Perbedaan Minimarket Dan Supermarket Lengkap Dengan Cara Mengelolanya

pxhere.com

Secara bahasa sebenarnya mudah sekali melihat perbedaan minimarket dan supermarket. Namun yang terpenting untuk dipelajari sebenarnya adalah bagaimana cara memanage kedua jenis usaha tersebut.

Apalagi di era berbasis teknologi seperti sekarang ini. Sebuah era dimana mencari barang-barang kebutuhan hingga melakukan transaksi jual beli dilakukan secara online. Meskipun demikian anehnya tidak membuat minimarket maupun supermarket kehilangan pelanggan setianya.

Yang terjadi justru sebaliknya. Kini banyak sekali supermarket-supermarket baru yang dibangun. Bahkan khusus untuk minimarket, perkembangannya justru lebih pesat lagi. Terbukti hari ini hampir setiap pelosok kota hingga desa berdiri yang namanya minimarket.

Mengenal Lebih Dekat Istilah Minimarket

Minimarket sebenarnya merupakan sebuah toko kelontong atau toko yang menjual berbagai macam barang dan makanan. Namun yang membedakannya dengan toko kelontong adalah minimarket menerapkan sistem swalayan.

Artinya para pelanggan atau pembeli dipersilahkan untuk mengambil sendiri barang-barang yang dibutuhkannya pada rak-rak minimarket. Setelah itu pembeli baru menyerahkan barang ke kasir untuk melakukan proses penghitungan dan pembayaran.

Selain itu, perbedaan yang paling mencolok antara minimarket dan supermarket terletak pada ukurannnya. Pada umumnya ukuran minimarket berkisar antara 300 sampai dengan 500 persegi.

Kemudian radius area yang dilayani oleh minimarket juga tidak terlalu jauh. Secara efektif hanya berkisar antara 2 km saja. Bahkan ukuran ini sudah menjadi panduan para retail minimarket.

Pada dasarnya minimarket ini merupakan bentuk perubahan atau hasil inovasi dari warung kelontong atau warung serba ada. Yang mana sebuah warung kelontong masih menganut sistem jual beli secara langsung tanpa menggunakan bantuan mesin register, kini pada minimarket diubah menjadi lebih modern.

Dan pada Minimarket tidak dikenal sistem jual beli tawar menawar seperti yang biasa Anda temui di pasar-pasar tradisional. Artinya semua barang dagangan yang ada di sini sebelumnya sudah ada banderolnya.

pxhere.com

Mengenal Lebih Dekat Istilah Supermarket

Supermarket atau dalam istilah lain sering disebut dengan pasar swalayan merupakan sebuah toko yang menjual segala kebutuhan sehari-hari. Secara bahasa, supermarket berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti pasar yang besar atau luas.

Kemudian berkaitan dengan barang-barang yang dijual di supermarket rata-rata adalah barang-barang kebutuhan sehari-hari. Artinya apapun kebutuhah harian Anda bisa dengan mudah Anda dapatkan di supermarket ini.

Secara luas bangunan, luas supermarket umumnya adalah 1000 sampai dengan 5000 meter. Artinya luas supermarket standarnya tidak melebihi 5000 meter. Pasalnya jika luasnya lebih dari 5000 meter, namanya bukan lagi supermarket namun Hipermarket level dua.

Berkaitan dengan barang yang terdisplay pada rak supermarket umumnya pun tidak terlalu banyak. Rata-rata hanya berkisar antara 5000 sampai dengan 7500 item saja. Dan barang-barang tersebut meliputi barang-barang kebutuhan sehari-hari, pakaian, elektronik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

pxhere.com

Kesamaan Antara Kedua Jenis Usaha

Meskipun memiliki perbedaan yang cukup banyak, kedua toko modern ini juga memiliki banyak sekali kesamaan. Namun diantara berbagai kesamaan tersebut, baik minimarket maupun supermarket sama-sama membutuhkan software kasir atau aplikasi kasir.

Softwara kasir pada dasarnya merupakan sebuah cash register bisnis. Apliksi semacam ini seringnya dipergunakan di kantor maupun di lokasi-lokasi bisnis dimana barang maupun jasa dijual kepada pelanggan.

Banyak yang masih salah kaprah dalam memahami software kasir ini. Masih banyak yang beranggapan jika aplikasi semacam ini hanya dibutuhkan pada toko atau gerai ritel fisik saja. Padahal dengan memanfaatkan program internet, program ini juga sudah banyak digunakan oleh toko online atau online shop.

Lalu kemudahan apa yang didapatkan ketika menggunakan software kasir semacam ini? Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda akan dimudahkan dalam pencatatan semua transaksi penjualan dengan menggunakan komputer.

Selain itu Anda juga bisa menyimpan semua informasi penjualan pada perangkat Anda atau di dalam cloud. Kemudian Anda juga bisa memasukkan ke komputer barang-barang atau jasa yang dijual lengkap dengan harga dan jumlah yang sudah berahasil terjual.

Luar biasanya lagi, software kasir bisa menghitung total biaya, termasuk pajak dan bahkan bisa memberi tahu jika Anda perlu mengembalikan beberapa perubahan pada pelanggan.

Artinya dengan adanya aplikasi semacam ini, sudah pasti tugas managemen menjadi semakin mudah dan cepat. Terlebih lagi pada saat menghitung total penjualan, berapa kali barang terjual selama periode tertentu, hingga menghitung jumlah pajak penjualan. Bagaimana, sudah paham dimana saja letak perbedaan minimarket dan supermarket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *