Manfaat Kunyit Asam

pixabay.com

Kunyit asam terbuat dari bahan alami atau rempah-rempah yaitu asam Jawa dan kunyit  yang banyak manfaatnya mulai dari menjaga kebuguran tubuh dalam menjalankan berbagai aktivitas. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan curcumin di dalamnya sehingga dapat mengatur kerja organ tubuh menjadi lebih maksimal. Bahkan, manfaat jamu kunyit asam juga dapat mengatasi berbagai penyakit berbahaya.

 

Manfaat Kunyit Asam Untuk Kesehatan

Ketahui manfaat kunyit asam untuk kesehatan, yuk cari ketahui informasi lebih detailnya di bawah ini.

 

  1. Mengatur Gula Darah

Manfaat kunyit asam untuk kesehatan yang pertama yaitu mampu mengatur gula darah dalam tubuh sehingga cocok untuk kalian yang mendetita diabetes. Oleh karena itu, bagi kalian yang menderita kadar gula tinggi. Tentunya, kadar gula yang tinggi memang dapat membahayakan organ tubuh yang lainnya.

 

  1. Mencegah risiko kanker

Kalian juga dapat mengkonsumsi jamu kunyit asam yang mengandung kurkumin yang memiliki khasiat untuk mencegah resiko kanker. Tak hanya itu kunyit asam juga memilki kandungan anti peradangan dan antioksidan yang mampu mengurangi resiko sel tubuh agar dapat  mengatasi kerusakan dari sel kanker.

 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selanjutnya, manfaat kurkumin juga dapat meningkatkan daya tubuh yang kuat karena mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat menjaga kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Tak hanya itu  kunyit asam juga mempunyai kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti peradangan yang membuat kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

 

  1. Menekan risiko komplikasi jantung

Ketahui juga manfaat kunyit asam juga dapat menekan risiko komplikasi jantung karena memiliki zat antioksidan dan anti peradangan yang bermanfaat untuk mengatasi sakit jantung apabila mengkonsumsi minimal 4 gram curcumin setiap harinya, bahkan bisa menekankan resiko komplikasinya sampai dengan 17%.

 

  1. Meningkatkan fungsi otak

Ternyata jamu kunyit asam juga sangatlah berfungsi dalam mengatasi permasalahan depresi dan Alzheimer karena kandungan kurkuminnya yang akan meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) untuk meningkatkan fungsi otak sehingga cukup rentan terkena penyakit otaknya.

 

  1. Meredakan nyeri haid

Kalian juga dapat mengkonsumsi kunyit asam untuk meredakan rasa nyeri setiap bulannya. Nah, kandungan kurkuminnya dapat mengurangi produksi hormon pemicu peradangan dengan rasa nyeri yaitu prostaglandin yang akan berpengaruh pada sistem saraf dan otaknya yang dapat mengirimkan sinyal ke tubuh agar kontraksi dalam rahimnya bisa mereda sehingga rasa sakit nyeri haidnya menjadi berkurang.

 

Itulah penjelasan mengenai manfaat kunyit asam yang bagus untuk kesehatan tubuh sehingga recomended untuk dikonsumsi setiap harinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *