Paru-paru basah

Salah satu penyakit yang menjadi perhatian kita kali ini adalah penyakit akut yang menyerang paru-paru. Penyakit ini dikenal dengan nama paru paru basah. Paru-paru basah merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada paru-paru. Baik salah satu maupun keduanya. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya infeksi yang menyerang paru-paru.

Paru paru basah ini dikenal sebagai istilah yang menggambarkan terhadap kondisi paru paru akibat peradangan sehingga menyebabkan timbulnya timbunan cairan yang terdapat pada jaringan paru-paru. Paru paru bisa dipenuhi oleh cairan bahkan nanah sehingga akan berdampak serius terutama bagi bayi, anak kecil, lansia, atau orang yang berdaya tahan tubuh lemah.

Gejala Paru-Paru Basah

Sama hal nya dengan penyakit lainnya, penyakit ini juga akan menunjukkan gejala. Gejala yang umum dan dapat dikenali adalah batuk kering ataupun batuk disertai dengan dahak. Warna dahak bisa berupa kuning, hijau, cokelat bahkan kemerahan akibat batuk darah. Selain itu penderita juga akan mengalami nyeri di dada, napas menjadi berat dan sesak, demam disertai dengan menggigil dan berkeringat, kehilangan nafsu makan, muntah, mual, kelelahan, diare dan jantung berdebar.

Penyebab Paru-Paru Basah

Paru-paru basah bisa disebabkan oleh bakteri seperti bakteri Streptococcus pneumoniae, Legionella pneumophila, Streptococcus aureus, Haemophilus influenzae. Sedangkan untuk virus yang bisa mengakibatkan penyakit ini adalah virus yang menimbulkan penyakit bronkitis, bronkiolitis, dan flu. Penyakit ini merupakan penyebab umum paru-paru basah. Infeksi jamur yang dapat menyebabkan penyakit ini yaitu Pneumocystis jirovecii, Cryptococcus dan juga Histoplasmosis.

Mengatasi Paru-paru basah

Cara yang paling mudah adalah dengan memberi vaksinasi PCV dan influenza. Kurangi mengkonsumsi minuman alkohol dan rokok, rajin untuk mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan masker.

Apabila anda sudah terdapat gejala diatas segera hubungi tim medis karena penyakit ini perlu mendapatkan penanganan khusus agar tidak bertambah parah.

Paru-paru basah perlu mendapatkan penanganan khusus dari dokter spesialis paru karena jika penyakit ini sudah parah bisa merusak organ paru-paru. Dalam melakukan pengobatan penyakit ini disesuaikan dengan tingkat keparahan serta penyebab utamanya. Ketika penyakit ini disebabkan oleh bakteri maka dokter akan memberikan pasien antibiotik, jika sudah parah maka si penderita perlu alat bantu nafas serta perawatan medis di ICU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *