Jenis Jenis Majas yang Wajib Diketahui

isorepublic.com

Arti dari majas yaitu gaya bahasa yang biasanya digunakan untuk menyampaikan suatu pesan dengan menggunakan kata-kata kiasan. Penggunaan majas yang bagus dan benar bisa membuat pembaca atau pendengar ikut merasakan efek emosional. Majas ini ada beberapa jenis yang bisa diketahui. Di bawah ini ada beberapa jenis jenis majas dalam Bahasa Indonesia.

Majas Perbandingan

Untuk majas perbandingan memiliki arti yaitu gaya Bahasa yang cara penyampaiannya dengan membandingkan antara objek satu dengan objek yang lainnya. Cara membandingkannya bisa dengan mengganti, melebihkan atau menyamakan. Majas perbandingan ada beberapa jenis yakni:

  1. Majas Personifikasi
  2. Majas Metafora
  3. Majas Asosiasi
  4. Majas Hiperbola
  5. Majas Eufemisme
  6. Majas Metonimia
  7. Majas Simile
  8. Majas Alegori
  9. Majas Sinekdok
  10. Majas Simbolik

Majas Pertentangan

Majas pertentangan adalah jenis majas dengan menggunakan gaya Bahasa berupa kata kiasan yang maksudnya sangat bertentangan dengan yang sebenarnya. Majas pertentangan ini juga terdiri dari berbagai jenis yaitu:

  1. Majas Litotes
  2. Majas Paradoks
  3. Majas Antitesis
  4. Majas Kontradiksi Interminis

Majas Sindiran

Majas sindiran merupakan jenis majas dengan menggunakan gaya Bahasa berupa kata sindiran. Jenis dari majas sindiran meliputi:

  1. Majas Ironi
  2. Majas Sinisme
  3. Majas Sarkasme

Majas Penegasan

Majas penegasan merupakan jenis majas dengan menggunakan gaya Bahasa berupa kata penegasan agar pendengar atau pembaca mengikuti apa yang disampaikan. Majas jenis ini meliputi:

  1. Majas Pleonasme
  2. Majas Repetisi
  3. Majas Retorika
  4. Majas Klimaks
  5. Majas Antiklimaks
  6. Majas Pararelisme
  7. Majas Tautologi

Jenis jenis majas memang banyak sekali jenisnya. Anda bisa menggunakan jenis jenis majas di atas sesuai dengan maksud dan tujuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *