Setelah Lulus Kuliah, lakukan tips ini sebelum masuk dunia kerja

stocksnap.io

Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah? mungkin pertanyaan ini sering muncul dibenak kamu. Mungkin kamu sudah menemukan jawabanya, yakni bekerja.

Tentu saja, setiap orang harus bekerja untuk mendapatkan penghasilan guna menunjang kehidupan dan mendapatkan karir gemilang kelak. Termasuk kamu yang baru lulus kuliah.

Lalu, karir atau pekerjaan apa yang cocok buat kamu yang  freshgraduate ? Memang, kompetisi kerja diluar sana sangat keras, apalagi bagi lulusan baru. Namun kamu tidak perlu cemas menghadapi situasi semacam ini.

Tips Setelah Lulus Kuliah Sebelum Masuk Dunia Kerja

Kamu juga tidak perlu buru buru untuk mendapatkan pekerjaan. Tips berikut ini mungkin berguna bagi kamu lulusan baru sebelum masuk dunia kerja.

1. Merenung

Hal yang perlu kamu lakukan setelah lulus kuliah, sebelum masuk dunia kerja adalah merenung. Renungkan beberapa hal. Seperti langkah kedepan apa yang harus dilakukan. Akan bekerja dimana nantinya, dan berapa gaji yang ingin didapatkan.

Kamu juga perlu mempelajari dirimu sendiri. Sejauh mana kemampuan yang kamu miliki saat ini untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok nantinya. Jika kamu sudah mengetahui potensi yang kamu miliki, asahlah sedari sekarang dan kelemahan kelemahan yang ada segera diperkuat. Ini sangat berguna untuk karirmu kedepan.

stocksnap.io

2. Melakukan Aksi

Setelah setidaknya kamu mengetahui berbagai hal tentang potensi yang kamu miliki, lakukanlah aksi untuk meningkatkan skill yang nantinya dibutuhkan dalam dunia kerja.

Misalnya, kamu lulusan jurnalistik dan ingin berkarir di industri media. Maka yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari semua hal mengenai semua hal tentang industri ini. Kamu bisa mengasah kemampuan menulis dengan mengikuti kursus kepenulisan, atau mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang nantinya akan kamu geluti itu.

3. Konsultasi dan diskusi

Mungkin kamu belum sepenuhnya yakin dan masih ada sedikit kebingungan mengenai langkah apa yang akan diambil setelah lulus kuliah.

Jika mengalami kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada seseorang yang kamu anggap bisa memberikan pandangan pandangan atau solusi. Ini bisa teman kamu, senior keluarga atau siapa saja.

Cobalah membuka diskusi dengan mereka. Siapa tahu ada pencerahan yang bisa kamu dapatkan. Hubungi alumni di kampus kamu, para senior yang sudah lebih dulu bekerja mungkin punya pengalaman berguna yang bisa kamu pelajari untuk menentukan pilihan karirmu. Siapa tahu juga mereka bisa membantumu mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk kamu. Jadi, bukalah diskusi karena hal ini bisa sangat membantu kamu.

4. Mempelajari Hal Baru

Selagi belum terjun didunia kerja atau belum mendapatkan pekerjaan yang cocok. Cobalah memanfaatkan waktu luangmu untuk mempelajari hal hal baru diluar keterampilan yang kamu miliki.

Ini memang butuh semangat tinggi karena biasanya setelah lulus kamu perlu istirahat sejenak setelah bergelut sekian tahun untuk belajar dikampus.

Namun dengan mempelajari hal hal baru, kamu akan menemukan keseruan juga akan menambah kemampuanmu dibidang berbeda. Makin banyak kemampuan yang kamu miliki, makin mudah nantinya mendapatkan pekerjaan yang cocok. Karena saat ini, perusahaan tidak hanya melihat gelar dan ijazah, sebagai syarat diterimanya pelamar kerja. Perusahaan juga mensyaratkan hal lain seperti skill lain yang dimiliki pelamar kerja. Makin banyak skill yang kamu kuasai, peluang kerja makin terbuka.

stocksnap.io

5. Magang

Langkah penting lain sebelum kamu terjun didunia kerja, adalah magang. Ini bisa dimana saja. Bisa magang diperusahaan, atau ditempat yang sekiranya bisa membuat kamu bisa belajar lebih.

Ditempat magang, kamu akan belajar banyak. Menyerap berbagai ilmu dan pengetahuan baru, juga mempelajari pengetahuan praktik kerja secara langsung. Praktik langsung jelas lebih baik, ketimbang hanya secara teori. Dengan magang, kamu berarti sedang menyiapkan diri untuk siap bekerja di dunia kerja yang sungguhan.

6. Memperluas Koneksi

Banyak teman banyak rejeki. Tentu saja, prinsip ini juga berlaku bagi lulusan kuliah baru. Memiliki banyak teman akan menguntungkan kamu untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Dari sekian banyak temanmu pasti memiliki informasi berguna untuk menunjang karirmu dimasa depan. Dengan banyak koneksi juga akan membuat kamu lebih bahagia karena bisa berbagi informasi baik seputar pekerjaan maupun berbagi cerita kehidupan pribadi.

7. Mencoba hal lain

Tips lain sebelum terjun di dunia kerja bagi lulusan baru, adalah mencoba berbagai hal lain yang bisa menambah pengalaman, pengetahuan dan membuat gembira. Kamu bisa liburan sejenak ke tempat baru untuk menenangkan diri dan mendapatkan inspirasi baru.

Dengan liburan, kamu akan mendapatkan spirit dan inspirasi baru yang bisa mendongkrak semangatmu untuk memulai terjun dalam dunia kerja.

8. Menyiapkan berbagai hal

Setelah berbagai tips sudah kamu lakukan, kini kamu harus menyiapkan berbagai hal sebeluk terjun ke dunia kerja. Misalnya menyiapkan dokumen kerja.

Dokumen ini sangat penting untuk mengajukan lamaran kerja nantinya. Maka pastikan kamu harus menyiapkanya sebaik mungkin.

Mulailah membuat CV atau daftar riwayat hidup, kumpulkan sertipikat keahlian yang kamu miliki, pas foto, dan dokumen kerja lain  serapih dan selengkap mungkin. Ini sangat penting agar nantinya begitu kamu mendapatkan informasi pekerjaan yang cocok, kamu bisa segera mengajukan lamaran karena dokumen kamu sudah lengkap.

stocksnap.io

9. Mulai Melamar Pekerjaan

Kini tiba saatnya kamu mencoba yang ditunggu tungu yakni melamar kerja. Cobalah cari referensi pekerjaan diberbagai tempat. Bisa lewat situs pencari kerja di internet, jobfire, atau bisa juga hubungi koneksimu.

Pilih yang sesuai keinginanmu. Tentu saja dibarengi dengan kualifikasi yang kamu miliki. Namun kadang kadang ini tidak berlaku. Ada banyak pekerjaan yang malah bisa kamu ambil diluar kualifikasi yang kamu miliki. Jika.memang tertarik, kamu bisa mencobanya selagi bisa.

Sebelum melamar, jangan lupa bawa dokumen lamaran kerja yang sudah kamu siapkan dan sebelum membuat lamaran pekerjaan wajib melihat contoh surat lamaran kerja untuk dijadikan sebagai referensi. Persiapkan juga dirimu untuk menghadapi berbagai tes seperti tes tertulis, psikologi maupun tes wawancara yang biasanya diberlakukan.

Nah itulah tips sebelum memasuki dunia kerja bagi yang baru lulus kuliah. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *