Ketahui Ciri-ciri Dan Perawatan Murai Batu Medan

pickupimage.com

Walaupun zaman sudah modern dan serba canggih menggunakan smartphone, pecinta burung masih banyak loh. Bahkan marak festival atau lomba burung yang mengacu pada kicauan burung paling merdu untuk dinobatkan sebagai pemenang, tak tanggung burung yang menang mendapatkan banyak uang dihargai puluhan juta bahkan ratusan juta. Salah satunya burung murai batu medan yang selalu dicari lantaran keunggulan yang dimilikinya.

Ciri-ciri Burung Murai Batu Medan

Burung murai batu termasuk burung eksotik karena memiliki ekor yang panjang dengan kicauan yang istimewa. Walaupun terdapat embel-embel medan, burung tersebut tak hanya datang dari medan loh, tetapi datang juga dari Aceh seperti Sabang, Tangse, Langkat, Padang Sidempauan dan daerah lainnya. Mengingat harga jualnya yang fantastis, banyak orang tak bertanggung jawab melakukan kecurangan untuk mendapatkan keuntungan, yaitu menyambungkan burung murai yang ekornya pendek.

Untuk itulah sebelum membeli harus mengetahui ciri-cirinya sehingga tak ada kerugian di kemudian hari. Apalagi pedagang yang curang sering kali berhasil menipu konsumen dengan segala trik dan bukti bahwa burung tersebut asli burung murai medan, nyatanya hanyalah burung murai ekor pendek. Anda harus jeli dan waspada saat membelinya, apalagi burung murai batu asli memiliki ciri khas yang berbeda dengan burung murai lainnya sehingga dapat dibedakan.

pickupimage.com

Sejatinya, burung murai asli memiliki strip berwarna hitam yang membelah secara horizontal dari pangkal ekor. Bahkan terkadang corak berwarna putih membentuk seperti huruf U yang terpotong pada bagian tengahnya, apalagi warna hitamnya sangat kontras dan mengkilat sehingga membuat burung tersebut istimewa. Menariknya lagi, saat dijemur akan memancarkan efek sinar matahari berwarna kebiruan sehingga membuat siapa saja yang melihatnya takjub.

Perlu diingat, panjang ekornya berkisar antara 15 cm sampai 28 cm dengan bentuk melengkung. Namun panjang tersebut dipengaruhi faktor idukan, apakah idukannya memiliki ekor panjang standart atau lebih panjang. Apalagi burung murai asli memiliki poster lebih besar ketimbang burung murai palsu, walaupun bertubuh besar namun tetap ideal saat berdiri. Pasalnya tubuh dengan ekornya sepadan sehingga tak membuat burung tersebut kesusahan. Terlebih lagi murai batu memiliki bentuk kepala yang bagus sehingga semua orang ingin memilikinya walaupun harganya sangat mahal.

Keistimewaan burung murai batu medan memang tak diragukan lagi, kepiawaiannya membuat pemilik burung rela melakukan apa saja. Termasuk merawat burung secara maksimal walaupun harus dirawat setiap hari, dengan begitu pemilik burung mendapatkan manfaat merawat burung tersebut. Untuk itulah dibawah ini ada 5 cara merawat burung eksotik tersebut, diantaranya adalah:

pickupimage.com

Memberikan Pakan Yang Berkualitas

Keistimewaan burung sudah eksotik sejak lahir, untuk itulah pecinta burung harus menjaga keistimwaan tersebut agar keunggulannya terjaga. Caranya dengan memberikan pakan yang berkualitas, walaupun termasuk burung murai asli, bisa saja loh suaranya tidak merdu dan tidak eksotik jika pemilik burung malas merawat burung. Perawatan burung yang baik menghasilkan kualitas burung sempurna, berikanlah pakan yang mengandung asupan nutri tinggi sehingga kesehatannya tetap prima.

Anda dapat memberikan pakan kroto, ulat, cacing, ikan kecil, aneka serangga kecil maupun pakan buatan lainnya. Perlu diketahui, jangkrik disukai burung berbentuk eksotik tersebut karena menjadi pakan alami setiap hari. Apalagi kandungan nutrisinya bagus untuk burung sehingga selalu sehat dan tidak malas berkicau maupun terbang di area sangkar. Berikanlah pakan setiap hari sehingga selalu sehat, jika terdapat pakan yang cukup besar seperti serangga, anda dapat memotong bagian yang dirasa sulit dicerna burung.  Misalnya, kepala, kaki maupun sayap.

Memandikan Dan Menjemur Burung

Memandikan burung menjadi rutinitas wajib pemilik burung setiap hari karena berpengaruh pada kualitas burung, seperti kicauan burung, kelicahan dan penunjang lainnya. Anda dapat memandikan burung setiap pagi dan sore hari dengan cara menyemprotkan air ke seluruh tubuh burung. Setelah memandikan, langkah selanjutnya adalah menjemur burung agar sisa air di badannya mengering sehingga tidak kedinginan.

Usahakan setiap hari memandikan dan menjemurnya agar burung tetap terawat. Namun anda cukup menjemur saat pagi hari karena sinar matahari pagi memiliki banyak vitamin sehingga bagus untuk kesehatannya, pastikan anda menggunakan air yang bersih saat memandikan burung murai agar terhindar dari bakteri yang membahayakan keselamatannya.

pickupimage.com

Menjaga Kebersihan Kandang

Jangan salah loh, burung murai menyukai kebersihan karena kebersihan mempengaruhinya untuk berkembang secara maksimal. Jika pemilik burung malas membersihkan kandang, dipastikan burung tersebut tak mau menunjukkan keistimewaannya. Bahkan bentuknya bisa saja kurus akibat stress kandangnya tidak terawat.

Usahakan membersihkan kandang paling tidak 3 hari sekali agar tidak ada bakteri yang menghambat pertumbuhan murai batu. Apalagi burung murai yang terkena infeksi bakteri dari kotorannya sendiri membuatnya lemah dan sakit-sakitan, alhasil bisa saja mati jika daya tahan tubuhnya lemah.

Burung murai batu medan memang membuat pemiliknya bahagia karena memberikan banyak manfaat. Pasti anda senang tatkala hewan peliharaan tumbuh sehat disertai kicauan yang merdu, ditambah lagi bentuk tubuhnya yang unik. Untuk itulah anda berperan serta merawat kelangsungan hidupnya agar terjamin, sementara jika hendak membeli burung eksotik tersebut, pastikan jeli agar tidak tertipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *