Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar

pixabay.com

Seringkali karena merasa telinga kotor, kita menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga bagian dalam. Padahal faktanya justru membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud akan justru membuat kotoran terdorong ke bagian lebih dalam. Sebenarnya, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar? Simak ulasan berikut ini.

Kotoran telinga muncul secara alami hasil dari kelenjar minyak yang ada di liang telinga dengan jumlah yang banyak. seiring dengan berjalannya waktu kelenjar minyak tersebut menjadi gumpalan lunak yang sebenarnya memiliki fungsi untuk melindungi telinga dan menyerap debu yang masuk ke telinga. Kegunaan lainnya adalah untuk menjaga agar air tidak masuk ke telinga bagian dalam serta untuk menghambat tumbuhnya kuman.

Semakin hari tentu gumpalan-gumpalan tersebut semakin membesar dan menimbulkan rasa nyeri telinga kita dan dapat menimbulkan gangguan pendengaran. Istilah medisnya disebut dengan serumen prop dan memang perlu dibersihkan jika sudah mengganggu pendengaran ataupun menimbulkan rasa nyeri. Akan tetapi ada metode khusus yang harus dilakukan supaya kotoran tersebut bisa dikeluarkan dan justru tidak masuk ke telinga lebih dalam.

Cara Membersihkan telinga dengan Cara yang Benar

Membersihkan telinga dengan cara yang benar harus dilakukan supaya tidak membuat seseorang mengalami penurunan pendengaran. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa hindari penggunaan cotton bud karena bisa mengakibatkan kotoran justru akan semakin sulit keluar karena masuk ke telinga bagian dalam. Selain itu menggunakan lilin juga menjadi cara yang tidak dicoba karena akan menimbulkan telinga terbakar dan saluran telinga akan tersumbat.

Jauh lebih baik jika menggunakan obat tetes telinga yang memang khusus digunakan untuk membersihkan telinga. Obat tetes ini akan melunakkan kotoran yang sudah keras dalam telinga sehingga akan mempermudah keluarnya kotoran dari dalam telinga. Obat tetes telinga ini mengandung hydrogen peroksida, gliserin maupun minyak bayi. Memang prosesnya memakan waktu yang cukup lama antara dua hingga tiga hari untuk melunakkan kotoran tersebut.

Cara lain anda bisa memiringkan kepala dan meneteskan air hangat ke saluran telinga yang ingin dibersihkan. Lalu miringkan kepala kearah berlawanan. Lakukan beberapa kali agar kotoran bisa segera berkurang . Alternatif lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengeluarkan kotoran telinga dengan menggunakan alat yang aman dan steril agar telinga tetap sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *