Durian Bawor: Buah Lokal, Kualitas Jempolan

Sebagian masyarakat mungkin masih asing dengan durian ini. Durian Bawor yang juga dikenal dengan istilah Durian Bhinneka Bawor adalah salah satu jenis durian lokal yang diunggulkan. Durian yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ini memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Bahkan, namanya sudah harum sampai ke mancanegara.

Durian Bawor ditemukan oleh seorang petani lokal pembudidaya durian, bernama Sarno Ahmad Darsono. Kala itu, Sarno tengah berupaya untuk membuat varietas durian lokal unggulan. Sarno melakukannya dengan menggabungkan berbagai jenis durian unggul menggunakan teknik okulasi. Percobaan pancang ini tidak sia-sia, karena pada tahun 2000an, Sarno akhirnya mampu membuat varietas durian jenis baru.

Keunggulan Durian Bawor

Durian Bawor tidak hanya unggul pada buahnya saja, tetapi juga budidayanya. Durian jenis ini, kini termasuk jenis durian unggulan yang sangat layak di budidayakan. Ada beberapa keistimewaan yang menjadi keunggulan bagi Durian Bawor. Apa saja keunggulan durian Bawor jika dibandingkan dengan durian lainnya? Berikut ulasannya.

Pertama, cita rasanya yang manis legit dan sedikit ada sensasi pahit. Rasa pahit ini karena adanya kandungan alkohol pada buah. Kedua, jika dirasa-rasa, durian bawor lebih berlemak sehingga lebih nikmat disantap. Ketiga, ukurannya sangat besar. Jika durian montong memiliki berat 10 – 13 kg yang paling besar, durian bawor bisa mencapai 15 kg.

Keempat, daingnya tebal dan bertekstur lembut. Daging buah durian bawor yang tebal juga didukung oleh ukuran bijinya yang sangat kecil, sehingga semakin menambah kepuasan menyantap durian ini. Kelima, pohonnya begitu kokoh dan memiliki akar bakau. Meski memiliki pohon yang begitu kokoh dengan akar bakau, pohon durian bawor memiliki ukuran paling tinggi 2 – 3 meter.

Keenam, budidaya durian bawor tergolong mudah karena dapat tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian hanya sekitar 600 mdpl. Selain itu, pemeliharaannya pun cukup mudah dan tidak memakan biaya begitu banyak. Terakhir, masa panen buah durian bawor cenderung lebih cepat dan menghasilkan banyak buah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *