Bagaimana Ciri Umum dari Teks Eksplanasi? Ini Ciri-Ciri Yang Mudah Dikenali!

pexels.com

Tahukah Anda bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi? Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses atau tahapan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ terjadinya suatu fenomena atau peristiwa terkait alam, sosial, ilmiah dan budaya. Teks ini dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya fenomena dan sebab-akibat peristiwa. Teks eksplanasi ini biasanya ditemukan dalam buku sains, geografi dan sejarah.

Adapun ciri-ciri teks eksplanasi yang mudah dikenali adalah sebagai berikut:

  1. Informasi yang dimuat adalah berdasarkan fakta (faktual) yang nyata adanya tanpa tambahan opini-opini yang belum jelas kebenarannya.
  2. Topik yang dibahas adalah suatu fenomena yang bersifat ilmiah atau keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  3. Bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi atau mengarahkan pembaca agar mempercayai hal-hal yang dibahas.
  4. Strukturnya terdiri dari tiga jenis, yaitu pernyataan umum, deretan penjelasan atau urutan sebab akibat, dan interprentasi.
  5. Penjelasan menggunakan sequence marker atau kata penanda urutan. Seperti kata Pertama, Kedua, Ketiga, dan lainnya.
  6. Fokus pada hal umum (generik) bukan partisipan manusia, seperti banjir, hujan, gempa bumi, tsunami, badai dan lain sebagainya.

Itulah ciri-ciri umum dari teks eksplanasi, dengan mengetahui ciri tersebut diharapkan Anda bisa lebih mudah untuk mengenali jenis teks ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *