Semakin Diminati, Yuk Cari Tahu Alasan Orang Suka Bersepeda

 

Berolahraga tidak selalu dilakukan di pusat kebugaran tubuh, sebab beberapa diantaranya justru dilakukan di ruang terbuka. Bersepeda contohnya, anda bisa melakukannya kapanpun diinginkan tanpa mengganggu jadwal keseharian sekalipun. Bahkan sepeda dianggap sebagai transportasi alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk pergi menuju tempat kerja. Selain dari banyaknya manfaat yang didapatkan, berikut alasan orang suka bersepeda.

Alasan Sederhana Mengapa Bersepeda Banyak Digemari Masyarakat

  1. Mampu Memperbaiki Suasana Hati

Selama ini bersepeda hanya dianggap sebagai sebatas hobi ataupun menghabiskan waktu luang semata. Padahal dengan bersepeda, suasana hati seseorang menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Sudah banyak penelitian ilmiah yang mengatakan jika bersepeda bermanfaat untuk meningkatkan mood, memproduksi senyawa endorfin ke otak, hingga menghilangkan rasa stres akibat tekanan di lingkungan sekitar.

Apabila anda tidak mempercayainya, cobalah mulai memperhatikan ekspresi pengendara sepeda kayuh dengan alat transportasi lainnya. Jika diperhatikan dengan seksama, terlihat jelas guratan senyum pengendara sepeda kayuh lebih terasa dibandingkan mereka yang mengendari transportasi lainnya. Meski tubuh mengeluarkan keringat dalam jumlah besar, namun guratan senyum yang ditebarkan seakan memberikan sinyal bahwa mereka bahagia.

  1. Membakar Kalori

Mampu membakar kalori dalam jumlah besar, adalah satu dari segudang alasan orang suka bersepeda. Apabila olahraga populer ini dilakukan secara rutin, dijamin dapat membantu anda mendapatkan berat badan ideal yang selama ini diidamkan. Bahkan tanpa bersepeda sekalipun, tubuh akan mengeluarkan kalori lebih besar dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Kondisi ini terjadi, karena otot bekerja optimal dan terbiasa mengayuh pedal sepeda.

Bukan hanya itu saja, bahkan para pengendara sepeda kemungkinan menyadari jika dirinya telah terbiasa kemanapun tanpa mengeluhkan kram ataupun kesemutan pada area kakinya. Hal ini sebenarnya wajar terjadi, sebab kaki telah terbiasa menguras energi lebih besar saat mengayuhkan pedal sepeda agar lebih cepat sampai di tujuan. Pada saat mengeluarkan energi lebih kecil dari sebelumnya, maka tubuh tidak merasa letih terlalu cepat.

  1. Dianggap Lebih Efisien

Padatnya jadwal pekerjaan ternyata bukanlah alasan untuk tidak menyempatkan diri berolahraga demi kesehatan tubuh tetap terjaga.  Karena anda bisa menjadikan sepeda sebagai alat transportasi terbaik menuju tempat kerja, ataupun sekedar hang out bersama teman sekaligus berolahraga dalam satu waktu. Tanpa mengganggu pekerjaan, tentu saja jenis olahraga ini bisa menjadi pilihan terbaik yang wajib dipertimbangkan.

Disebut salah satu jenis olahraga karena mampu membakar sejumlah kalori dalam tubuh, nyatanya bersepeda bukanlah sekedar olahraga biasa. Pasalnya bersepeda bisa dilakukan di tengah suntuknya hari ketika dibebani pekerjaan yang berat. Hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit saja, pikiran lebih segar dan siap menuntaskan segala tugas kembali. Cukup efisien, inilah alasan orang suka bersepeda dibandingkan mengendarai alat tranportasi lainnya.

  1. Membangun Masa Otot

Setiap pedal dikayuh penuh tenaga, selama itu pula otot akan bekerja keras agar sepeda dapat membawa anda menuju tempat tujuan. Pada aktifitas ini, secara otomatis anda telah mengaktifkan beberapa otot di beberapa bagian tubuh. Misalnya saja seperti otot pantat dan quadricep yang turut aktif selama pedal sepeda terus terkayuh. Apabila rutin dilakukan, masa otot yang berada di sekitar tulang belakang sampai pergelangan kaki akan semakin kuat.

Saat mengendari sepeda, seluruh otot akan bekerja keras agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Belajar keseimbangan ini, ternyata dapat memperbaiki postur tubuh sekaligus meningkatkan kekuatan tubuh. Semakin sering pedal terkayuh, seiring berjalannya waktu otot akan menjadi lebih kuat. Alhasil tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah lelah, karena masa otot terlatih dengan baik selama anda mengayuh pedalnya.

  1. Alat Transportasi Alternatif

Minimnya fasilitas bagi pengguna sepeda kayuh, seringkali membuat masyarakat enggan untuk melakukannya. Bahkan banyak pula yang beranggapan bahwa mengendarai sepeda dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, sebab pergerakan sepeda lebih lamban dan dapat menghambat pengguna motor dan mobil yang lebih mendominasi. Pemikiran ini dirasa kurang tepat, karena angka kecelakaan yang diakibatkan sepeda kayuh lebih sedikit.

Sepeda bisa menjadi alat transportasi terbaik bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan, tampaknya sudah cukup sebagai alasan orang suka bersepeda. Sebab, sepeda dapat menerobos kemacetan dengan mudah berkat bodinya yang lebih simpel dan kecil. Meski dari segi kecepatan dirasa cukup tertinggal, namun justru menjadi transportasi paling cepat ketika terjadi kemacetan tidak terduga.

  1. Hemat Pengeluaran Dana

Sepeda dioperasikan dengan memanfaatkan tenaga manusia, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk membeli bahan bakar. Hanya perlu mengeluarkan dana perawatan saja, secara tidak langsung anda dua kali lebih hemat dan menyimpannya untuk kebutuhan yang lebih penting. Sebagai gantinya, anda hanya perlu menyiapkan bekal berupa botol minum serta beberapa camilan sehat agar tidak kehabisan energi di tengah perjalanan.

Mengkonsumsi makanan kaya gizi dan air putih secar cukup saja, sudah termasuk pola hidup sehat yang selama ini dianjurkan. Belum lagi setiap kayuhan pedalnya dipercaya mampu membangun masa otot tubuh, maka sudah dipastikan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Ketika tubuh sehat, maka penyakit enggan bersemayam di dalam tubuh. Mampu menekan pengeluaran, termasuk salah satu alasan orang suka bersepeda.

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, sepeda hanya memanfaatkan tenaga manusia agar bisa membawa penggunanya ke tempat tujuan yang diinginkan. Secara tidak langsung, aksi bersepeda ini dapat menyelamatkan bumi dari polusi yang kian menumpuk setiap harinya. Bahkan dengan bermodalkan sepeda dan tenaga, jarak tempuh berkilo kilo jauhnya pun bisa ditakhlukkan tanpa memproduksi asap sedikitpun.

Apabila terbiasa mengendarai sepeda kemanapun anda pergi, berhasil menumbuhkan minat berpetualang yang sebelumnya bahkan tidak ditoleh sedikitpun. Bahkan beberapa orang tertarik mengikuti komunitas pecinta sepeda kayuh, yang siap menakhlukkan berbagai rute baru dan lebih menantang. Ada pula komunitas yang bahkan mengadakan tour rutin ke luar kota, yang tentunya menjadi salah satu alasan orang suka bersepeda.

Meski sempat meredup, beberapa waktu belakangan bersepeda sudah menjadi sebuah tren tersendiri bagi masyarakat. Yang dahulunya sepeda dianggap sebagai alat transportasi sederhana, kini beralih menjadi sebuah olahraga populer yang wajib dicoba. Bahkan kini tidak sulit menemukan beragam komunitas pecinta sepeda hingga  bikin jersey sepeda sendiri. Sejuta alasan mengapa bersepeda tetap digandrungi, apakah anda sudah bersepeda hari ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *