Cara Membuat Surat Izin Sakit Untuk Siswa Sekolah Yang Baik dan Benar

pexels.com

Ketika sedang sakit dan tidak bisa masuk sekolah, surat izin sakit pasti akan dibutuhkan sebagai pemberitahuan kepada pihak sekolah. Walaupun jaman telah berkembang dan teknologi semakin canggih. Tapi penggunaan surat izin tertulis ini masih dipilih karena dianggap lebih sopan, formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu, surat izin ini sampai sekarang masih digunakan jika tidak bisa masuk sekolah.

Lalu bagaimana cara membuat surat izin karena sakit? Berikut cara pembuatan surat yang harus diperhatikan:

  1. Tujuan pengiriman surat, maksudnya yaitu untuk siapa surat tersebut ditujukan. Apakah kepada wali kelas atau kepala sekolah dengan penulisan menggunakan kata “Kepada” atau “Yth”.
  2. Alasan izin. Untuk surat izin karena sakit, Anda bisa melampirkan dengan surat keterangan sakit dari dokter atau alasan logis lainnya.
  3. Tempat dan tanggal pembuatan surat. Tulis dengan jelas tempat dan tanggal sesuai pengiriman atau hari itu juga.
  4. Alamat tujuan, misalnya sekolah, kantor dan lainnya.
  5. Salam pembuka, dapat menggunakan salam sesuai agama atau umum.
  6. Isi surat, berisi penjelasan tentang tujuan dan alasan dikirimnya surat tersebut. Tulis menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami.
  7. Salam penutup, biasanya berupa ucapan terima kasih dan salam sesuai agama.
  8. Nama pengirim, tulis dengan jelas di bagian bawah samping kanan.

Demikianlah cara-cara yang harus diperhatikan untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Surat izin ini bisa dibuat sendiri atau dibuatkan oleh orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *