Mengupas Situs Gunung Padang Kabupaten Cianjur Yang Penuh Keunikan

pickupimage.com

Tidak hanya memiliki bahasa, adat istiadat bahkan tempat wisata yang beranekaragam, Indonesia juga memiliki beberapa situs peninggalan prasejarah. Salah satunya adalah situs Gunung Padang. Situs megalithikum ini berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lebih terletak di perbatasan antara Dusun Gunung padang dan Panggulan, Desa Karyamukti. Nah, untuk mengenal situs purba satu ini yuk simak fakta menarik tentang situs gunung padang berikut.

Hal Menarik Di Balik Situs Megalithikum Gunung Padang, Cianjur

  1. Tempat Prabu Siliwangi

Untuk menuju Gunung Padang membutuhkan perjuangan karena lokasinya yang sulit dijangkau. Bukit bukit yang curam memanjang dan menutupi permukaan yang dibatasi oleh jejeran batu andesit dengan bentuk persegi. Situs ini juga dikelilingi oleh lembah yang sangat dalam. Sehingga wajar jika tempat ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Penduduk mempercayai bahwa situs Gunung Padang merupakan tempat Prabu Siliwangi.

  1. Usianya Lebih Tua Dari Piramida Giza

Dilansir dari berbagai sumber, tim penelitian mencoba untuk melakukan uji radiometik karbon. Dan hasilnya, karbon yang diperoleh dari pengeboran hingga kedalaman 5-12 meter memiliki usia 14.500 – 25.000 tahun. Hal ini membuktikan bahwa bangunan yang berada di bawah permukaan situs prasejarah ini memiliki usia yang lebih  tua dari Piramida Giza. Dan menariknya, berada di Negara Indonesia tercinta.

  1. Terdapat Alat Musik

Pada situs Gunung Padang juga ditemukan bebatuan yang menghasilkan bunyi layaknya alat musik. Batu yang berbentuk persegi panjang itu memiliki gelombang pada bagian atasnya. Ketika dipukul, akan mengeluarkan suara yang berbeda di setiap gelombangnya. Sungguh menakjubkan bukan situs kebanggan warga Kabupaten Cianjur ini? Inilah yang membuat situs ini harus dijaga dan dilindungi.

  1. Pernah Dikunjungi Oleh Presiden

Menuju situs ini memang membutuhkan perjalanan yang panjang dan penuh perjuangan. Tapi siapa sangka jika situs prasejarah ini pernah dikunjungi oleh beberapa presiden Indonesia. Presiden pertama Indonesia yakni Sukarno adalah salah satunya. Sementara kedua presiden yang mengunjungi Situs Gunung Padang ini adalah Presiden Soeharto dan juga Presiden Megawati.

Situs Megalithikum Kebanggaan Indonesia ini juga masih memiliki fakta menarik lainnya. Beberapa diantara berkembang karena kepercayaan masyarakat seperti adanya sumur cikahuripan di situs ini. Sumur ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit baik penyakit fisik maupun batin. Tak heran jika situs ini menarik perhatian dan tak jarang menjadi destinasi kunjungan beberapa turis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *