Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan Sepeda Lipat

pixabay.com

Lagi-lagi karena perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih. Setelah hadir sepeda bertenaga listrik, kini tak mau kalah lagi bahwa sepeda telah berinovasi menjadi sepeda yang bisa dilipat atau biasa dikenal dengan istilah sepeda lipat.

 

Selain lebih ringkas karena pada bagian kerangkanya yang berengsel, sepeda lipat kiniĀ  hadir supaya bisa dimuat di dalam keandaraan umum sekalipun. Dengan begitu, sepeda lipat lebih mudah dibawa kemana-mana, berjajar dengan barang-barang bawaan lainnya.

 

Ada dua model mencakup kendaraan beroda dua yang bisa dilipat ini. Yakni kelompok pertama adalah sepeda lipat yang memiliki diameter ban 16 dan 20 inchi, biasa disebut ukuran standar dan sepeda lipat yang memiliki ukuran diameter ban 24 inchi.

Kelebihan Menggunakan Sepeda Lipat

Selain dikelompokkan berdasarkan ukuran bannya, sepeda lipat juga memiliki kelebihan, yaitu:

1. Lebih ringkas

Dikatakan lebih ringkas karena sepeda lipat merupakan salah satu kendaraan beroda dua yang bisa dilipat dan dimasukan ke dalam kendaraan serta bisa dengan mudah di bawa ke mana-mana selagi kita tidak berkeinginan untuk memakainya.

2. Hemat tempat

Ukurannya yang sedikit lebih kecil dari sepeda pada umumnya ini bisa menghemat tempat karena mampu dilipat dan disimpan di suatu tempat karena bisa menghemat ruang.

3. Lebih tahan lama dan tidak cepat rusak

Sebenarnya poin ketiga ini bisa dikatakan ada benarnya, namun di sisi lain juga bisa dikatakan sesuai penggunaannya. Jika sepeda lipat dirawat dengan baik dan digunakan secara hati-hati sesuai proporsinya, ia bisa tahan lebih lama dari sepeda pada umumnya.

Kelemahan Sepeda Lipat

Selain memiliki sisi keunggulan, sepeda lipat juga memiliki beberapa kelemahan yang kiranya bisa menjadi bahan pertimbangan buat kamu yang ingin membeli sepeda lipat ini. Di antaranya yakni:

  1. Sepeda lipat hanya dapat digunakan pada jalanan bermedan rata. Ya, jika digunakan pada medan menanjak seperti jalanan di pegunungan, sepeda lipat akan lebih cepat rusak atau mengalami rantai putus sehingga tidak bisa digunakan kembali.
  2. Karena tidak memiliki shock pada bagian depan, sepeda lipat sebaiknya tidak menginjak area berlubang dan menanjak.
  3. Komponen yang terdapat pada sepeda lipat merupakan komponen yang mudah berkarat jika terkena air. Maka dari itu dalam pencucian sepeda lipat sebaiknya disiram perlahan atau cukup dilap saja.

Nah! Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sepeda lipat. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli sepeda lipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *