Dampak Negatif Media Sosial Dan Cara Mengatasinya

pexels.com

Kemajuan teknologi sekarang ini membuat internet menjadi salah satu hal yang tidaka bisa dipisahkan dari rutinitas sehari hari manusia. Karena dengan menggunakan layanan internet membuat setiap orang menjadi lebih mudah untuk mengakses informasi apapun. Penggunaan jaringan internet ini salah satunya yaitu adalah untuk digunakan mengakses media sosial.

Facebook menjadi salah satu media sosial yang banyak di akses oleh masyarakat. Media sosial sendiri merupakan sebuah sarana untuk berinteraksi dan berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain di dunia maya. Dengan menggunakan media sosial maka setiap orang bisa membagikan berbagai kegiatan baik itu dalam bentuk tulisan, foto, gambar, vidiio ataupun audio.

Dampak Negatif Media Sosial

Keberadaan media sosial seperti facebook tentunya akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Karena dengan adanya media sosial tersebut membuat setiap orang menjadi lebih mudah untuk terhubung. Tetapi perlu diketahui bahwa sekarang ini media sosial juga bisa mendatangkan dampak negatif apabila di salah gunakan atau dalam penggunaannya tidak dalam pengawasan orang tua.

Mungkin selama ini banyak orang yang berfikir bahwa dengan menggunakan media sosial maka kita bisa lebih mudah untuk mengakses berbagai informasi dan lebih mudah untuk bersosialisasi. Tetapi tahukah kamu bahwa ternyata apabila kita terlalu sering dan terlalu lama menggunakan media sosial maka akan membuat kita menjadi kecanduan media sosial dan akan menimbulkan berbagai dampak negatif.

pexels.com

Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang akan di timbulkan oleh penggunaan media sosial Hack FB secara berlebihan.

  1. Gangguan tidur

Mungkin selama ini banyak orang yang ketika hendak istirahat mereka mengakses media sosial terlebih dahulu dan hal tersebut merupakan sebuah hal yang lazim untuk dilakukan. Tetapi perlu diketahui bahwa untuk orang yang sudah kecanduan media sosial mereka tidak akan bisa terlepas dari akun akun sosmed nya. Dan mungkin saja mereka bisa menghabiskan waktu seharian untuk bermain sosial media.

Bagi mereka yang sudah kecanduan media sosial mereka tidak akan merasakan bahwa waktu begitu cepat berlalu. Bahkan ketika waktunya tidur mereka akan lebih memilih untuk bermain medsos. Tentunya hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan karena waktu istirahatan yang kurang dan pastinya akan berdampak buruk bagi pekerjaan, pelajaran atau yang lainnya.

  1. Rasa lelah dan sulit konsentrasi

Kurangnya waktu istirahat yang diakibatkan dari bermain media sosial membuat kualitas tidur seseorang menjadi terganggu. Efek samping yang akan ditimbulkan dari kurang tidur tersebut adalah adanya rasa lelah yang berlebih, seriing mengantuk, tubuh menjadi kurang fit dan secara tidak langsung akan mengurangi daya konsentrasi seseorang.

  1. Gangguan mata

Terlalu lama mengakses dan menghadap layar hp bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan mata. Apalagi bagi mereka yang sudah kecanduan media sosial biasanya mereka akan bermain sosial media di tempat yang gelap dan sambil tiduran. Hal tersebut bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mata.

  1. Kurang sosialisasi

Perlu diketahui bahwa memang benar bahwa keberadaan media sosial bisa “mendekatkan yang jauh”, tetapi kalian juga harus tahu bahwa keberadaan sosial juga bisa “menjauhkan yang dekat”. Orang orang yang sudah kecanduan media sosial tidak akan terlalu peduli dengan lingkungan sekitarnya dan hal tersebut sangat buruk bagi kehidupan sosial seseorang.

pexels.com

Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Setelah mengetahui berbagai damppak negatif dari media sosial tentunya sudah saatnya untuk kamu lebih berhati hati dalam menggunakan media sosial agar tidak kecanduan. Tetapi bagi orang orang yang sudah kecanduan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi ekcanduan media sosial.

  1. Pengawasan orang tua

Bagi orang tua yang memiliki anak sangat penting untuk selalu mengawasi penggunaan smartphone dan media sosial pada anak. Pastikan bahwa para orang tua membatasi waktu penggunaan smartphone dan media sosial pada anak. Dengan begitu anak anda akan terhindar dari bahaya kecanduan media sosial.

  1. Punya tekad untuk berubah

Bagi para pecandu media sosial langkah pertama yang harus dilakukan agar sembuh dari kecanduan media sosial adalah dengan memiliki tekad yang kuat. Tekad tersebut akan menjadi modal utama agar kamu bisa sembuh dari kecanduan media sosial yang dialami.

pexels.com
  1. Membatasi waktu

Ketika kamu sudah memiliki tekad yang kuat untuk sembuh dari kecanduan maka kamu harus membatasi penggunaan media sosial. Misalkan kamu hanya akan mengakses media sosial pada waktu pulanng kantor saja.

  1. Menyibukkan diri dengan kegiatan positif

Ketika kalian ingin sembuh dari kecanduan sosial media maka kamu bisa melupakan media sosial dengan melakukan berbagai kegiatan lain. Kalian bisa mengisi waktu luang dengan berolah raga. Atau kalian juga bisa melakukan hobi lain yang kalian sukai. Selain itu kalian juga bisa mengikuti berbagai komunitas yang memiliki kegiatan positif untuk mengurangi kecanduan media sosial.

  1. Menggunakan sosial media dengan bijak

Ketika kamu menggunakan sosial media pastikan bahwa kamu menggunakan media sosial tersebutt dengan bijak. Ketika mendapati sebuah postingan pastikan kalian berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Jangan memberikan komentar dengan seenaknya pada sebuah komentar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *