Daftar Susunan Acara Pernikahan yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menggelar Resepsi

Pernikahan adalah suatu ikrar yang suci dimana dua insan disatukan untuk hidup bersama dan saling melengkapi. Selain momen akad nikah, banyak juga calon pasangan pengantin yang menginginkan perayaan atau dikenal dengan resepsi pernikahan.

Salah satu faktor yang menentukan lancarnya sebuah acara pernikahan yaitu susunan acara. Serangkaian acara yang sistematis dan terjadwal yang dipandu oleh pembawa acara atau master of ceremonies (MC) dengan tujuan agar acara pernikahan berjalan menarik dan lancar, baik dari waktu dan isi acaranya. Nah bagi yang tidak ingin repot memikirkan segala printilan pernikahan, bisa dengan mengunakan jasa Wedding Organizer (WO). Tapi tidak ada salahnya juga apabila semuanya dikerjakan oleh pihak keluarga sendiri maka akan lebih berkesan, termasuk susunan acaranya.

Daftar Susunan Acara Pernikahan

Berikut ini adalah susunan acara pernikahan pada umumnya yang wajib diketahui sebelum menggelar resepsi pernikahan yang selarastenda.com rekomendasikan:

  1. Sesi Pembukaan

Susunan acara pernikahan secara garis besar dibagi menjadi 2 sesi yaitu akad nikah dan resepsi pernikahan. Pada sesi akad nikah biasanya panitia mencek keadaan lokasi sebelum acara dimulai. Panitia memastikan rombongan baik dari mempelai pria maupun wanita sudah berada di tempat dan siap sebelum acara dimulai.

Lalu keluarga mempelai wanita menyambut kedatangan rombongan keluarga besar mempelai pria.

  1. Pertama acara dibuka oleh MC. MC tersebut memberi sambutan kepada keluarga mempelai pria.
  2. Lalu sambutan balasan dari keluarga memprelai wanita kepada mempelai pria.
  3. Kemudian seserahan, yaitu proses serah terima secara simbolis oleh ibu dari memperelai pria yang menyerahkan seserahan kepada ibu dari mempelai wanita. Acara ini sebagai tanda bahwa kedua keluarga besar saling menerima mempelai pria maupun wanita. Acara tersebut bisa dengan serah terima mahar, pengalungan bunga, atau bisa juga berjabat tangan yang diwakilkan oleh perwakilan dari kedua belah pihak mempelai.
  1. Sesi Pelaksanaan Ijab Kabul

Sesi ijab kabul diawali dengan MC yang mempersilakan pembaca ayat Suci Al Qur’an melaksanakan tugasnya.

Kemudian mempelai wanita diarahkan menuju meja ijab kabul yang telah sewa tenda persapkan dan dipersilakan untuk duduk disebelah kiri mempelai pria.

Akan tetapi apabila melakukan acara pernikahan Islam syar’i maka ketika akad nikah berlangsungnya ijab kabul, mempelai wanita berada terpisah dengan mempelai pria (tidak berdampingan). Biasanya untuk mempelai wanita tersebut disediakan tempat tersendiri, misalnya ruangan khusus atau kamar.

Mempelai wanita tersebut menunggu hingga ijab selesai, lalu ia akan keluar dari tirai untuk menemui mempelai pria setelah sah menjadi suami istri.

  1. Acara khotbah nikah dan ijab kabul, Ketika semua pihak sudah siap yaitu syarat dan rukun nikahnya telah terpenuhi, lalu baru lah dilaksanakan ijab kabul yang dipimpin penghulu.
  2. Lalu acara penyerahan mahar serta pemasangan cincin. Selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahaan buku nikah dari penghulu kepada para mempelai.
  3. Kemudian, acara nasihat perkawinan, serta doa yang dipimpin penghulu.
  4. Berikutnya, sungkeman. Terlebih dahulu MC akan meminta orang tua dari kedua mempelai untuk duduk di tempat yang telah disediakan. Dan terakhir, foto bersama sebagai pertanda berakhirnya akhir dari serangkaian acara.
  5. Sesi Acara Resepsi Pernikahan

Setelah sesi akad nikah selesai maka selanjutnya dilanjutkan sesi resepsi pernikahan. Sesi ini biasanya dilakukan satu atau dua jam setelah akad nikah dilakukan, dengan pertimbangan jarak tempuh untuk mencapai resepsi pernikahan atau memberikan jeda waktu kepada penganti berganti pakaian terlebih dahulu.

Susunan acara resepsi itu sendiri bervariasi. Setiap tempat atau daerah memiliki ciri khasnya sendiri. Maka dari itu dapat diubah dan menyesuaikan dengan kondisi adat istiadat setempat.

  1. Yang pertama akan ada sambutan terlebih dahulu yang disampaikan perwakilan dari keluarga mempelai pria dan wanita.
  2. Lalu acara hiburan. Biasanya untuk hiburan telah dimulai terlebih dahulu 30 menit sebelum acara resepsi. Untuk acara hiburan ini fleksibel dapat diisi dengan berbagai macam hiburan tergantung keinginan dari kedua mempelai. Untuk pernikahan Islami, hiburan biasanya diisi dengan nasyid dan hiburan religi lainnya.
  3. Berikutnya, acara ramah tamah, hiburan, dan tentunya sesi foto bersama. Pada sesi ini waktunya yang paling lama sebab tamu undangan akan memberikan ucapan selamat dan berfoto bersama dengan pengantin sampai acara selesai.

Untuk susunan acara ini merupakan acara yang umum dilakukan untuk satu hari saja yaitu hari pelaksanaan saja. Apabila menambahkan acara adata, maka susunan acaranya akan berubah menyesuaikan dengan adat dan tradisi setempat yang biasa dilakukan seperti apa. Untuk susunan acara pernikahan yang menggunakan adat pernikahan, biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dan persiapan yang lebih matang.

Nah itu dia daftar susunan acara pernikahan secara garis besar. Semoga bermanfaat bagi kamu yang akan mengadakan acara pernikahan dan kebingungan harus mempersiapkan apa saja. semoga bermanfaat ya buat calon pengantin.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *