Inilah Manfaat Terong Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Pixabay.com

Siapa yang tidak kenal terong? Siapapun pasti mengenalnya. Kita biasa mendapati buah ini dalam menu masakan nusantara. Entah itu dibuat sayur lodeh, balado, sambal penyet, serta resep lezat lainnya. Nah, orang umumnya mengenal terong berbentuk lonjong dengan ciri khas warna ungu. Namun sebenarnya terong itu banyak macamnya, ada yang berwarna hijau, hitam, merah. Dari sekian jenis itu yang termahsyur warna ungu. Meskipun terlihat sederhana ternyata terong penuh manfaat. Kalau dianalisa terong mentah 80 gram saja mempunyai banyak nutrisi. Contohnya saja kalori, protein, karbohidrat, serat, asam folat, kalium, vitamin C,K, zat besi, magnesium. Amazing sekali buah sederhana ini. Semua kandungan tersebut memberikan manfaat penting untuk tubuh pada masa kini dan mendatang.

Manfaat pertama adalah tingginya kemampuan terong untuk menangkal radikal bebas. Zat antioksidan pada terong mampu melindungi sel tubuh dari pengaruh buruk polutan, radiasi, zat berbahaya. Bahkan kadar kolesterol dapat ditekan seminimal mungkin. Sehingga manusia terhindar dari penyakit mematikan seperti kanker dan jantung. Khusus untuk anti kanker, dalam buah terong itu ternyata ada zat aktif bernama solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Zat ini mampu menangkal pertumbuhan sel abnormal sebagai calon kanker.

Manfaat kedua sebagai media penyembuh alami untuk diabetes. Serat yang dihasilkan terong sangat tinggi. Dengan begitu tingkat gula darah rendah. Ketika seseorang aktif konsumsi terong, kemampuan tubuh dalam menyerap gula dapat ditekan. Manfaat paling ajaib lainnya berupa peningkatan sekresi insulin dalam tubuh.

Manfaat ketiga ternyata buah ini baik untuk program diet. Kandungan kalori rendah serta kaya serat membuat terong menjadi menu wajib untuk menjalankan program diet. Kedua komposisi tersebut mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Tubuh indah dan ideal kini bukan lagi mimpi.

Supaya Anda dapat merasakan manfaat lebih dari kandungan terong. Maka cara pengolahannya harus tepat, yaitu dengan dipanggang. Cita rasa dari terong tidak akan hilang begitu saja saat dilakukan pemanggangan. Yang terpenting di sini jangan terlalu kering saja demi menjaga nutrisi. Mudah sekali bukan cara untuk sehat? Yuk segera dicoba dan rasakan manfaatnya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *