Mengintip Keindahan Objek Wisata Pangandaran Pantai Karapyak, Yang Memukau

pexels.com

Pemerintah Jawa Barat khususnya daerah Pangandaran, rupanya memang serius untuk jadikan kota yang kaya akan wisata Bahari ini jadi destinasi andalan. Hal ini terbukti dengan adanya pengelolaan untuk mempercantik beberapa destinasi wisatanya. Dilansir dari media online Harapan Rakyat, salah satu pantai yang sedang dalam proses pembaharuan yaitu pantai Karapyak. Pantai yang masih asri ini didapuk menjadi objek wisata Pangandaran yang unggulan. Untuk melihat keindahannya simak ulasan berikut.

Pantai Karaprak Yang Semakin Dipercantik

pexels.com

Memperhatikan sebuah sumber daya alam yang berpontensi untuk wisata memang perlu dilakukan. Sebab sektor pariwisata adalah komiditi yang paling cepat berkembang dan menguntungkan untuk suatu daerah. Hal inilah yang dicoba dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Pemugaran dan perbaikan sejumlah tempat wisata terus dilakukan begitu halnya dengan pantai Karapyak yang kini tampil semakin mempesona.

Sebelum adanya pembangunan, pantai Karaprak juga telah mempesona. Hamparan batu karang yang luas berpadu dengan birunya laut menjadi pemandangan yang menakjubkan. Pantai Karaprak terkenal sebagai pantai yang masih perawan dan mempesona. Tak heran jika pengunjungnya terus mengalami kenaikan setiap waktunya. Apalagi di musim musim liburan pasti akan semakin padat pengunjung dari wisatawan lokal maupun asing.

Ketika anda mengunjungi objek wisata Pangandaran ini, anda tidak diijinkan untuk berenang karena ombaknya cukup besar. Dilansir dari Harapan rakyat.com terumbu karang di Pantai Karapyak, juga terbilang masih asri dan juga dilindungi. Sehingga jika digunakan untuk berenang dikhawatirkan akan membuat ekosistem yang ada bisa rusak. Untuk itulah sebaiknya anda tidak berenang dan memilih melakukan aktivitas lain yang lebih baik.

Pantai Karapyak memiliki pantai pasir putih yang bersih. Beberapa pengunjung lebih memilih untuk camping atau bermain di pasir pantainya. Selain itu juga bisa camping untuk berburu sunset maupun sunrise. Karena pantai yang masih asri ini memiliki pemandangan matahari datang dan pulang yang mengagumkan. Inilah yang membuat pantai ini selalu menjadi destinasi unggulan para pecinta pantai.

Berikan Fasilitas Yang Memadai dan Spot Foto Yang Menarik

Jika anda tidak berniat untuk camping di pantai ini, anda tetap bisa menikmati keindahannya. Apalagi Pantai Karapyak ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas MCK juga tersedia di Objek Wisata Pangandaran ini serta terbilang bersih yang membuat para pengunjungnya betah untuk berlama lama. Jika ingin berkulineran juga terdapat warung makan yang menjualnya dengan harga yang terjangkau.

Apabila anda ingin menikmati pantai ini lebih lama dan tidak ingin camping, anda bisa menginap di home stay atau penginapan yang berada di sekitar pantai ini. Harganya juga relatif terjangkau yang membuat anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Belum lagi pantai ini juga dibekali dengan spot foto yang melimpah. Anda bisa mengambil foto seperti di ayunan dengan latar belakang pantai yang indah.

Ada juga replika perahu yang langsung menjorok ke arah pantai Karapyak. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang memang menyukai berpose di depan kamera. Karena spotnya memang menawan dan sangat mendukung untuk hasilkan foto yang bagus. Dikutip dari harapan rakyat.com banyak masyarakat atau wisatawan yang mengunjungi pantai ini karena melihat postingan di media sosial, dan datang untuk membuktikannya objek wisata Pangandaran ini.

Fenomena Alam Langka Yang Ada Di Pantai Karapyak

pexels.com

Selain memang alam yang masih perawan dan asri, di pantai Karapyak juga ada fenomena alam yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Pantai yang memiliki jarak 1,5 jam dari Kota Banjar ini akan memberikan warna yang berbeda ketika debit air Sungai Citanduy mengalami peningkatan. Maka air sungai ini akan mengalir ke Laut dan menghasilkan perpaduan warna yang cantik. Warna birunya air laut berpadu dengan warna coklat ini seperti di luar negeri.

Pertemuan air laut dan air tawar ini jika dari kejauhan terlihat berwarna kemerahan yang cantik. Untuk mempertahankan keindahan yang dimiliki oleh pantai Karapyak ini pengelola menghimbau untuk menjaga biota ketika mengunjungi lokasi tersebut. Karena ada banyak biota laut yang terlindungi di Pantai ini. Bahkan pemerintah sempat menyemai bibit abalone agar, bisa berkembang di pantai Karapyak dan menghasilkan untuk warga sekitar.

Bukan hanya abalone yang memiliki nilai ekonomis tinggi, menurut Harapan rakyat.com di pantai Karapyak disemai 4000 abalone. Sebab, pantai ini dinilai sesuai dengan perkembangan dari abalone. Masyarakat dan pengunjung bisa saling menjaga karena jika sudah layak penduduk bisa memanfaatkannya. Penyebaran Biota Laut ini juga untuk menjaga kelestarian serta menjaga biota laut di sekitaran Objek Wisata Pangandaran.

Pemerintah Desa Setempat Juga Membangun Tugu Lobster Raksasa

Begitu anda memasuki kawasan pantai Karapyak anda akan melihat Tugu Lobster raksasa. Tugu ini kini juga menjadi ikon dari desa Bagalo, Kec Kalipucang sekaligus sebagai upaya untuk menarik perhatian wisatawan. Sehingga jika anda datang anda juga bisa mengambil foto di tugu kebanggaan Desa Bogolo ini. Kepala Desa Bogolo, mengatakan ke Harian rakyat.com jika tugu ini merupakan ide dari beliau.

Tugu yang memiliki panjang hingga 1,7 meter ini akan semakin indah ketika malam menjelang. Tugu ini dilengkapi dengan lampu yang kelap kelip dan warna warni. Adanya tugu ini juga sebagai salah satu inovasi untuk meningkatkan sektor wisata di Kabupaten Pangandaran. Lobster dipilih karena desa Bogolo terkenal dengan Pantai Karapyaknya. Pantai yang memiliki karang karang ini memang menjadi habitat lobster atau udang karang.

Sebagian besar masyarakat desa Bogolo juga berprofesi sebagai nelayan. Yang mana lobster menjadi salah satu komiditinya. Adanya tugu ini diharapkan mampu untuk mengangkat pantai Karapyak sebagai objek wisata Pangandaran yang unggulan. Sekaligus sebagai ciri khas dari Desa Bogolo. Pantai ini memang patut untuk di apresiasi mengingat jika pantai masih sangat asri dan memiliki banyak biota laut yang terlindungi termasuk karangnya.

Akses menuju Pantai Karapyak juga sudah mudah dan mulus. Anda tidak perlu lagi ragu untuk menempuh perjalanan dan melihat langsung keindahan dari pantai Karapyak ini. Apabila anda ingin mengikuti perkembangan pantai cantik ini anda bisa langsung pergi ke laman harapanrakyat.com/category/pangandaran. Yang nantinya juga akan memperbarui informasi anda perihal pantai di Pangandaran yang lainnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *