Mengenal Ibukota Provinsi Papua Barat

pickupimage.com

            Provinsi Papua Barat yang sebelumya memiliki nama Irian Jaya Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak di Pulau Papua sebelah barat. Provinsi tersebut ibukotanya adalah Manokwari. Jika kita melihat peta Indonesia maka sebagian besar orang akan melihat Pulau Papua seperti burung menghadap ke barat. Ibukota Manokwari terletak di bagian kepala burung Pulau Papua. Kota Manokwari terletak di pantai sebelah utara Pulau Papua sehingga kota ini memiliki pelabuhan. Pelabuhan yang ada di kota ini yaitu Pelabuhan Ketapang. Ibukota Manokwari juga memiliki kebudayaan tari – tarian yang sangat khas. Tarian khas Manokwari biasa disebut dengan tari yospan. Tarian tersebut biasanya diperagakan oleh para pemuda yang ada di kota Manokwari. Selain itu tari yang bertemakan persahabatan ini biasa di adakan saat menyambut tamu, festival, dan acara lainnya.

Sesuatu yang tidak kalah menarik dari Ibukota Manokwari ini adalah rumah adat. Rumah adat yang ada di kota tersebut sangatlah unik yang diberi nama Honai. Rumah tersebut dibuat dari kayu yang disusun mengeliling serta diberi atap jerami. Selain itu pakaian adat Manokwari juga sangat menarik dan mungkin pakaian semacam itu hanya ada di Pulau Papua saja. Rok rumbaik dan topi bulu burung pasti sudah banyak yang mengenalnya. Pakaian tersebut sangat unik dan semua orang pasti akan mengenali bahwa itu adalah pakaian adat Papua. Namun saat ini ada sebagian orang papua yang sudah mengenakan baju biasa. Walaupun demikian orang pedalaman papua masih ada yang belum mau untuk menggunakan baju biasa dan masih setia dengan pakaian adatnya.

Ibukota Manokwari juga memiliki makanan khas yang saat ini telah ada di beberapa pulau lain yaitu Papeda. Makanan yang dibuat dari sagu tersebut sangatlah nikmat apalagi jika dimakan bersama kuah yang berbau ikan. Daerah Manokwari yang masih sangat hijau membuat tempat ini memiliki banyak tujuan wisata yang sangat menarik. Terlebih kota tersebut juga memiliki gunung serta pantai yang masih bersih. Tentu saja tempat – tempat tersebut sangat menarik untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *