Hijabers Wajib Tahu, Ini Macam-Macam Jenis Hijab Dengan Pilihan Kain Yang Nyaman

pxhere.com

Di era modern ini, bermacam-macam jenis hijab bisa kita temukan dengan mudah di pasaran. Mulai dari yang bergaya simple, mewah, elegan, sporty hingga syar’i. Untuk para pengguna hijab atau hijabers, mengenali beragam model hijab tentu menjadi hal wajib. Apalagi hijab sekarang ini mempunyai banyak jenis dan dibuat dari berbagai bahan sehingga kita harus tahu mana yang nyaman dipakai.

Jenis-Jenis Hijab

Nah untuk kalian para hijabers yang masih belum tahu macam-macam hijab atau jilbab modern yang nyaman, Anda bisa menengoknya di sini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Jilbab Segi Empat

Sesuai dengan namanya, hijab ini berbentuk segi empat sederhana dan biasanya cukup tipis. Jenis ini paling mudah dikreasikan sehingga gampang disesuaikan dengan kebutuhan. Jilbab segi empat juga ada beberapa macam, seperti segi empat paris polos dan motif, scraf, monochrome, rawis dan lainnya.

  1. Jilbab Bergo

Ciri khas hijab jenis ini adalah adanya tambahan pet atau bantalan busa di bagian depannya. Sangat praktis dan simple, cara pakainya cukup dimasukkan di kepala saja. Tidak perlu repot dan sudah langsung tertata rapi. Sesuai bagi Anda yang tidak ingin ribet atau sedang terburu-buru.

pxhere.com
  1. Jilbab Pashmina

Menjadi jenis jilbab andalan para hijabers. Anda juga pasti sudah mengenal hijab yang satu ini. Berbentuk persegi panjang dengan banyak pilihan motif. Pashmina cocok bagi Anda yang suka berkreasi dengan model hijab.

  1. Jilbab Instan

Untuk Anda yang tidak punya banyak waktu berdandan tapi tidak ingin terlihat biasa-biasa saja, jilbab instan sangat pas untuk dipilih. Jilbab ini biasanya telah dimodifikasi sehingga terkesan elegan namun tetap praktis.

  1. Jilbab Scarf Panjang

Hampir sama dengan pashmina, hanya saja bedanya jilbab ini lebih panjang dan lebih tipis. Motifnya sangat beragam dan kekinian, menjadikan penampilan terlihat semakin modis. Bahannya yang mudah diatur juga membuat Anda lebih mudah mengkreasikannya di berbagai kesempatan.

  1. Jilbab Rajut

Dari namanya sudah dapat diketahui jika jilbab ini dibuat dengan cara dirajut. Berbentuk persegi dengan detail di setiap sudutnya, jilbab rajut sangat praktis dan terkesan casual. Melihat bahannya yang tebal dan panas, sebaiknya gunakan hijab ini saat cuaca dingin.

  1. Jilbab Jumbo

Berukuran besar atau jumbo, jilbab ini memiliki panjang menutupi bagian dada ke bawah sampai perut. Biasa disebut juga jilbab syar’i. Makanya, jilbab ini bisa menjadi pilihan Anda yang ingin tampil syar’i dengan menutupi sebagian tubuh.

pxhere.com

Jenis Bahan Hijab

Pernahkah Anda merasa tidak nyaman saat mengenakan hijab? Hal itu mungkin karena Anda salah memilih jenis bahan kain hijab yang Anda pakai. Jika seperti itu, Anda bisa memilih Meah Hijab dengan pilihan kain hijab nyaman berikut ini:

  1. Sifon

Pada dasarnya sifon terbuat dari bahan kapas, sutera dan serat sintetis sehingga ringan dan lembut saat dipakai. Meski sifon cenderung licin dan tipis, akan tetapi bahannya anti lecek dan cocok dipakai untuk acara formal. Untuk mengakalinya agar tidak melorot, Anda bisa menggunakan dalaman hijab.

  1. Hycon

Bahan hijab ini cocok dipakai saat cuaca panas karena cukup sejuk dengan kesan rapi yang lebih casual. Memiliki bahan yang sangat tipis dan jatuh, hycon biasa dipakai dengan model double layer.

  1. Voile

Bahan voile sifatnya halus, lembut dan ringan serta mudah menyerap keringat, menjadikan nyaman dipakai saat siang hari. Karena bahannya yang agak kaku, gunakan juga dalaman ciput agar lebih mudah dikreasikan.

  1. Sutera

Mempunyai tekstur yang lembut dan mengkilap, bahan sutera akan membuat penampilan lebih mewah dan elegan. Terasa nyaman dan dingin saat digunakan, kualitas hijab ini memang sebanding dengan harganya yang cukup mahal.

  1. Ceruti

Teksturnya yang menyerupai kulit jeruk memberikan kesan mewah dan elegan pada pemakainya. Sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai model, hijab ini bisa dipakai untuk acara infomal, semi fomal hingga formal.

  1. Spandex

Bahannya yang lembut dan lentur sangat nyaman untuk dipakai banyak gerak. Apalagi sifatnya yang mudah menyerap keringat, jatuh dan gampang dibentuk sangat cocok untuk dipakai sehari-hari.

pxhere.com
  1. Katun

Bahannya yang halus, dingin dan tampak casual membuat jilbab yang disebut juga “paris” ini terasa nyaman digunakan. Sifatnya yang tidak mudah kusut dan mudah menyerap keringat juga menjadi nilai plus hijab ini.

  1. Rayon

Terasa adem dan nyaman saat dipakai, bahan rayon akan memberikan kesan casual. Namun karena bahannya yang mudah kusut dan mudah bau keringat, Anda harus memperhatikan kapan akan memakainya.

Itulah beberapa jenis hijab yang bisa Anda pilih agar tetap nyaman saat berhijab. Pilihlah sesuai kebutuhan aktifitas Anda agar penampilan semakin modis namun tetap terasa nyaman saat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *