Fakta Menarik Dari Kuda Laut 

pexels.com

Kuda Laut adalah hewan yang mirip dengan kuda yang ada di daratan, dan bila kita senang melihat kartun maka kuda laut dijadikan kendaraan oleh dewa Poseidon. Memang sejak lama kuda laut konon merupakan hewan yang dikendarai oleh dewa Yunani kuno Poseidon yang terkenal sebagai dewa lautan.

Namun dibalik cerita dari yunani kuno ini ternyata kuda laut memiliki fakta – fakta unik yang belum banyak orang mengetahuinya. Beberapa fakta dari kuda laut yang mungkin belum kalian ketahui antara lain sebagai berikut :

Fakta Menarik Dari Kuda Laut

Salah satu jenis ikan namun bentuknya bukan ikan

Kuda laut ini memiliki bentuk fisik yang berbeda dari semua jenis ikan yang ada, di mana cara dari kuda laut ini berenang yang menggunakan sirip dan bernafas menggunakan insang membuat hewan ini masuk dalam jenis ikan.

Ukuran fisik yang kecil

Ukuran dari kuda laut ini hanya sebesar 1,5 cm dan yang paling besar hanya sepanjang 35 cm.

Berenang vertikal

Kuda laut memiliki cara berenang yang sangat unik, di mana ikan-ikan lain akan berenang secara horizontal namun berbeda dengan kuda laut, hewan ini berenang secara vertikal, mungkin karena bentuk tubuhnya inilah sehingga mereka hanya bisa berenang secara vertikal.

Perenang yang buruk

Selain berenang secara vertikal, ternyata kuda laut memiliki kecepatan berenang yang sangat lambat.

Hewan paling rakus di lautan

Kuda laut sering disebut hewan yang “tidak mempunyai perut” atau secara harafiah hewan ini bisa memakan makanan sebanyak mungkin lebih dari volume tubuhnya. Ternyata julukan ini memang cocok untuk kuda laut, ini dikarenakan proses pencernaan dari kuda laut yang berlangsung sangat cepat sehingga makanan yang masuk ke dalam perutnya hanya seperti lewat saja.

Jantan yang melahirkan

Berbeda dari jenis hewan lain di mana betinalah yang melahirkan, namun berbeda dengan kuda laut di mana yang melahirkan anaknya merupakan yang jantan bukan yang betina.

Terancam punah

Sejak adanya hasil penelitian yang mengumumkan bahwa kuda laut bisa dijadikan sebuah obat yang berkhasiat untuk stamina pria, sekarang banyak dari jenis kuda laut ini yang diburu untuk diambil dan dijadikan obat kuat, sehingga jumlah yang ada dialam sekarang menurun dengan sangat drastis.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik dari hewan kuda laut. Walaupun kuda laun memiliki manfaat bagi manusia namun tetap lestarikan dan jaga kelestariannya jangan sampai hewan lucu ini punah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *