Berbagai Hal Seputar BPJS Kesehatan

Apa itu BPJS Kesehatan? BPJS mempunyai kepanjangan sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS Kesehatan adalah BPJS yang berkaitan dengan kesehatan. Biasanya orang awan lebih mengenal BPJS sebagai jaminan kesehatan. BPJS sendiri mulai berlaku di Indonesia sejak tahun 2014. Sehingga kesimpulannya adalah BPJS Kesehatan merupakan bahan hukum yang mana dibentuk dengan tujuan menyelenggaran program jaminan kesehatan.

Berbagai Informasi BPJS

Pengertian dari BPJS telah dibahas diatas. Informasi lain seputar BPJS adalah siapa orang yang bida menggunakan BPJS. Sebenarnya semua orang warga Indonesia wajib menjadi peserta dari BPJS ini. Namun ada juga beberapa orang yang belum sadar pentingnya kesehatan sehingga belum mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS. Bahkan orang asing yang bekerja di Indonesia juga bisa menjadi peserta BPJS jika dirinya juga ikut serta dalam melakukan iuran.

Informasi lainnya yang penting untuk anda ketahui adalah mengenai 2 macam bentuk keanggotaan dari peserta BPJS. Peserta BPJS ini dibedakan menjadi 2 kelompok, yakni PBI jaminan kesehatan dan bukan PBI jaminan kesehatan. Lalu apa bedanya dari kedua hal tersebut? Berikut ini penjelasannya.

PBI jaminan kesehatan adalah jenis BPJS yang diberikan karena faktor ekonomi. Pesrta dari BPJS ini merupakan fakir miskin maupun orang yang dianggap tidak mampu sesuai dengan UU SJSN. Selain fakir miskin yang bisa menjadi peserta dari BPJS PBI ini adalah peserta yang cacat tobtal tetap dan juga dianggap tidak mampu. Tentu saja semua mengenai peserta PBI sudah diatur di dalam sebuah peraturan.

Bukan PBI jaminan kesehatan atau yang sering dikenal sebagai non PBI. Biasanya yang menggunakan non PBI adalah PNS, anggota TNI, anggota POLRI, dan beberapa pihak lainnya. Ada banyak kriteria untuk non PBI ini. Namun secara garis besar antara PBI dan non PBI sangat berbeda. Itulah beberapa informasi seputar BPJS Kesehatan. Balakangan ini keberadaan dari jaminan kesehatan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pesertanya. Karena banyaknya manfaat yang bisa dirasakan maka membuat jaminan ini penting untuk dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *