CARA MELIHAT SPESIFIKASI LAPTOP DENGAN MUDAH

pexels.com

Berbeda dengan komputer yang bersifat immobile, bentuk yang mungil dari sebuah laptop menjadikan perangkat ini sangat mudah untuk dibawa dan digunakan secara mobile. Karena wujudnya yang kecil inilah semua bagian hardwarenya juga menjadi sangat kecil namun tetap memiliki fungsi kerja dan penyimpanan yang sama persis dengan sebuah perangkat komputer.  Untuk mengetahui aplikasi apa yang natinya akan diinstal pada sebuah laptop maka kita wajib mengerti apa yang ada di dalam laptop.

Fungsinya adalah sebagai langkah preventif dan antisipatif akan berbagai hal, dengan harapan agar laptop yang kita miliki dapat bekerja sesuai dengan umur wajarnya. Tujuannya adalah untuk lebih memahami akan resiko dan konsekuensi yang harus siap-siap kita tanggung apabila kita memaksakan untuk menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan kegunaan tepat pada laptop yang kita miliki. Di bawah ini meruapakan beberapa cara mudah untuk mengetahui spesifikasi sebuah laptop.

Melihat dari Control Panel

Semua pengguna computer atau laptop pasti sudah mengetahui fungsi utama dari sebuah control panel, control panel dapat memberikan berbagai informasi berkaitan dengan apapun yang ada dan menempel dalam perangkat laptop. Baik software maupun hardware akan terekam di control panel pada bagian system and security, mulai dari edisi windows yang digunakan, processor yang menempel, RAM laptop, serta hal-hal lainnya.

Untuk melihat spesifikasi laptop kita dapat menuju control panel dan masuk kepada menu “system and security” pada bagian ini kita dapat melihat berbagai informasi, seperti action center, windows firewall, system, windows update serta berbagai hal yang akan dijelaskan bagian perbagian. Untuk melihat lebih ringkasnya kita dapat masuk kepada “sytem”, jadi langkah-langkahnya adalah “control panel > system and security > system”.

Bagian ini akan muncul seperti ringkasan atau penjelasan dasar pada sebuah computer, mulai dari windows yang digunakan, serta processor yang menempel beserta kecepatannya. Adapula penjelasan akan RAM laptop dengan kapasitas sesungguhnya, system pengoperasian computer 32/64 bit kapasitas layar sentuh bila support dengan fitur ini, serta nama, domain dan workgoup dari sebuah laptop atau computer.

pexels.com

Melihat dari System Information

Kita juga dapat melihat melihat detail informasi laptop yang kita miliki melalui system information, caranya adalah tekan logo windows pada keyboard lalu ketikkan keterangan “System Information” pada bagian search engine atau kolom pencarian. Maka secara otomatis windows akan menujukkan “system Information” pada bagian teratas hasil pencarian. Buka gambar computer tersebut untuk mengetahui detail informasi yang dibutuhkan.

Pada bagian itu kita akan disajikan ringkasan system dengan berbagai informasi detail di dalamnya, mulai dari hardware resource, component penunjang yang support, dan software yang menempel pada laptop kita. Untuk mengetahui detail informasi baik pada software maupun hardwarenya kita hanya tinggal mengetuk bagian tersebut, secara otomatis system akan memberikan penjelasan terperinci yang berjumlah sangat banyak.

DirectX Diagnostic Tool

Cara terakhir untuk mengetahui apa yang ada di dalam laptop kita adalah dengan menggunakan alat diagnosa pada command prompt. Caranya adalah tekan tombol windows dan huruf r secara bersamaan, maka jendela kecil akan muncul. Ketikkan pada kolom berketerangan open tersebut dengan isian “dxdiag”tunggu beberapa saat maka secara otomatis jendela DirectX Diagnostic Tool akan muncul.

Bagian itu merupakan ringkasan detail yang memberikan berbagai penjelasan mengenai, system, display, sound dan input. Cara ini merupakan cara tercepat untuk mengetahui informasi detail mengenai seluk beluk yang ada di dalam computer atau laptop, mulai dari versi windows yang terinstal, hardware sound dan jenis camera, microphone serta berbagai hal lain yang menjadi representasi dari sebuah perangkat laptop.

Kegunaan Mengetahui Spesifikasi Laptop
Pengetahuan mendasar untuk mengetahui isi di dalam sebuah laptop memiliki berbagai kegunaan bagi pemiliknya, hal tersebut bisa dikategorikan dalam fungsi preventif dan antisipatif. Pegetahuan akan fungsi trackpad dan keyboard yang beragam juga sebaiknya diketahui, salah satunya sebagai cara screenshot di laptop dengan menggunakan keyboard.  Adapun fungsi untuk mengetahui spesifikasi laptop adalah sebagai berikut:

pexels.com

1. Fungsi Preventif

Kita sebaiknya harus tahu terhadap isi sesungguhnya dari laptop yang setiap hari kita gunakan, hal ini berfungsi sebagai langkah preventif kita terhadap resiko yang mungkin saja akan terjadi. Fungsi preventif pertama adalah pada aktifitas jual beli yang mengandung unsure kejahatan, mungkin saja ini bisa terjadi pada masyarakat awam yang sama sekali tidakmengerti seluk beluk computer atau laptop.

Hal ini sangat mungkin terjadi pada aktifitas jual beli online atau barang bekas, ketika kita tidak tahu cara mengecek spesifikasi sebuah laptop bisa jadi apa yang ada didalamnya tidak sesuai dengan apa yang disampaikan penjual. Artinya bukan laptop bekas berkualitas yang didapat akan tetapi malah barang bekas yang jelek dan sama sekali tidak sesuai dengan spesifikasi barang di awal penjelasan.

2. Fungsi Antisipatif

Fungsi antisipatif lebih cenderung pada aktifitas penggunaan laptop. Apabila kita tidak mengetahui spesifikasi yang ada didalamnya dan kita dengan sesuka hati menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak sesuai dengan kapasitas laptop, maka resiko besar akan kerusakan perangkat sudah menunggu pada bagian akhirnya. Hal buruk yang tentunya tidak diinginkan oleh semua pengguna dan pemilik laptop.

Tentunya kita tidak pernah meragukan keoriginalitasan suatu produk yang dijual pada gerai resmi, namun tidak ada salahnya juga apabila kita melakukan pengecekan pada barang yang kita beli. Apabila laptop ingin kita beli terdapat beberapa spesifikasi yang tidak sesuai pada saat dicek di gerainya, maka pihak penjual juga tidak akan keberatan untuk langsung mengganti barang yang sesuai. Alasan inilah mengapa sebaiknya kita mengetahui spesifikasi sebuah laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *