Tips Lulus Seleksi Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

pxhere.com

Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mulai gencar melakukan sosialisasi penerimaan siswa bari ikatan dinas Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP). Karena Poltekip merupakan salah satu sekolah ikatan dinas, tentunya biayanya ditanggung oleh negara. Setelah masa perkuliahan telah selesai, lulusan Politekim harus siap menjadi abdi negara atau menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tentunya mengenyam pendidikan di Poltekip merupakan kesempatan yang tidka boleh disia-siakan. Bagi para lulusan SMA yang ingin kuliah tanpa harus khawatir memberatkan orang tua karena biaya, Poltekip bisa menjadi salah satu solusinya. Poltekip tidak hanya menerima mahasiswa dari lulusan SMA saja, melainkan juga menerima mahasiswa dari pegawai Kemenkumham.

Sesuai dengan namanya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, kuliah di Poltekip tentunya akan memperdalam tentang ilmu pemasyarakatan. Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar sebagai mahasiswa Poltekip, ada beberapa seleksi yang harus Anda ikuti untuk menjadi taruna di Poltekip. Mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi pengamatan fisik dan keterampilan.

pxhere.com

Beberapa Seleksi untuk Menjadi Taruna Poltekip

Untuk bisa lolos menjadi taruna Politekip, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalaam mengikuti seleksi. Sebelum menjadi taruna Politekip, ada beberapa tahapan seleksi yang harus Anda lewati, di antaranya adalah seleksi administrasi, tes seleksi kompetensi dasar (SKD), tes kesehatan, tes kebugaran jasmani, tes psikologi dan wawancara serta tes pengamatan fisik dan keterampilan.

Tes administrasi mengharuskan Anda untuk menyiapkan beberapa dokumen penting, di antaranya adalah pas foto, surat keterangan mengikuti Ujian Nasional bagi pendaftar yang baru lulus SMA, akta kelahiran, surat lamaran dengan format yang telah disediakan dan bisa Anda download di website resmi Poltekip, Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah bagi pendaftar yang telah lulus tahun sebelumnya dan transkrip nilai raport.

Selain itu, dokumen penting lainnya yang perlu Anda siapkan adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan belum pernah menikah, tanda bukti yang bisa Anda dapatkan di portal 1 dan surat pernyataan yang bisa Anda download di website resmi Poltekip. Siapkan secara sungguh berkas pendaftaran Anda.

Jika berkas tidak lengkap akan berpengaruh pada lolos tidaknya Anda ke tahap selanjutnya. untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi http.//catar.kemenkumham.go.id. Setelah Anda dinyatakan lolos seleksi administrasi, tes selanjutnya adalah tes seleksi kemampuan dasar (SKD).

pxhere.com

Tes SKD terdiri dari 3 tipe, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Nilai ambang batas atau minimumdari masing-masing tes berbeda-beda, untuk TWK nilai ambang batasnya adalah 75, TIU nilai ambang batasnya adalah 80 dan TKP nilai ambang batasnya adalah 143.

Anda bisa mempelajari pengetahuan mengenai kenegaraan, misalnya tentang sejarah, Undang Undang Dasar, Pancasila, NKRI dan sebagainya. Tidak beda jauh dengan soal CPNS karena untuk seleksi SKD, soal-soalnua berasal dari Badan Kepegawain Negara (BKN) pusat. Untuk itu persiapkan diri Anda dengan mempelajarai segala hal tentang Indonesia.

Untuk materi TIU Anda dapat mempelajari soal matematika, seperti peluang, baris deret dan statistika. Tidak hanya itu, dalam TIU juga terdapat soal bahasa yang terkait dengan kemapuan verbal, seperti antonym, sinonim dan kemampuan bahasa. Sedangkan TKP merupakan tes tentang kepribadian Anda.

TKP merupakan tes untuk mengetahui kepribadian diri Anda. Dalam tes ini Anda disuguhkan dengan 5 jawaban dengan score 1-5. Tes SKD merupakan tes yang riskan, karena jika Anda tidak lolos satu tipe soal, maka Anda tidak dapat mengikuti seleksi selanjutnya. Pastikan Anda menyiapkan tes ini dengan sungguh-sungguh.

Setelah lolos tes SKD, maka calon taruna akan mengikuti tes kesehatan. Tes ini dilakukan oleh dokter yang profesional. Untuk mengikuti tes ini, sebaiknya calon taruna menghindari rokok, alcohol dan tetap menjaga pola hidup sehat. Setelah tes kesehatan dinyatakan lolos, maka calon taruna akan mengikuti tes kebugaran jasmani.

Tes kebugaran jasmani merupakan tes yang hampir sama dengan tes untuk menjadi TNI atau Polri. Namun di Politekip tidka ada tes renang. Sebaiknya Anda melakukan latihan sebelum melakukan tes ini. Dalam tes kebugaran jasmani ada beberapa jenis tesĀ  yang akan diujikan, diantaranya lari 12 menit, push up 1 menit, sit up 1 menit, pull up 1 menit, chining dan shuttle run.

pxhere.com

Tes selanjutnya adalah tes psikologi dan wawancara. Tes psikologi dalam seleksi ini lebih mengarah pada hitung-hitungan dan nalar yang hampir sama dengan tes masuk TNI atau Polri. Setelah itu akan ada tes wawancara. Tips untuk melewati tes wawancara adalah tetap relaxdan usahakan berbicara seperti biasanya dengan teman-teman Anda.

Meski demikian, tetap tunjukkan sifat tegas sebagai calon taruna. Tes terakhir adalah pengamatan fisik dan keterampilan. Dalam tes ini akan dilihat bakat yang unik dari calon taruna. Anda bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti bimbel Poltekip. Bagaiman, tertarik menjadi taruna Politekim?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *