Cara Membuat Telur Asin Yang Mudah dan Praktis

Apakah pernah makan Telur asin? Siapa yang tidak tahu dengan makanan khas daerah Brebes ini? Tentu kebanyakan orang tahu, bukan? Selain mendapat julukan kota bawang, Brebes juga menjadi salah satu daerah penghasil telur asin. Telur asin itu sendiri merupakan telur yang verasal dari telur bebek namun telah melalui proses yang panjang sehingga disebut telur asin.

Metode Pembuatan Telur Asin

 

Nah! Untuk prises pembuatan telur asin itu sendiri sebenarnya ada dua cara. Yaitu:

  1. Direbus
  2. Dipanggang

Untuk pembahasan telur asin kali ini kita memakai metode pembuatan telur asin dengan cara direbus. Bagaimana, sih? Yuk simak penjelasan berikut!

Cara Membuat Telur Asin Yang Mudah dan Praktis

1. Siapkan alat dan bahan

Seperti biasa, sebelum melakukan suatu hal tentu yang pertama harus ada adalah alat dan bahannya. Dimana alat dan bahan itu meliputi: Dua buah baskom, batu bata yang telah dihancurkan dan dihaluskan secukupnya, abu gosok, garam kasar dengan perbandingan 1:1 (jika telur 100 maka garam kasar/kotaknya adalah 1 wadah), telur asin, dan air.

2. Siapkan adonan untuk melumuri telur asin

Adonan yang dimaksud adalah dengan menyiapkan serbuk batu bata. Campurkan serbuk batu bata itu dengan garam (1:1) yang telah dihaluskan lalu tambahkan air. Aduk hingga merata, hingga adonan terasa seperti bisa digunakan untuk menyelimuti telur. Jangan terlalu encer. Inga! Kadar kekentalan yang dimaksud adalah seperti adonan semen.

3. Lumuri telur dengan adonan

Langkah selanjutnya adalah melumuri telur bebek yang masih mentah dan sudah bersih dengan adonan batu bata tadi. Pastikan seluruh bagian telur tertutupi oleh adonan.

4. Lumuri dengan abu gosok

Setelah melumuri dengan adonan batu bata yang telah diasinkan, kita lumuri juga dengan abu gosok kering.

5. Simpan

Setelah itu simpan telur asin ke dalam sebuah wadah seperti kardus lalu tutup rapat selama 7-14 hari. Setelah 7-14 hari, telur baru boleh dilepas dari adonannya dan dicuci bersih dengan air kemudian direbus hingga matang. Telur asin rebus siap dihidangkan.

 

Bagaimana? Meski terbilang lumayan ribet, sejatinya mudah kok guys! Mau mencoba? Selamat mencoba dan semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *