Cara Membuat Donat Kentang Sendiri Dengan Mudah

pxhere.com

Donat kentang merupakan salah satu kreasi donat pada masa kini. Jika donat pada umumnya terbuta dari tepung terigu seutungnya, berbeda dengan donat kentang yang menggunakan kentang sebagai bahan bakunya meskipun masih ditambahkan sedikit tepung terigu agar membuat adonan kentang menjadi satu dan tidak lengket. Saat ini banyak sekali toko yang menjual donat kentang dengan kreasi topping yang menarik dan rasa yang enak juga. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri juga bisa dilakukan. Membuat donat kentang tidak memerlukan keahlian khusus untuk bisa membuat camilan tersebut. Semua orang juga bisa membuat donat kentang tersebut jika mengikuti resep dengan seksama. Berikut cara membuat donat kentang sendiri dengan mudah dan cepat.

Sebelum membuat donat kentang, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat adonan donat. Bahan-bahan tersebut antara lain 100 gram kentang rebus yang sudah dikupas, 200 gram tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, margarin, ragi instan, baking powder, 4 butir kuning telur, garam, dan air secukupnya. Jika anda ingin menggunakan topping sebagai kreasi donat kentang, anda bisa menggunakan coklat yang sudah dilelehkan, margarin atau dekorasi topping lainnya yang sesuai dengan selera anda. Untuk membuat donat kentang, berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti dengan mudah.

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat adonan donat kentang adalah campurkan semua bahan yang sudah disebutkan sebelumnya dengan takaran yang sesuai dan secukupnya. Dengan tangan kosong, aduk adonan atau yang biasa disebut dengan diuleni agar adonan tersebut menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. Selama proses mengaduk tersebut, banting dan pukul adonan donat kentang beberapa kali agar udara yang ada didalam adonan keluar dan donat dapat mengembang dengan sempurna nantinya. Setelah proses menguleni, simpan adonan donat dengan ditutupi kain bersih dan biarkan mengembang. Setelah adonan terkembang, buat lah donat menggunakan cetakan donat agar lebih mudah dan cepat setelahnya goreng adonan donat kedalam minyak panas dan tiriskan saat donat sudah berubah menjadi coklat. Selagi masih panas, dekorasi donat kentang agar dekorasi yang digunakan dapat menempel dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *