Tips Belajar Gitar Untuk Pemula

pexels.com

Salah satu alat musik yang paling kita kenal adalah gitar. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini bisa kita variasikan untuk mengiringi berbagai alat musik. Hal ini karena alat musik gitar sangat fleksibel dari segi nadanya. Selain itu untuk memainkannya pun tidak serumit alat musik yang lain.

Walaupun tergolong mudah, namun bukan berarti kita tidak perlu belajar ketika kita ingin memainkannya. Kita masih harus mendalami ilmu latihan gitar agar kita bisa memainkannya secara profesional. Untuk memainkan gitar merupakan proses yang panjang, perlu latihan terus menerus agar bisa. Lalu apa saja yang perlu kita siapkan?

1. Hapalkanlah Kunci Dasar Dari Gitar

Ini hukumnya wajib ketika kita ingin belajar bermain gitar. Kenapa? Hal ini karena bermain gitar perlu memperhatikan kunci-kunci yang nantinya jika kita mainkan akan menghasilkan nada yang sesuai. Nada ini sudah disesuaikan dengan solmisasi universal. Namun untuk menghasilkan nada solmisasi di gitar tidaklah mudah.

Kita perlu kombinasi antara jari tangan dengan fret gitar, misalnya untuk nada A kita harus tau dimana penempatan masing-masing jari. Untuk berpindah ke nada lainnya kita juga harus mengkoordinasikan jari yang sesuai. terdengar agak rumit memang namun apabila kita sudah terbiasa maka hal ini jadi mudah.

pexels.com

2. Latihan menggenjreng dan memetik gitar

Setelah anda bisa mempelajari kunci kunci nada gitar. Maka langkah selanjutnya adalah latihan menggenjreng. Karena pada dasarnya permainan gitar terbagi menjadi menggenjreng dan memetik. Namun untuk menyesuaikan dengan kunci gitar solmisasi maka anda perlu menggenjrengnya. Cara menggenjreng gitar pun ada banyak macamnya.

Namun satu hal, Anda hanya perlu menggerakkan senar dengan kuku, jari, atau menggunakan bantuan picks. Picks merupakan alat bantu bagi anda yang ingin menggenjreng dengan mudah. Genjrengan ini bisa anda lakukan ke atas dan kebawah dengan dikombinasikan sesuai ketukan lagu. Untuk lagi yang cepat anda harus menggenjreng dengan cepat begitupun sebaliknya. Kuncinya adalah memahami ketukan

3. Sesuaikan nada yang anda mainkan dengan nada asli

Bagaimana kita tahu permainan kita sudah benar atau belum jika kita tidak tahu nada yang pas? Untuk itu jika anda sudah mahir menggenjreng dan menekan fret. Maka langkah selanjutnya adalah dengan menyesuaikan dengan nada yang pas.

Cara menyesuaikannya bisa dengan memainkan alat musik lain seperti piano, pianika, biola dan lainnya. Jika terjadi suara yang sumbang maka anda perlu mengulangi penekanan fret sampai sudah benar-benar sesuai. anda juga harus bisa menyesuaikan dengan genjrengan, pastikan genjrenganya sesuai agar nadanya pas.

4. Cobalah untuk memainkan lagu yang mudah

Apabila langkah-langkah diatas sudah bisa anda aplikasikan, maka selanjutnya anda harus memainkan sebuah lagu. Dengan mempraktekannya dalam lagu maka anda bisa tahu apakah nada yang anda mainkan sudah pas atau belum. Pilihlah lagu yang memiliki nada dasar sederhana, jangan memilih lagu yang ketukannnya cepat dan kunci dasarnya terlalu ribet.

Namun pilihlah lagu yang penggantian tangan atau perpindahan kunci gitarnya tidak terlalu ribet. Ulang-ulangilah satu lagu sampai tidak ditemukan sebuah kesalahan dalam memainkannya. Setelah anda mahir maka hapalkanlah kunci gitar tersebut lalu bermainlah tanpa menengok kunci gitar. Jika satu lagu berhasil anda kuasai maka kuasa juga lagu lainnya.

pexels.com

5. Carilah mentor

Sebenarnya langkah nomer lima ini bisa anda terapkan di nomer pertama. Khususnya bagi anda yang tidak ingin belajar secara otodidak. Namun jika anda yang ingin belajar gitar secara otodidak pun tetap membutuhkan mentor untuk memberikan koreksi terhadap permainan anda. Untuk mentor yang anda pilih tidak perlu mentor yang sangat ahli. Anda bisa memilih teman anda yang memang semuanya sudah mahir bermain gitar.

Tugas mentor tersebut adalah untuk mengecek keseluruhan permainan anda apakah sudah sesuai dengan kaidah mudik atau belum. Cara yang paling sederhana adalah dengan mendengarkan lagu yang dimainkan oleh anda. Jika terdapat nada yang sumbang maka si mentor akan melihat baik dari penekanan fret atau dari genjrengan anda sekalipun. Posisi mentor disini sangatlah penting maka dari itu baik anda otodidak atau tidak anda sangat membutuhkannya.

6. Buatlah Pentas Kecil

Nah langkah yang terakhir ini berguna untuk mengasah kepercayaan diri anda. Dengan membuat pentas kecil maka anda jadi lebih pede lagi dalam memainkan musik. Pentas kecil ini tidak perlu anda artian terlalu ribet, maksud dari pentas kecil ini adalah untuk menampilkan performa anda. Mulailah dengan teman dekat anda. Kemudian cobalah untuk memperbesar lingkaran penonton, semakin banyak maka anda jadi semakin pede. Penonton ini juga bisa anda fungsikan sebagai apresiator yang akan memberikan saran dan juga kritik atas permainan anda.

Kesimpulan

Demikian langkah yang perlu anda lakukan jika anda sebagai pemula dan ingin menjadi gitaris yang hebat. Langkah hebat ini dimulai dari awal yang sederhana. Jika anda sungguh sungguh menerapkan langkah diatas maka untuk menguasai permainan gitar tidaklah sulit. Pahami dan coba sampai anda jadi gitaris professional. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *