Fakta Menarik Tentang Rumput Raja Yang Perlu Anda Ketahui

Pixabay.com

Rumput raja yang memiliki nama latin Pennisetum Purpuhodies merupakan tanaman rumput yang didapatkan dari persilangan antara rumput gajah (Pennisetum Purpereum) dengan Pennisetum Typohodies. Rumput raja ini merupakan jenis rumput yang unggul dibandingkan dengan rumput gajah. Rumput raja mudahdi budidayakan dan memiliki peluang dan potensi produksi yang tinggi.

 

Ciri-Ciri Tanaman Rumput Raja

Karena bentuknya yang besar dibandingkan jenis rumput lainnya, maka Anda dengan mudah mengenali ciri rumput yang banyak ditemukan di tanah lapang. Nah berikut ini ciri-ciri dari tanaman rumput raja:

  • Tinggi batang mencapai 4 meter dengan tekstur tebal dan keras
  • Tumbuh merumpun serta memiliki akar serabut
  • Produksi yang tinggi, mencapai 40 ton rumput raja yang segar setiap hektar
  • Jika daun sudah tua, memiliki tekstur daun lebar dan panjang, serta memiliki tulang daun yang keras
  • Jika dipotong, maka rumput raja akan tumbuh kembali

 

Keunggulan Rumput Raja

Nah, bagi kebanyakan orang pasti belum tahu tentang keunggulan dari rumput raja bukan? Berikut keunggulan dari rumput raja:

  1. Produksi tinggi

Proses pembibitan sampai dengan masa pemanenan dari rumput raja yang tergolong lebih banyak diminati oleh kebanyakan orang. Karena saat pemanenan, produksi rumput bisa mencapai 40 ton setiap hektarnya. Untuk pemotongan rumput raja pertama kali dilakukan pada umur 2 sampai 3 bulan, dan selanjutnya pemotongan dapat dilakukan setiap 6 minggu sekali.

  1. Mudah dibudidayakan

Karakteristik rumput raja ini yang tahan terhadap cuaca, mengakibatkan banyak orang memilih rumput ini sebagai persediaan makanan ternak. Rumput ini tahan dalam kondisi hujan ataupun panas.

  1. Lebih disukai oleh ternak

Pemberian pakan hewan ternak merupakan hal yang harus diperhatikan supaya hewan ternak yang Anda pelihara dapat tumbuh dengan baik. Anda bisa memilih rumput raja karena memiliki kandungan gizi yang jauh lebih baik daripada rumput gajah.

 

Nah sekarang Anda sudah mengetahui fakta menarik dari rumput raja di atas bukan? Semoga penjelasan artikel ini dapat bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *