Manfaat Memperdengarkan Alquran Pada Anak Sejak Dalam Kandungan

Untuk Mom’s penting untuk mengetahui bahwa jabang bayi yang masih berada dalam kandungan bisa mendengar lho. Umumnya janin bisa mendengar saat minggu ke 8 kemampuan mendengarnya akan semakin sempurna pada minggu ke 24. Saat moment tersebut anda jangan sampai melewatkan kesempatan emas untuk mengenal sang Kuasa. Anda bisa memperdengarkan Alquran pada anak sejak dalam kandungan dan ternyata banyak manfaatnya. Simak Ulasannya.

Manfaat Mendengarkan Murrotal Quran Pada Jabang Bayi

Mungkin sekilas kita berpikir bagaimana ia bisa mendengar saat berada di dalam perut yang gelap dan rapat. Ternyata si kecil bisa mendengat melalui air ketuban Moms. Air ketuban inilah yang menjadi media mendengar semua hal disekelilingnya. Melalui plasenta bayi akan mulai mendengar semua suara. Jabang bayi bisa mendengarkan usus dan jantung Moms pada minggu ke 25. Untuk itu mendengarkan ayat Alquran akan memberi banyak manfaat.

  1. Ayat Al quran Mampu Menstimulasi Tumbuh Kembang Janin

Tidak hanya akan membuat anak mengenal Sang Pencipta dari masih dikandungan, memperdengarkan Alquran akan menstimulasi jabang bayi yang nantinya akan berpengaruh pada tumbuh kembang ketika lahir nanti. Apalagi saat usia janin menginjak 100 hari, sel otaknya akan berkembang sangat pesan. Sehingga sangat penting untuk merangsang sel otak dengan memperdengarkan Alquran pada anak sejak dalam kandungan.

  1. Mencerdaskan Calon Bayi

Siapa yang tidak menginginkan memiliki putra putri yang memiliki otak cerdas? Tentu saja semua orang tua mengharapkan hal ini. Ternyata untuk mencerdaskan buah hati bisa dilakukan dengan menstimulasi sejak masih dalam kandungan. Apalagi fakta jika bayi mampu mendengarkan semua suara di sekitarnya. Sehingga dengan anda download Al quran per juz dan kemudian memperdengarkan pada jabang bayi akan membuatnya cerdas.

Hasil penelitian menunjukkan jika perkembangan sel otak pada janin yang selalu diperdengarkan lantunan ayat suci Quran hasilnya sangat optimal. Hal ini nantinya bisa membuat harapan untuk memiliki putra yang cerdas bisa terwujud. Karena hasil perkembangan sel otaknya maksimal sehingga akan membuat anak cerdas. Al quran adalah obat sehingga banyak yang percaya dengan hal ini.

  1. Bacaan Alquran Dapat Menenangkan Janin

Sesaat dalam mas kehamilan seorang ibu biasanya akan mengalami moodswing. Bahkan tidak bisa mengontrol emosinya sendiri. Dengan memperdengarkan Alquran pada anak sejak dalam kandungan akan membuat sang ibu lebih tenang begitu juga dengan sang bayi. Emosi yang tak terkontrol juga bisa mempengaruhi jabang bayi alam tumbuh kembangnya. Karena syaraf pendengaran dan emosi akan tumbuh pertama saat janin berada dalam kandungan.

  1. Janin Akan Tersuplly Hormon Bahagia

Ketika mendengarkan ayat Al quran akan membuat ibu menjadi lebih tenang. Jika sang ibu mengalami emosi yang tenang akan meningkatkan hormon serotinim meningkat. Hormon ini tidak hanya baik untuk sang ibu, namun juga berdampak baik untuk kondisi janin. Hormon yang memicu rasa bahagia akan masuk ke dalam darah dan akan menuju ke kandungan. Hormon bahagia tersebut adalah oksitosin dan juga endorfin.

  1. Terapi Pskologi Untuk Saraf Anak dan Ibu

Lantunan ayat suci yang sering didengarkan kan membuat jiwa menjadi relaks. Hal ini tentu saja akan baik untuk kondisi janin dan juga ibu. Perkembangan bayi menjadi semakin baik dan sang ibu bisa terus sehat dan tenang secara mental. Tak hanya itu mendengarkan lantunan ayat suci juga akan meregangkan syaraf otak yang mana bisa menghilangkan kegelisahan. Ibu mana yang tidak gelisah ketika akan melahirkan.

Tak hanya perasaan gelisah, rasa takut juga pasti dirasakan. Dengan memperdengarkan Alquran pada anak sejak dalam kandungan, tak hanya berguna untuk sang bayi namun juga untuk sang ibu yang tak menjadi takut dan gelisah. Sebab, akan semakin sadar jika tempat untuk berpasrah adalah Allah semata. Tak ada salahnya untuk sering melakukan terapi pada saat buah hati masih dalam usia kecil hingga akan menjelang hari kelahiran.

  1. Stimulasi yang Sempurna Untuk Janin dan Ibu

Selain akan membuat ketenangan pada sang ibu ternyata bacaan ayat Al quran juga menjadi stimulasi yang paling sempurna.  Bahkan lebih baik jika dibandingkan musik jazz yang juga populer didengarkan oleh ibu hamil. Lebih tepatnya dilakukan oleh ibu hamil seperti Inggris dan Eropa. Apalagi jika Moms memilih lantunan dengan suara yang paling merdu dan favorit. Pasti akan membuat ibu dan jabang bayi menjadi lebih tenang dan rileks.

Tidak hanya itu, lantunan Al quran  yang indah juga akan membuat konsentrasi serta kreativitas sang bayi menjadi terlatih. Ketika sang buah hati lahir nanti akan lebih mudah untuk mengarahkan kepada hal yang positif. Konsentrasi yang baik juga akan membantunya dalam belajar berbagai hal nantinya. Untuk itulah banyak yang mengunakan metode memperdengarkan Alquran pada anak sejak dalam kandungan ini.

Tentunya setelah mengetahui manfaatnya anda tidak ingin melewatkan masa emas perkembangannya. Tak hanya mendengarkan melalui mp3 yang anda download Al quran per juz, anda juga bisa langsung membacakannya sendiri. Beberapa surat seperti surat Maryam dan surat Yusuf dipercaya akan membuat sang buah hati memiliki paras yang menawan. Dan telah banyak dilakukan oleh para keluarga muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *