Apa Itu Waterpark? Ini Dia Informasi Lengkapnya

pixabay.com

WaterPark merupakan sebagai salah satu bentuk wahana yang biasanya digunakan untuk rekreasi dengan komponen utama yang harus ada yaitu air yaitu dengan memanfaatkan pola aplikasi Engineered Water Pleasure. Secara leksikal bahwa waterpark ini dimaknai sebagai sebuah taman rekreasi atau sebagai sebuah taman hiburan yang mempunyai area bermain air, yaitu seperti seluncuran air, kemudian ada bantalan air, sparay grounds, sungai malas dan berbgai bentuk jenis wahana permainan yang lainnya seperti halnya untuk berenang serta barefooting. Selain itu saat ini juga dilengkapi dengan menggunakan beberapa jenis lingkungan surfing atau bodyboarding yang dibuat seperti kolam gelombang / kolam ombak atau Flowrider.

Nah sebenarnya siapa sih yang mengenalkan waterpark ini? Yuk kita intip sedikit sejarah mengenai waterpark tersebut.

pixabay.com

Semenjak pertama waterpark ini dibangun oleh yang namanya Georde George Millay sebagai Pendiri dari Sea World dan Wet ‘n Wild Waterpark yang tempatnya yaitu ada di Orlando, USA. Ini merupakan sebuah wahana permainan yang diperuntukkan kepada orang dewasa yang sampai kini juga dikenal sebagai wahana rekreasi favorit dari masyarakat dunia. Nah dari sepuluh tahun terakhir ini water park Indonesia dikenal dengan sebutan waterboom yang kemudian mengalami booming diberbagai daerah. Kemudian pada setiap tahunnya dibangun sebanyak 3 waterpark, sehingga di Indonesia hamper setiap daerah memiliki waterpark tersebut. sampai dengan saat ini pun waterpark juga sangat dikenal dikalangan orang Indonesia kebanyakan.

Kemudian bagaimana konsep dari waterpark tersebut?

Bicara mengenai konsepnya tentu kita yang pernah mengunjunginya sudah tidak asing lagi. Biasanya yang sering kita temukan yaitu seperti wahana Tot’s Pool yaitu sebagai kolam untuk balita, kemudian ada Kid’s Pool ini sebagai kolam anak, selanjutnya ada Family Pool yang biasanya ini untuk keluarga serta beberapa extreme slides untuk remaja dan dewasa. Dalam hal ini yang tak kalah penting yaitu mengenai standard keamanan yang sudah berlaku.

Namun mungkin saja sebagian dari kita belum paham mengenai masalah perbedaan waterboom dan waterpark. Nah kali ini kita akan membahasnya, yuk kita lihat disini.

Perbedaan Waterpark dan Waterboom

pixabay.com

WaterPark

Ini merupakan sebuah istilah yang mempunyai makna universal dan bisa diterjemahkan dengan instrument penterjemah. Yaitu antara water dan park yang berarti ssebagai taman air. Berkaitan dengan itu waterpark ini merupakan suatu badan usaha yang berkaitan atau memang mengoperasikan suatu arena wisata air tersebut.

Water Boom

Pada umumnya sebutan waterboom ini dikalangan orang Indonesia juga dikenal sebagai taman bermain air. Dari kata boom tersebut banyak masyarakat yang memahami bahwasannya dipergunakan untuk sebagai sebutan salah satu instrument yang digunakan dalam bermain air yang ada di wahana waterpark yaitu berupa ban pelampung atau disebut dengan boom. Karena disebuah waterpark biasanya ban pelampung ini sebagai salah satu instrument yang harus ada. Sehingga penggunaan kata water boom tersebut ternyata kuranglah tepat kalau itu ditujukan ke suatu wahana air, yang faktanya dalam hal ini tidak hanya ban pelampung yang dipergunakan untuk menikmati atraksi atau permainan air yang ada tersebut, namun untuk beragam jenisnya yaitu seperti: sliding pad sebagai bantalan seluncuran, tanpa menggunakan instrumen sama sekali body attractions dsb.

Itulah penjelasan mengenai waterpark dan waterboom, Anda sudah paham? Bagi para pebisnis yang ingin berbisnis ini tentunya haruslah paham sedikit-sedikit mengenai perbedaan dari kedua istilah tersebut. setelah kita memahami mengenai hal tersebut selanjutnya sebagai pebisnis yang baik kita bisa melakukan pendirian usaha waterpark atau waterboom tersebut. dalam hal ini Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih Kontraktor waterpark tersebut. kenapa tidak boleh semabarangan memilihnya? Karena jika kita mempercayakan pada kontraktor yang tidak ahli dan tidak professional dalam pengerjaannya bisa berbahaya bagi keselamatan banyak orang yang berkunjung ke waterpark tersebut. maka dari itu penting untuk Anda mengetahui cara untuk mencari kontraktor waterpark tersebut.

pixabay.com

Cara Memilih Kontraktor Waterpark Yang Terbaik

Memilih kontraktor untuk membuat waterpark yang sudah kita rencanakan tidak boleh sembarangan asal kontraktor saja, pertama yang pasti harus Anda lakukan yaitu memilih kontraktor yang benar-benar professional pada bidangnya tersebut. maksud dalam professional ini dalam hal ini yaitu memang jasa tersebut benar-benar ahli dalam bidangnya, sudah berpengalaman dan dengan jujur memberikan apapun itu berkaitan dengan apa yang ia kerjakan.

Selanjutnya kita harus mempertimbangkan dari segi kualitas pengerjaannya, ini bisa kita lihat dari portofolio yang ada. Jika jasa tersebut sudah pernah mengerjakan berbagai proyek sebelumnya maka ini merupakan salah satu hal yang sangat tepat untuk Anda lihat terlebih dahulu mengenai kualitas perngerjaannya. Jika jasa tersebut mengerjakan dengan baik maka perlu Anda pertimbangkan selanjutnya kalau tidak baik maka sebaiknya tidak usah Anda menggunakan jasanya, karena bagaimanapun juga Anda yang akan menanggung hasilnya.

Berikutnya yaitu mengenai masalah harga yang dibanderol juga harus Anda seleksi, jangan mencari yang terlalu mahal ataupun murah dengan kualitas yang tidak baik. Namun biasanya harga ini mencerminkan kualitasnya, dengan harga yang murah biasanya jasa yang diberikan juga tidak terlalu bagus. Namun harga juga bukan sebagai satu satunya patokan untuk jasa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *