Inilah Ciri Ciri Poster Yang Bagus

unsplash.com

Tak dapat dipungkiri, poster merupakan salah satu alat paling efektif dalam mempromosikan sesuatu, asalkan dibuat dengan benar. Ya, jika didesain dengan apik, poster dapat menarik banyak orang untuk melihatnya. Banyak hal yang mesti diperhatikan seperti pemilihan warna, pemilihan font, pemilihan kata-kata, struktur poster, dan lainnya. Bagi mereka yang terbiasa dengan kegiatan advertising pasti sudah paham bahwa membuat poster yang bagus itu tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Selain mesti paham batasan-batasan dalam pembuatan poster, Anda ‘pun dituntut kreatif agar bisa menciptakan poster yang unik dan original.

Jadi seperti apa poster yang bagus itu? Nah berikut ini kami akan membahas secara gamblang ciri ciri poster yang bagus itu seperti apa. Jadi jika Anda merupakan seorang advertiser atau memang dituntut untuk membuat poster yang bagus, simak terus artikel ini hingga akhir ya!

unsplash.com

Tujuannya Mesti Jelas

Sebelum Anda membuat poster, pastikan Anda paham tujuan pembuatan poster itu untuk apa. Nah poster yang bagus bertujuan untuk menarik perhatian, menginformasikan sesuatu, meyakinkan audience, dan terkadang sedikit memprovokasi. Jika yang melihat poster merasa bahwa poster itu penting, maka ia akan mencari tahu lebih mendalam konten yang ada didalam lewat poster lewat teks dan gambar yang tertera.

Poster yang didesain dengan baik tak hanya membangunkan rasa penasaran dan intelektualitas saja, melainkan juga emosional. Ya, reaksi seseorang saat melihat poster pada umumnya ditentukan dari sisi emosional seperti ketertarikan dan kecenderungan. Jadi pada dasarnya setiap orang memiliki persepsi yang berbeda ketika melihat suatu poster. Namun pastikan poster didesain dengan baik agar bisa membangkitkan sisi emosional yang melihat.

Pemilihan Kata-kata

Sebelum Anda mendesain poster, ada baiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu konten atau informasi yang akan Anda masukan kedalam poster. Pastikan bahwa konten atau informasi mudah dipahami, mudah diingat, dan bersifat mengajak. Untuk poster, sebaiknya gunakan statement singkat dan jelas. Ya, jadi pastikan Anda mempersiapkan beberapa kata kunci yang merepresentasikan kegiatan promosi Anda. Nah jika Anda sudah mempersiapkan kata-kata yang paling tepat, maka Anda tinggal mengaplikasikannya didalam poster.

unsplash.com

Ukuran

Mungkin Anda menyangka bahwa poster berukuran besar itu lebih efektif untuk pemasaran. Faktanya tidak selalu seperti itu. Poster berukuran kecil dengan warna-warna cerah dan font yang jelas lebih mudah untuk dilihat dibanding poster berukuran besar dengan warna-warna gelap dan font yang kecil. Jadi pada dasarnya efektivitas poster tidak selalu ditentukan oleh ukuran. Namun untuk hasil yang lebih efektif, tentu poster berukuran besar memang lebih kami rekomendasikan. Lihat lebih lanjut di lsnconecall.

Warna Latar Belakang

Untuk latar belakang, sebaiknya Anda tidak menggunakan warna-warna gelap (kecuali jika temanya sesuai). Jadi sebaiknya Anda menggunakan warna-warna cerah seperti putih, hijau mudah, biru laut, dan lainnya. Jika Anda menggunakan latar belakang berwarna gelap, maka penting sekali untuk menggunakan kontras pada setiap elemen yang ada di atasnya. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan kontras yang terlalu banyak justru dapat membuat penampilan poster terlihat berlebihan. Jika Anda mau main aman saat make custom poster, ada baiknya Anda menggunakan warna cerah saja untuk latar belakang.

Ukuran Motif

Selain teks, salah satu elemen lain yang mesti dipikirkan saat membuat poster custom yaitu motif. Pastikan Anda memasukan motif yang menarik dengan ukuran yang pas. Selain itu, pastikan bahwa motif terlihat sedikit mencolok. Namun jangan sampai menduplikat motif yang lain, sebaiknya Anda membuat motif sendiri agar terlihat original dan unik.

unsplash.com

Judul yang Tepat

Tak dapat dipungkiri judul atau heading merupakan bagian paling penting dari poster. Judul ukurannya mesti paling besar dibanding teks-teks lainnya didalam poster. Selain itu gunakan warna yang cerah dan agak kontras agar judul dapat menjadi titik perhatian. Nah untuk kata-kata, sebaiknya gunakan kalimat penjelasan, pertanyaan, atau sesuatu yang menohok.

Cantumkan Informasi yang Jelas

Percuma saja Anda membuat poster dengan desain wah, namun tidak mencantumkan informasi yang jelas, misalnya tidak mencantumkan tempat diselenggarakannya acara. Jadi pastikan didalam poster tercantum informasi-informasi penti seperti ulasan produk, jadwal, hingga lokasi.

Nah itulah ciri ciri poster yang bagus, semoga dapat mempermudah Anda yang sedang membuat poster custom ya! Jika Anda mengaplikasikan beberapa poin di atas, maka tujuan dibuatnya poster jadi lebih mudah tercapai. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *