Jenis dan Perkembangan Tanaman Cabai

Pada mulanya cabai merupakan tanaman yang bukan asli berasal dari Indonesia karena menurut penelitian, cabai merupakan tanaman asli dari amerika selatan tepatnya di peru dan meksiko. Pada ribuan tahun lalu, christoper Columbus membawa tanaman cabai dari benua amerika ke eropa dan kemudian oleh bangsa eropa pada masa penjajahan membawa tanaman cabai ini ke berbagai wilayah jajahannya seperti sebagian besar asia sehingga hampir semua Negara jajahan saat itu memiliki pohon cabai termasuk di Negara kita sendiri di Indonesia. karena rasanya yang pedas dan gurih jika dijadikan bumbu maka cabai dijadikan campuran bumbu masakan yang bahkan hingga sampai sekarang ini.

Jenis tanaman cabai

Tanaman cabai merupakan tanaman yang masuk kedalam kelas tanaman perdu yang masuk ke dalam family solanaceae yang di perkirakan memiliki 20 jenis yang tersebar di seluruh dunia, namun yang paling terkenal dan paling banyak di konsumsi oleh masyarakat di dunia adalah jenis cabai rawit dan jenis cabe besar. Kedua jenis tanaman cabai ini menjadi komoditas tanaman cabai yang tak bisa di pisahkan dari masyarakat di dunia sekarang ini.

Perkembangan tanaman cabai

Setelah ditemukan di peru, kemudian penjelajah christoper Columbus membawanya ke benua eropa dan di eropa pohon cabai di perjual belikan untuk perdagangan internasional. Di samping di perdagangkan, tanaman cabai juga di bawa oleh penjajah ke Negara jajahannya untuk di tanam di Negara jajahan untuk kemudian hasil panennya di jual untuk kepentingan si Negara penjajah tersebut.

Tanaman Cabai saat ini

Saat ini, dengan semakin berkermbangnya teknologi dan pengetahuan manusia maka tanaman cabai sudah di budidayakan dengan bagus dan di rawat dengan semaksimal mungkin sehingga menghasilkan cabai dengan kualitas terbaik dengan berbagai varietas yang bervariasi sehingga memberikan banyak pilihan kepada konsumen.

Itulah beberapa hal mengenai tanaman cabai, mungkin dari sebagian dari kita banyak yang belum mengetahui sejarah dan asal usul tanaman cabai padahal hampir setiap hari kita memakan cabai. Selamat membaca semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *