Pantai Pandawa

rgbstock.com

Pantai Pandawa sekarang ini sering masuk dalam Paket Wisata Bali, tapi apa saja sih yang membuat pantai ini menarik untuk dikunungi? Untuk menjawabnya silahkan simak penjelasan dari kami di bawah ini tentang keindahan dari pantai ini.

Lokasi Pantai Pandawa

Pantai ini selalu ramai oleh lalu lalang para pelancong dan traveller disetiap harinya. Sebelum terkenal dan di ekspos banyak orang, pantai ini merupakan surga tersembunyi yang sangat menawan.

Keindahan pantai ini tertutupi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Lokasi dari pantai ini berada di desa Kutuh. Maka dari itu masyarakat lokal sekitar biasa juga menyebut Pantai Pandawa ini dengan sebutan Pantai Kutuh.

Di pantai ini terukir dengan indah patung pandawa lima yang merupakan tokoh dalam dunia perwayangan mahabarata seperti Puntadewa atau Yudhistira, Werkudara atau Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Patung tersebut merupakan ikon dari Pantai Pandawa Bali.

rgbstock.com

Rute Perjalanan

Untuk sampai ke pantai ini kamu harus menempuh jarak sekitar 18 Km dari Bandara Ngurah Rai Bali dengan waktu sekitar 1 Jam perjalanan dengan melintasi jalan Goa Gong Jimbaran.

Jalan yang harus kamu lalui untuk sampai pada pantai ini pun terbilang cukup sulit dan terkadang malah kamu bisa terjebak kemacetan.

Tapi setelah kamu sampai di Pantai Pandawa, semua lelah perjalan yang kamu lalui akan terbayar lunas. Begitu kamu menapakan kaki di hamparan pasir putih sepanjang satu Kilomer dari bibir pantai, kamu akan disuguhkan pemandangan indah yang memanjakan matamu.

Selain hamparan pasir putih yang luas, air laut di pantai ini berwarna biru dan jernih serta ombak yang berirama dengan tenang.

Pantai ini cocok dijadikan sebagai pilihan tempat wisata bersama keluarga dan kamu bisa merasa aman ketika anak-anak berenang di pinggir pantai. Karena ombaknya tidak liar dan aman terkendali.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Pantai Pandawa

Di pantai ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru lagi mengasyikan. Aktivitas tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Berjemur di pantai

Aktivitas yang umum dilakukan wisatawan di pantai ini adalah berjemur di bawah terik mentari. Di pantai ini terdapat banyak penyewaan kursi atau payung dengan harga yang relatif murah.

Setelah itu kamu bisa berjemur. Memang, kebanyakan orang yang berjemur di pantai adalah para turis atau wisatawan asing.

Sedangkan wisatawan domestik jarang sekali berjemur. Malah kadang wisatawan domestik akan mencari tempat berteduh dari sengatan terik mentari.

rgbstock.com

2. Berkeliling pantai dengan Kano

Selain aktivitas berjemur di terik mentari, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti berkeliling di sepanjang hamparan pasir putih ini dengan menggunakan kendaraan Kano. Harga sewa untuk Kano di pantai ini relatif murah dan terjangkau.

Kano yang hanya bisa digunakan oleh satu orang dikenakan biaya sekitar 25 ribu rupiah per jam. Sedangkan kano yang muat untuk dua orang di kenakan tarif sewa sekitar 50 ribu rupiah per jam nya.

Terbilang cukup murah harga sewa tersebut. Kamu bisa merasakan sensasi menyenangkan berkeliling di sekitaran pantai tersebut. Jangan lupa juga kenakan pelampung sebagai keamanan jika sewaktu-waktu kano tersebut terbalik.

3. Spot foto yang instagramable

Kamu juga bisa berfoto atau berselfi dengan latar belakang berupa patung pandawa lima yang di bangun diantara tebing-tebing yang ada di pantai ini. Selain patung pandawa lima, ada juga patung dewi kunthi yang dalam cerita pewayangan mahabarata merupakan ibu dari pandawa lima tersebut.

Semua patung yang ada di pantai ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Dan masyarakat lokal percaya bahwa patung-patung tersebut adalah penjaga pantai ini. Semua patung tersebut adalah karya dari seniman pahat asli dari Bali.

4. Budidaya rumput laut

Di pantai ini ada juga budidaya rumput laut yang dilakukan oleh warga lokal Bali. Kamu bisa mengamati dan belajar bagaimana cara membudidayakan rumput laut mulai dari pembibitan, penanaman sampai dengan panen.

Para warga lokal tersebut akan ramah dan mempersilahkan kamu untuk belajar budidaya rumput laut. Budidaya rumput laut ini berada di sisi barat dari pantai. Kamu bisa berkunjung kesana sebagai wisata edukasi ketika berada di pantai ini.

LEAD Technologies Inc. V1.01

5. Berisirahat dan Rileksasi

Setelah kamu lelah berkeliling kesana kemari di kawasan pantai daerah Kutuh ini, kamu bisa istirahat untuk sekedar makan dan minum di area pantai tersebut. Disana ada banyak sekali warung-warung yang berada di kawasan tersebut.

Kamu bisa istirahat dengan makan dan minum. Selain itu, jika kamu ingin membuat badan rileks, kamu bisa memanjakan diri dengan melakukan pemijatan refleksi yang disediakan di pantai tersebut.

Harga pijat di pantai tersebut bervariasi mulai dari 30 ribu rupiah sampai dengan 130 ribu rupiah, tergantung jenis pijat apa yang kamu pilih. Dan harga tersebut tidak bisa dijadikan patokan, karena bisa saja sewaktu-waktu harga akan berubah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Nah, itulah sekilas mengenai salah satu destinasi wisata pantai yang sering di kunjungi para wisatawan baik lokal maupun turis yang ada di Pulau Dewata Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *