan contoh soal di atas dengan lebih cepat. Penyelesaiannya:

5. Phytagoras

Teori phytagoras ini adalah cara untuk menemukan nilai suatu sisi dari segitiga siku-siku. Formula dasar dari phytagoras adalah  dengan “a” adalah variabel untuk garis diagonal dalam segitiga siku-siku. Untuk mencari a, b atau c itu mudah sekali, tetapi tidak ada salahnya juga jika kamu menghafalkan pasangan angka phytagoras.

a b c
3 4 5
6 8 10
9 12 15
12 15 20
15 20 25
5 12 13
10 24 26
15 36 39
7 24 25
14 48 50
8 15 17
16 30 34

Agar lebih mudah memahami pelajaran matematika, maka seringlah mengerjakan soal latihan. Jangan merasa minder jika belum mampu mengerjakannya, terus berlatih sampai benar-benar mampu mengerjakannya di luar kepala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *