Perawatan Burung Anis Siberia yang Harus Anda Pahami

pickupimage.com

Dari beberapa jenis burung yang ada di Indonesia, burung anis Siberia yang kini banyak diburu. Bukan tanpa alasan. Sekarang ini, banyak orang yang hobi memelihara burung. Ada yang untuk pajangan di rumah. Ada juga yang suka ikut kontes.

Mungkin Anda juga tertarik untuk memiliki burung di rumah. Setidaknya, ketika ada kicauan burung setiap hari, rumah tidak sepi. Anda pun punya kegiatan menyenangkan merawat binatang piaraan di rumah.

Burung anis Siberia ini menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, pastikan Anda tidak salah pilih. Pasalnya, ada banyak sekali jenis burung anis. Ada burung anis merah, kembang, dan Siberia. Untuk itu, Anda perlu tahu ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Burung Anis Siberia

Sebenarnya, tidak sulit untuk mengenal burung anis Siberia ini. Lihat saja pada bentuknya yang tidak terlalu besar. Ukurannya hanya sekitar 23 cm saja. Namun, jangan tanya dengan kicaunya. Tubuhnya memang kecil. Tapi kicaunya membahana. Wajar jika ada perlombaan burung jenis ini.

Ciri selanjutnya ada pada warna. Ini yang membedakan antara yang jantan dengan yang betina. Pejantan memiliki bulu yang berwarna biru gelap. Ada alis yang berwarna putih. Sementara itu, yang betina memiliki bulu berwarna kecoklatan. Sama dengan pejantan. Ada warna putih di bagian alis.

Ada satu lagi letak perbedaan antara yang jantan dengan betina. Lihat saja pada bagian perut. Perut burung betina sedikit lebih gemuk dibandingkan perut pejantan. Kenapa? Karena di dalam bagian perut si betina, ada ovarium.

Kira-kira, mana yang akan Anda miliki? Sebaiknya miliki keduanya. Karena bisa jadi keduanya berpasangan. Jadi, biarkan mereka berkembangbiak dan Anda yang bakalan untung.

Hanya saja, Anda juga perlu tahu bagaimana cara merawat burung yang satu ini. Sebenarnya, cara perawatan yang dibutuhkan tidak begitu berbeda dengan burung pada umumnya. Hanya saja, Anda harus sedikit memberikan perhatian khusus untuk burung yang satu ini.

pickupimage.com

Perawatan Harian Burung Anis Siberia

Bagaimana cara merawat nisa Siberia? Berikut ini hal-hal sederhana yang perlu Anda lakukan.

  1. Memilih Makanan yang Tepat

Setiap burung punya makanan yang berbeda-beda. Meskipun hampir semuanya doyan voer. Untuk itu, voer harus ada. Voer seolah menjadi makanan utama nisa Siberia.

Apakah itu saja? Tidak. Bagaimanapun juga, burung harus mendapatkan makanan alami. Burung yang satu ini pecinta buah-buahan lho. Anda bisa siapkan buah yang murah dan mudah didapatkan. Apa itu? Buah pepaya. Ini jenis buah yang mudah dan murah, bukan?

Selain pepaya, Anda juga bisa berikan buah alternatif lain agar burung nisa Siberia milik Anda tidak bosan. Misalnya saja buah pisang kapok, apel, dan juga jeruk.

Untuk menambah stamina, cobalah untuk membeli kroto atau ulang hongkong. Jika Anda tidak tahu di mana membeli makanan burung seperti itu, Anda bisa bertanya kepada pecinta kicau mania. Mereka pasti tahu.

  1. Memandikan

Sama halnya dengan manusia. Burung tidak akan bersemangat jika tidak dimandikan. Sebaiknya, Anda mandikan burung nisa Siberia milik Anda di pagi hari.

Dengan memandikan burung, maka burung akan lebih segar. Selain itu, kuman yang mungkin menempel di tubuh juga bisa hilang. Ini yang paling penting. Karena terkadang ada burung yang tiba-tiba mati. Dan ternyata itu disebabkan kuman yang bersarang di sela-sela tubuhnya.

pixabay.com
  1. Penjemuran

Burung juga memerlukan vitamin D. Untuk itu, jemur burung milik Anda di pagi hari. Usahakan Anda menjemur setelah memandikannya, bukan sebaliknya.

Penjemuran sebaiknya dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Paling lama 1 jam. Sesuaikan saja dengan kondisi cuaca. Jika cuaca begitu panas, cukup 30 menit saja mulai jam 6 pagi. Namun, jika kondisinya sedang musim hujan, menjemur di pagi hari lebih lama itu jauh lebih baik. Ini penting agar burung tidak mudah kedinginan di saat musim hujan tiba.

  1. Menjaga Kebugaran

Ada burung nisa Siberia yang terlihat kecil dan tidak trengginas. Padahal, nisa Siberia dikenal sebagai burung yang kekar. Ini terkait dengan latihan yang dilakukan oleh pemilik burung.

Jika Anda ingin nisa Siberia Anda terlihat kekar dan bugar, jangan asal membuat sangar. Buatlah sangkar yang sedikit lebih besar. Bahkan, semakin besar, semakin bagus. Kemudian, buat tenggeran yang saling berjauhan. Ini akan membuat burung terbang atau meloncat lebih tinggi. Saat itulah otot-ototnya terbentuk.

Anggap saja sangar yang Anda buat itu seperti tempat gym nya burung nisa Siberia. Namun, alat gym yang digunakan adalah tenggeran yang jaraknya saling berjauhan.

  1. Melatih Suara Nisa Siberia

Ini hal yang sebenarnya mudah. Jika burung Anda masih kecil, gunakan saja masteran. Lalu, jika suaranya sudah mulai keluar dan terdengar bagus, gunakan masteran suara burung lain. Ini akan membuat suara nisa Siberia semakin keras dan merdu.

Mudah, bukan? Jika di rumah sudah ada burung nisa Siberia, sayang kalau Anda biarkan begitu saja. Karena Anda pemilik, Anda harus menjaga dan merawat dengan sebaik mungkin. Siapa tahu ada peminat dan Anda bisa jual dengan harga yang mahal. Lumayan, bukan?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *