Mengupas Tuntas Ikan Arwana Super Red Yang Hampir Punah

unsplash.com

Tuhan mungkin memang sedang baik hati ketika menciptakan Indonesia. Negara ini memiliki banyak kekayaan alam yang luar biasa dengan pemandangannya yang menakjubkan. Indonesia juga menjadi negara yang memiliki banyak ikan arwana yang cantik dan unik. Salah satu jenis ikan arwana yang terpopuler adalah Ikan Arwana Super Red. Ikan dari Kalimantan Barat ini tak hanya indah namun juga hampir punah. Simak ulasannya berikut.

Mengenal Lebih Dekat Ikan Hias Yang Tinggal Di Sungai Kapuas

  1. Habitat Asli di Kalimantan Barat

Selain arwana super red, Indonesia juga masih memiliki jenis lain seperti arwana golden yang banyak ditemukan di Sumatra. Irian Jaya juga memiliki jenis ikan arwana yang tak kalah unik. Namun dari semua jenis tersebut ikan silok merah begitu nama yang diberikan oleh warga sekitar menjadi yang paling diminati. Sayangnya, menurut data dari International Union for Conservation of Nature, bahwa arwana super red terancam punah.

Ikan jenis ini banyak ditemui di habitat aslinya yakni di Kapuas Hulu, Sungai Kapuas hingga danau danau seperti Danau Lindung Desa Empangau dan Danau Merebung Desa Melembah. Meskipun banyak hidup di daerah tersebut, namun saat ikan ini cukup susah ditangkap sehingga memiliki harga yang mahal. Apalagi menurut kepercayaan, Tionghoa ikan ini memiliki lambang kemakmuran dan di Kalbar termasuk banyak suku Tionghoa yang tinggal.

unsplash.com
  1. Ciri Ciri Fisik

Dilansir dari salah satu Kelompok Masyarakat Pengawas, ikan arwana super red memiliki ciri fisik yang berwarna merah dengan sisiknya yang tebal. Dibandingkan arwana Brazil ikan ini memiliki kepala yang bulat dan besar. Sehingga anda mungkin tidak akan kesulitan membedakan ciri fisiknya karena bisa terlihat jelas. Tidak hanya itu, ikan unik satu ini juga memiliki gerakan anggun bekelok kelok yang membuatnya nampak menawan.

Ciri ciri fisiknya yang menawan tentu saja membuat ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Para pecinta ikan hias diseluruh dunia bahkan memburu ikan ini untuk dijadikan koleksi. Keindahan dari segi warna, ekornya yang tergerai, hingga mata bulat dengan mulut yang berkumis tentu saja berhasil membuat pecintanya jatuh hati. Fisiknya yang semakin indah akan membuat harganya juga berlipat lipat.

  1. Pembiakan

Ikan arwana super red tidak hanya memiliki nilai ekonomis dari fisiknya saja, bahkan telurnya juga bisa dijadikan rupiah. Saat ini banyak masyarakat sekitar danau habitat asli yang membudidayakannya. Namun pembiakan ikan eksotis satu ini tidak bisa dipastikan. Ada kalanya dalam 6 bulan sudah beranak kadang juga membutuhkan bertahun tahun untuk mengembakbiakkan. Sehingga dibutuhkan ketelatetan tinggi jika ingin budidaya ikan ini.

Pada dasarnya reproduksi arwana super red sama saja dengan lainnya, pejantan dan betina haruslah melangsungkan perkawinan hingga bertelur. Arwana super red jantan yang kan mengerami telur dengan dimasukkan ke dalam mulutnya. Selama masa pengeraman yang membutuhkan 55 hingga 60 hari pejantan tidak akan makan hingga anak anaknya lahir. Tugas betina saat itu adalah menjaga wilayah mereka agar tidak diserang predator.

Para petani arwana yang sudah berpengalaman akan memanen anak arwana yang kala itu masih menempel pada embrionya. Untuk orang awam tidak bisa melakukan hal ini karena dibutuhkan keahlian khusus. Jika berhasil tentu saja bisa menyelamatkan kepunahan dan bisa segera menghasilkan rupiah. Hanya saja perlu di ingat bahwa ikan arwana super red tidak bisa ditebak kapan akan berkembangbiak.

unsplash.com
  1. Upaya Mencegah Kepunahan

Karena jumlah peminat yang selalu meningkat setiap tahunnya, membuat ikan cantik satu ini  terancam punah. Apalagi nilai ekonomisnya yang tinggi banyak tempat yang jual arwana super red satu ini bahkan hingga ke mancanegara. Hingga kini habitat asli Danau Lindung Empangau sudah ditetapkan menjani danau lindung sejak surat keputusan Bupati Kapuas Hulu No 6 tahun 2001 muncul.

Di dalam keputusan tersebut juga termasuk upaya perlindungan arwana dan kelestarian spesies ikan yang lainnya. Upaya untuk meminimalisor kepunahan ikan ini, saat ini masyarakat sudah melakukan pembudidayaan dalam bentuk empang atau akuairun. Konservasi tersebut bertujuan agar induk arwana sebagai genetis arwada super red tetap tersedia. Bahkan sudah ada komunitas serta asosiasi pedagang dan penangkar Arwana di Kalimantan Barat.

unsplash.com

Tidak hanya sebagai ladang bisnis yang bisa menjadi mata pencaharian, namun juga bisa dijadikan  daerah ekowisata karena banyaknya penangkaran ikan arwana super red ini. Upaya lain yang dilakukan yakni mewajibkan penangkaran untuk memberikan sumbangsih satu ekor ikan agar efek perkawinan satu induk diminimalkan. Masyarakat juga dibolehkan untuk mengambil anakan dengan ukuran kura dari 5 cm jika lebih maka akan dikenakan denda.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Kapuas Hulu tentunya harus diberikan dukungan agar ikan cantik ini tidak punah. Ikan yang memiliki harga hingga milyaran ini bahkan memenangkan lomba di China dan laku ratusan juta. Hal ini tentu saja menjadi penyemangat warga untuk terus membiakkan arwana super red. Menjaga alam dan habitat asli hewan bukankah sudah menjadi tugas kita bersama?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *