KABUPATEN PINRANG

pickupimage.com

Kabupaten Pinrang termasuk salah satu Daerah Tingkat ke II bertempat di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Lokasinya berada 185 km jika dilalui dari Makassar arah utara yang memiliki perbatasan dengan sebuah Kabupaten Polawali Mandar yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

Tentang Kabupaten Pinrang

Luas wilayah yang dipamerkan sebesar 1.961,77 km2 yang telah menjadi ke 12 kecamatan, terdapat 68 desa dan juga 36 kelurahan dengan 86 lingkungan dan juga dusun sebanyak 189 buah.

GEOGRAFI

Memiliki penduduk sekitar 351.118 orang dengan banyaknya penduduk bisa mencapai 171 orang/km2. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat adalah bahasa Patinjo, bahasa daerah yang memang asli dari Kabupaten Pinrang, agama yang dianut oleh masyarakatnya juga rata-rata bermayoritas islam.

Kabupaten Pinrang berlokasi di kordinat antara 43°10’30”sampai dengan 30°19’13” pada bagian Lintang Utara dan 119°26’30” sampai dengan 119°47’20” pada bagian Bujur Timurnya. Menurut administrasi, Kabupaten Pinrang memiliki 12 Kecamatan, 65 desa, dan juga 39 kecamatan.

Kabupaten Pinrang juga memiliki dataran pasir pantai sekitar 93 km dengan begitu terdapat area waduk disepanjang jalan pantainya. Didaratan rendah mayoritas dikuasai oleh perbukitan, gunung, bahkan sawah.

WISATA

Berwisata adalah sebuah kegiatan refreshing untuk menyenangkan diri sendiri atau bersama orang yang disayang, dan juga bisa mengeksplor berbagai tempat yang baru.

Dikabupaten Pinrang ada banyak loh tempat wisata yang menarik untuk dieksplor, seperti halnya dengan Pantai Dewata Wakka, Kabupaten Pinrang. Pertama anda datang ke pantai tersebut, anda langsung disuguhkan dengan pemandangan elok, air yang berwarna biru jernih, dan juga angin sepoy-sepoy dengan pohon yang bergoyang.

Disini juga disediakan fasilitas rumah berukuran kecil, dengan membayar 300ribu, sudah difasilitasi keranjang besar dengan berbagai ikan dengan banyak jenis.

Kemudian ada wisata Ujung Lero, Ujung Lero adalah sebuah daerah yang telah masuk ke Kabupaten Pinrang, berlokasi di Kecamatan Suppa tepatnya. Dengan menggunakan kendaraan melalui jalur laut, anda bisa mengunjungi wisata yang satu ini, perjalanan yang dilalui sekitar 15 menit jika berangkat dari kota Parepare. Ujung Lero juga dihuni oleh dua suku adat dengan keunikannya tersendiri yaitu Bugis dan Mandar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *