Apa Itu Brosur? Ini Pengertian, Kekurangan serta Kelebihannya

pexels.com

Untuk mendukung kegiatan pemasaran suatu produk, diperlukan sebuah promosi yang bisa menjangkau target pasar. Salah satu promosi yang bisa dilakukan dengan dana yang minimal adalah menggunakan brosur. Nah, agar Anda tidak salah dalam mencetak brosur untuk promosi, berikut informasi apa itu brosur yang harus diketahui.

Pengertian Brosur

Brosur merupakan salah satu media promosi cetak yang biasanya digunakan untuk promosi produk,kampanye, hingga sosialisasi. Beragam jenis brosur dapat dicetak sesuai dengan ukuran, bentuk, dan desain brosur.

Agar brosur dapat diterima dengan baik, ada baiknya untuk merencanakan pembuatan brosur sebelum dimasukkan ke percetakan. Selain itu, pesan yang terkandung dalam brosur perlu memberikan informasi yang jelas dan mampu dimengerti oleh calon konsumen.

Biasanya brosur akan dibagikan secara gratis dan agar tepat sasaran, pemilik brosur harus membuat desain yang menarik perhatian publik. Brosur biasanya juga hanya berisi mengenai informasi satu produk saja, sehingga pesan yang terkandung dalam brosur tidak bercabang atau tunggal. Dalam pendistribusian brosur sendiri biasanya dilakukan oleh pihak pembuat brosur secara langsung pada masyarakat.

pexels.com

Kelebihan Brosur

Sebagai media promosi yang banyak digunakan dan diterima masyarakat, brosur memiliki beragam kelebihan yang dapat membantu Anda untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Berikut kelebihan dari brosur sebagai media promosi:

1.      Biaya Lebih Terjangkau

Untuk membuat sebuah brosur diperlukan biaya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan media promosi yang lain. Biaya pembuatan brosur juga cukup terjangkau tergantung dari ukuran, desain, dan penggunaan warna pada brosur. Selain itu, pembuatan brosur dalam jumlah banyak juga mengurangi biaya promosi dibandingkan dengan pembuatan brosur yang dihitung per lembar.

2.      Informasi Lebih Jelas dan Spesifik

Brosur merupakan media prmosi yang hanya terdiri dari satu jenis. Inilah yang membuat brosur memiliki informasi yang lebih jelas dan spesifik. Selain itu, brosur memiliki informasi yang singkat tetapi mudah dimengerti oleh masyarakat, sehingga mendapat kepercayaan dari calon konsumen yang didukung dari desain brosur yang menarik.

pexels.com

3.      Pembuatannya Cepat

Bagi Anda yang ingin segera mempromosikan produk yang akan ditawarkan, brosur menjadi salah satu media yang cukup cepat pembuatannya. Terlebih jika Anda sudah membuat desain brosur terlebih dahulu, proses pencetakan brosur dapat berjalan sekitar 24 jam pengerjaan.

4.      Desain Sesuai Keinginan

Pembuatan brosur bisa disesuaikan dengan keinginan ataupun pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Untuk itu para pihak perusahaan perlu mengetahui apa itu brosur dan target konsumen yang ingin disasar. Pembuatan desain brosur juga bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan dari jasa desain untuk desain agar terlihat lebih profesional.

5.      Distribusi Lebih Mudah

Untuk menyebarkan brosur relatif lebih mudah karena bisa dilakukan sendiri dan diberikan dimana saja. Ada juga brosur yang dititipkan di tempat umum yang mudah dijangkau masyarakat, sehingga masyarakat atau calon konsumen bisa mendapatkannya dan dapat mengurangi beban perusahaan dalam mendistribusikan brosur.

Kekurangan Brosur

Meskipun banyak kelebihan dari brosur sebagai media promosi, ternyata brosur juga memiliki kelemahan. Nah, berikut kelemahan brosur yang perlu Anda ketahui sebelum Anda berencana membuat brosur:

pexels.com

1.      Tidak Ada Umpan Balik

Brosur merupakan cara promosi tradisional yang banyak dilakukan dan diterima oleh masyarakat. Hanya saja metode promosi yang hanya satu arah ini tidak bisa direspon langsung oleh calon konsumen. Agar konsumen semakin paham dengan brosur yang diberikan, ada baiknya memberikan informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi. Hal ini untuk mengantisipasi calon konsumen yang tertarik dengan produk yang ditawarkan, tetapi tidak bisa bertanya langsung pada Anda.

2.      Informasi Tidak Aktual

Meskipun brosur memiliki daya tahan yang cukup lama, ternyata beberapa brosur informasi memiliki sifat yang sering berubah. Inilah yang menyebabkan brosur harus terus diperbaharui dan menarik brosur lama agar masyarakat atau calon konsumen dapat meng-update informasi yang pada brosur.

Brosur menjadi salah satu media promosi yang cukup efektif untuk menjangkau target pasar hingga masyarakat luas. Agar promosi pada brosur dapat diterima masyarakat, Anda perlu memahami apa itu brosur beserta kelebihan dan kekurangannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *