Ciri-Ciri dan Manfaat Kurma Ajwa

pexels.com

Kurma memiliki banyak sekali jenisnya, salah satu yang paling terkenal adalah kurma ajwa atau kurma nabi. Nama kurma nabi ini sendiri karena memang Rasulallah merekomendasikan kurma jenis ini kepada para kaum muslim maupun sahabat nabi, sesuai dengan sabda yang berbunyi “ Barang siapa yang mengonsumsi 7 buah kurma ajwa pada pagi hari, maka di hari tersebut dia akan terhindar dari racun maupun sihir “ ( Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim )

Kurma ajwa atau kurma favorit nabi ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan lezat, sehingga banyak sekali umat muslim diseluruh dunia yang juga menyukai jenis kurma tersebut. Ketika memasuki bulan Ramadhan, buah kurma menjadi makanan yang selalu ada untuk menemani menu berbuka.

Banyak sekali kandungan zat yang ada dalam buah kurma ajwa ini, sehingga selain mengenyangkan untuk menu berbuka tentunya membuat tubuh orang yang mengonsumsi buah kurma ini menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selama ribuan tahun bangsa Timur Tengah menjadikan buah kurma menjadi makanan pokok, karena buah ini cocok untuk mendinginkan suhu tubuh pada kondisi cuaca yang panas. Pohon kurma sendiri juga sangat banyak kita jumpai tumbuh subur pada negara – negara di Timur Tengah, sehingga selain manfaatnya untuk tubuh juga cocok karena melimpah.

Ciri Kurma Ajwa

pexels.com

Setiap jenis kurma memiliki ciri khas pembedanya masing – masing, tidak ketinggalan juga pada kurma ajwa atau kurma nabi ini. Dengan ciri khas yang ada sehingga kita bisa membedakan dari buah kurma ajwa yang asli ataupun palus yang sering dijual di pasar swalayan.

Rasa Kurma Ajwa

Bagi sebagian orang yang tidak terlalu menyukai rasa manis pada buah kurma, pasti akan menyukai kurma jenis Ajwa ini. Buah kurma yang satu ini memiliki rasa manis yang sedang dan lezat, sehingga ketika memakan dalam jumlah banyak sekalipun tidak akan merasa mual. Selain itu buah kurma ajwa ini juga memiliki tekstur buah yang kering namun tetap lembut ketika dimakan.

Warna Kurma Ajwa

Buah kurma ajwa memiliki warna yang hitam pekat dengan beberapa garis kecil, selain itu buah kurma ini juga memiliki tekstur seperti kaligrafi pada bagian luar buah ini. Ukuran dari buah kurma ajwa atau kurma nabi ini relatif lebih kecil ketimbang jenis kurma yang lainnya, namun memiliki daging buah yang tebal.

Manfaat Kurma Ajwa

Banyak sekali kandungan yang ada pada buah kurma ini, bahkan Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi wassalam menjadikan buah ini sebagai menu berbuka puasa beliau. Setelah mengonsumsi kurma tersebut Rasulallah akan langsung melanjutkan ibadah shalat, hingga waktu isya dan baru memakan makanan berat.

Buah kurma ini memiliki kandungan yang dapat mengenyangkan dan menyegarkan tubuh, sehingga kita tidak akan merasa kelelahan walupun sudah perpuasa seharian penuh dan hanya mengonsumsi kurma sebagai menu berbuka puasa.

Selain itu kurma juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan kadar gula pada darah, berkat kandungan yang ada dilamannya. Rasa manis yang ada pada buah kurma tersebut merupakan kandungan zat gula alami yang baik untuk kesehatan, bahkan dapat mencegah penyakit diabetes yang disebabkan oleh kadar gula pada darah yang tinggi.

Kurma juga dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, yang mana dengan mengonsumsi buah kurma pada masa kehamilan akan memperlancar saat proses persalinan normal dan mencegah terjadinya pendarahan yang berlebih. Untuk ibu menyusi tentunya buah kurma baik untuk kelancaran ASI, yang mana ASI atau Air Susu Ibu ini merupakan asupan nutrisi yang paling baik untuk perkembangan bayi.

Organ pencernaan pada tubuh manusia memerlukan asupan serat dalam jumlah tertentu setiap harinya. Serat memang banyak dijumpai pada buah maupun sayur – sayuran, tidak ketinggalan juga pada buah kurma itu sendiri. Sehingga dengan banyak mengonsumsi kurma akan mengurangi penyakit pencernaan seperti sembelit.

Pada bidang kecantikan sendiri buah kurma ini kerap kali dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik. Dengan mengonsumsi kurma akan mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel kulit, selain itu kurma juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit sehingga kita akan terlihat lebih awet muda.

Harga Kurma Ajwa

pexels.com

Walaupun cenderung berukuran lebih kecil ketimbang jenis kurma yang lainnya, namun kurma ajwa ini sendiri memiliki harga yang cukup lumayan menguras kantung. Menjadi salah satu jenis kurma yang paling populer tentunya permintaan pasar dari kurma ajwa menjadi sangat tinggi, namun buah kurma sendiri memiliki masa panen yang tetap sehingga harga dari kurma ajwa ini menjadi lebih mahal.

Banyak sekali kurma ajwa yang dijual dibawah harga Rp.200.000/ Kg, namun anda perlu berhati – hati karena buah kurma ajwa atau kurma nabi yang asli memiliki harga diatas Rp.300.000/ Kg untuk ukuran sedang. Untuk kalian yang sedang mencari tempat jual kurma terpercaya, bisa langsung kunjungi pasarkurma.com.

Harga Kurma Ajwa Sedang

  • 160.000,- per 500 gram
  • 300.000,- per 1 Kg

Harga Kurma Ajwa Kualitas Super

  • 350.000,- per 1 Kg