Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan

Negara tanpa laut (landlocked) merupakan negara yang sepenuhnya dikelilingi oleh daratan dan tanpa adanya akses sama sekali menuju lautan. Nah kali ini kami akan membahas beberapa negara tanpa laut di Amerika Selatan. Perlu Anda ketahui, terdapat 12 negara di Amerika Selatan dan hanya ada dua negara saja yang masuk dalam kategori landlocked yaitu Paraguay dan Bolivia. Nah Paraguay juga dikenal sebagai satu-satunya negara tanpa laut yang ada di patahan Afro-Eurasian yang mencakup Amerika Selatan, Asia, Afrika, dan Eropa. Nah di bawah ini kami akan membahas Bolivia dan Paraguay yang merupakan dua negara tanpa laut di Amerika Selatan!

 

  • Bolivia

Negara tanpa laut di Amerika Selatan pertama yang akan kami bahas yaitu Bolivia. Bolivia terletak di sebelah barat Amerika Selatan. Ibu kota Bolivia yaitu La Paz, namun pusat perekonomian Bolivia ada di Sucre. Luas negara Bolivia yaitu 1.098.581 km2, sehingga dikenal juga sebagai negara tanpa laut terbesar di Amerika Selatan. Nah Bolivia dikelilingi oleh Argentina di bagian selatan, Brazil di bagian utara dan barat, Paraguay di bagian tenggara, Peru di bagian barat laut, dan Chile di sebelah barat daya.

 

Pada awalnya, Bolivia bukanlah negara tanpa laut karena memiliki bagian yang langsung berhadapan dengan Samudera Pasifik. Namun pada Perang Dunia Pertama, sebagian wilayah yang berdekatan dengan lautan mesti jatuh ke tangan Chile.

 

  • Paraguay

Negara tanpa laut di Amerika Selatan selanjutnya yaitu Paraguay. Nah Paraguay ini terletak persis di tengah-tengah Amerika Selatan. Karena itulah Paraguay memiliki julukan ‘jantungnya Amerika Selatan’. Luas negara Paraguay yaitu 406.752 km2. Dibanding Bolivia, tentu Paraguay jauh lebih kecil. Meskipun tidak memiliki akses langsung dengan lautan, namun Paraguay memiliki angkatan laut, dimana aksesnya menggunakan Sungai Parana di Paraguay.

 

Nah itulah beberapa negara tanpa laut di Amerika Selatan, semoga semakin menambah wawasan Anda ya. Seperti yang sudah Anda ketahui, Amerika Selatan memang lebih banyak diisi oleh negara-negara dengan lautan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *